Mengunjungi Red Zone di Perancis di Mana Kematian Hanyalah Segampang Melangkahkan Kaki

oleh Rizal
14:17 PM on Sep 9, 2016

Kalau ditanya tentang tempat paling mematikan di dunia saat ini, kemungkinan sebagian besar orang bakal menjawab Suriah. Nggak salah memang karena pada faktanya Suriah hari ini begitu menyeramkan dan tak ada jaminan kita bisa selamat ketika berada di daerah konflik tersebut. Suriah memang menyeramkan, tapi bukanlah tempat paling mengerikan di dunia.

Tahu kah kamu, tempat paling edan dan mematikan justru ada di Perancis. Ya, di sebuah daerah yang letaknya berdekatan dengan Verdun, Perancis, ada sebuah area di mana seseorang bisa mati dengan begitu mudah di sana. Saking mudahnya, hanya berjalan-jalan sebentar di sini, seseorang mungkin akan pergi menghadap Tuhan selamanya.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Bukan, bukan karena tempat yang dijuluki Red Zone ini penuh sihir atau hewan buas. Melainkan lantaran sesuatu yang lebih ngeri lagi. Lalu, apa sebenarnya yang ada di sini dan kenapa begitu mematikan? Pertanyaan ini akan kamu temukan lewat ulasan berikut.

Kematian di Sepanjang Langkah Kaki

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa tempat ini bisa begitu mematikan. Jawabannya ternyata adalah karena di daerah ini tersebar banyak ranjau, bom, dan peluru-peluru bekas Perang Dunia I. Jumlahnya sendiri teramat banyak sehingga ketika kamu berjalan di sini hampir tak ada satu pun tempat berpijak yang benar-benar aman.

Benda-benda mengerikan di Red Zone [Image Source]
Benda-benda mengerikan di Red Zone [Image Source]
Mungkin benda-benda meledak ini sudah ada di sana sejak beberapa dekade lalu, tapi tidak ada jaminan kalau mereka sudah benar-benar mati. Senyawa pembuat bom katanya bisa tetap aktif sampai waktu yang tidak ditentukan. Makanya, tempat ini sangat berbahaya untuk dikunjungi meskipun itu seratus tahun lagi.

Red Zone Bekas Pertempuran Besar

Red Zone ini awalnya adalah sebuah hutan biasa, namun hari ini ia berubah menjadi ladang kematian. Hal tersebut dikarenakan tempat ini dulunya dijadikan sebagai medan tempur oleh Jerman dan Perancis di masa Perang Dunia I.

Red Zone bekas Perang Dunia I [Image Source]
Red Zone bekas Perang Dunia I [Image Source]
Keduanya bertempur sangat hebat di sini dan bisa dikatakan jor-joran. Baik Jerman dan Perancis memberikan usaha terbaiknya dengan melakukan segala hal, termasuk menyebar begitu banyak ranjau dan bom di Red Zone ini. Pertempuran pada akhirnya berakhir dan membawa banyak korban. Namun, tempat ini masih merasakan penderitaan perang yang mungkin takkan habis sampai ratusan tahun lagi.

Tak Hanya Meledak, Red Zone Juga Beracun

Hal yang membuat Red Zone ini berbahaya nggak hanya karena potensi meledaknya yang luar biasa, tapi juga lantaran racun mematikan yang menyebar di sini. Diketahui, Red Zone memang sangat beracun dan racunnya sendiri bisa membunuh apa pun dengan mudah dan tanpa banyak waktu.

Red Zone juga beracun [Image Source]
Red Zone juga beracun [Image Source]
Kenapa bisa beracun adalah karena benda-benda mengerikan tadi. Siapa sangka jika bom, ranjau dan sebagainya itu ternyata menggunakan bahan-bahan yang sangat beracun. Alhasil, ketika sudah tak terpakai, racunnya pun keluar dengan sendirinya dan kemudian menyelimuti Red Zone dari semua sisi. Bagi manusia racun ini sangat fatal dan bisa menyebabkan kematian.

Red Zone Akan Tetap Mematikan Sampai Ratusan Tahun ke Depan

Sejak dulu pemerintah Perancis selalu ingin berusaha membersihkan tempat ini dan kemudian memfungsikannya untuk banyak hal. Namun, niat ini selalu digagalkan dengan hasil-hasil penelitian yang mengatakan Red Zone tidak akan pernah aman. Ya, apa yang ada di dalam Red Zone ini sama sekali takkan mudah menghilang sampai kapan pun.

Tetap berbahaya sampai ratusan tahun [Image Source]
Tetap berbahaya sampai ratusan tahun [Image Source]
Peneliti tak bisa memperkirakan kapan racun dan bom-bom Red Zone bisa sirna. Bahkan mereka mengatakan kalau seratus tahun lagi pun potensinya tetap membahayakan sama seperti hari ini. Mungkin butuh 200-300 tahun lagi sampai bom dan racunnya menghilang sehingga kawasan ini bisa dibersihkan.

Red Zone Jadi Area Terlarang Selamanya

Dengan berbagai hal buruk yang ada di sini, tidak mengherankan kalau akhirnya Red Zone jadi kawasan yang benar-benar terlarang. Pemerintah Perancis sangat ketat mengawasi tempat ini dengan membuat semacam pagar-pagar tinggi dan juga tanda-tanda di hampir semua sisi.

Jadi area terlarang selamanya [Image Source]
Jadi area terlarang selamanya [Image Source]
Red Zone sebenarnya adalah tempat yang sangat potensial, entah untuk pemukiman, pertanian, dan sebagainya. Tapi, hal tersebut takkan pernah terealisasi sampai kapan pun. Seratus tahun lagi pun kemungkinan besar pemerintah Perancis takkan membuka area ini karena masih begitu besar ancaman bahayanya.

Siapa sangka jika di balik Perancis yang romantis itu ternyata terbujur tempat menyeramkan yang ngerinya tak tertandingi. Jangankan dimasuki, didekati saja kita bisa memunculkan bahaya besar. Inilah akibat dari sebuah perang. Meskipun prosesinya sudah puluhan tahun lalu, tapi dampaknya masih terus bertahan sampai hari ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA