4 Tips Menjadi Traveler Yang Bisa Menaklukkan Dunia

oleh didi
07:00 AM on Oct 29, 2014

Tak selamanya bepergian dengan rombongan menyenangkan buat seseorang. Ada kalanya, traveling sendirian memberi kesempatan luas bagi seseorang untuk mengeksplor lebih banyak tempat, belajar mandiri, dan menambah pergaulan. Meski Anda wanita, tak perlu khawatir bepergian sendiri. Banyak traveler wanitayang sukses menjelajahi dunia seorang diri tanpa halangan.

Tentu saja, banyak hal yang harus diperhatikan saat Anda bepergian seorang diri. Jangan terlalu khawatir, selama Anda yakin bahwa Anda akan baik-baik saja dalam perjalanan, pasti hal-hal buruk akan menyingkir dengan sendirinya. Berikut adalah beberapa tips jika Anda ingin bepergian seorang diri dan menikmati perjalanan Anda.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Ubah Kebiasaan Anda, Traveling Berbeda Dengan di Rumah

Anda tidak akan bisa melihat sisi lain dunia kalau mata dan perhatian Anda selalu terpaku pada layar telepon genggam. Sejujurnya, tak banyak orang yang peduli mengenai menu makan siang Anda atau apa saja yang Anda lakukan setiap harinya selama liburan.

Liburan Seru (c) eccireland
Liburan Seru (c) eccireland

Bukan hal yang terlalu penting, tapi kadangkala ada baiknya jika Anda bepergian ke tempat di mana Anda memiliki kenalan. Bisa teman, bisa saudara, bisa teman dari teman Anda. Bukan untuk “menumpang hidup”, tapi bisa menemani Anda mengeksplor kehidupan lokal lebih dalam lagi.

Nah, dalam hal berkenalan ini juga ada aturannya. Tidak semua orang yang Anda temui memiliki niat membantu. Meski awalnya Anda yakin dengan penampilan seseorang dan keinginannya untuk membantu, Anda harus tetap waspada.

2. Tips Dan Trik Agar Tidak Kerepotan Saat Traveling

Bepergian ke tempat baru berarti bertemu dengan banyak orang baru. Anda harus menjaga privacy dan jangan sampai semua orang mengetahui diri Anda. Cukup berikan informasi seperlunya, kecuali pada orang-orang yang benar-benar sudah Anda kenal dengan baik.

Traveling Anti Repot
Traveling Anti Repot

Nah bagaimana jika waktunya makan? Banyak restoran atau kafe di luar negeri yang memiliki meja yang bisa ditempati oleh lebih dari satu tamu saja. Selalu pilih meja seperti itu agar kesempatan bertemu, berkenalan dan berdiskusi dengan orang baru selalu terbuka.

Selain itu, mengubah sifat Anda yang mulanya kaku menjadi fleksibel itu perlu. Siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi beberapa menit ke depan? Itulah serunya bepergian sendiri. Karena Anda menjadi “raja” atas agenda Anda. Bisa saja hari ini ada teman baru yang spontan mengajak Anda berpetualang ke daerah baru. Kenapa tidak?

Artikel Seru Lainnya: 5 Cara Paling Aneh Menikmati Traveling

3. Tidak Enak Makan? Minuman Ini Jadi Solusinya

Ada beberapa orang yang merasa harus minum segelas jus tomat dalam penerbangan. Mengapa demikian? Berikut penjelasan ilmiahnya. Untuk menghilangkan “ketegangan” saat berada di ketinggian pesawat terbang, apa minuman yang Anda pilih? Air putih, jus jeruk, atau bir. Ternyata, banyak orang justru memesan jus tomat. Kenapa?

Jus Tomat Tetap Segar di Mana Saja
Jus Tomat Tetap Segar di Mana Saja

Perusahaan penerbangan Lufthansa ingin tahu mengapa banyak penumpang yang memesan jus tomat dibanding minuman lain sehingga mereka menyewa Fraunhofer Society, sebuah lembaga penelitian Jerman, untuk mempelajarinya. Ternyata, saat berada di ketinggian berapapun, rasa jus tomat tidak berubah lho!

Berbeda dengan makanan dan minuman lain, jus tomat tetap segar dan tidak berubah rasanya walau berada di dalam pesawat. Wah tips trik seru nih apalagi kalau Anda mudah mabuk udara. Biar fresh, pesan satu gelas jus tomat saja.

4. Liburan Luar Negeri Dengan Budget Terbatas? Bisa!

Di masa-masa liburan, mau tak mau pengeluaran pasti membengkak. Apalagi jika bepergian ke luar negeri dengan anggota keluarga, maka dipastikanbudget Anda akan bertambah. Biar tidak kantung bolong dan bisa pulang dengan selamat tanpa kehabisan uang, ada tips triknya nih.

becak-hanoi
Becak di Hanoi, Vietnam, khusus untuk turis.

Anda bisa menikmati liburan tanpa dihantui rasa cemas soal budget yang pas-pasan. Luangkan waktu mencari rumah makan yang biasa dikunjungi warga lokal. Harganya pasti lebih bersahabat, dan cita rasanya pastilah lebih orisinal dibanding restoran mahal. Tidak hanya itu, Anda tidak mengunjungi sebuah negara untuk membeli barang yang sebenarnya sudah ada di Indonesia kan?

Karena itu, pilihlah alternatif berbelanja di jalanan. Biasanya Anda akan menemukan banyak hal menarik di pasar lokal atau bahkan pasar loak. Anda dijamin memiliki benda-benda unik yang tidak ada di belahan dunia manapun, dengan harga yang supermurah pastinya. Jangan lupa untuk untuk menggunakan transportasi umum.

Tidak ada yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih praktis daripada menggunakan transportasi publik setiap Anda bepergian di negara lain.Dengan menaiki kereta api bawah tanah atau bus umum, dijamin Anda mencicipi kehidupan sebagai penduduk lokal.

Dengan tips trik sederhana di atas, Anda akan menikmati liburan yang lebih seru dan juga hemat di kantung. Bagaimana, sudah ada rencana liburan ke mana nih?

Baca Juga Yuk: 6 Selebrasi Gol Paling Keren Para Pesepakbola Dunia

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA