5 Negara Asing yang Menikmati Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

oleh Centralismo
07:00 AM on Sep 5, 2015

Indonesia, tidak diragukan lagi adalah negara dengan sejuta potensi sumber daya alam. Bahkan, negara berlambang garuda ini pernah menjadi anggota OPEC, yaitu negara-negara penghasil dan pengekspor minyak. Indonesia juga dikenal sebagai penghasil batu bara.

Baca Juga : 10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Namun sayangnya, kekayaan alam Indonesia justru tidak dinikmati oleh warganya sendiri. Kebanyakan dari sumber alam kita di ekspor dalam bentuk mentah, dan kita beli kembali dalam bentuk barang jadi. Berikut ini adalah beberapa negara yang menikmati kekayaan sumber daya alam Indonesia.

1. Amerika Serikat

Anda tentu sudah tahu keberadaan PT Freeport McMoran, perusahaan yang sudah berpuluh tahun mengeksploitasi tambang emas di Papua. PT ini adalah milik Amerika Serikat yang sudah mengontrak tanah Papua selama berpuluh tahun. Dalam sehari, konon PT Freeport bisa menghasilkan 22.000 ton biji emas dan perak mentah.

PT Freeport
PT Freeport [ImageSource]
Selain di Papua, perusahaan AS lainnya yang berbasis di Indonesia adalah PT. Newmont. Perusahaan asal Colorado ini mengeskplorasi tambang emas dan tembaga di kawasan NTT dan NTB. Pada tahun 2012 saja, pendapatan bersih Newmont mencapai $4.17 juta atau sekitar 58 milyar rupiah, hanya dari pabrik mereka di NTB. Selain itu banyak lagi perusahaan AS yang memanfaatkan SDA Indonesia seperti Chevron dan Conoco Philips.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA