in

5 Hal ini Harus Diperhatikan Saat Mengunjungi Korut Jika Ingin Pulang Selamat

3. Jangan Tonjolkan Sesuatu yang Berbau Agama dan Politis

Ke Korut pastikan tujuan kita bukan untuk gaya-gayaan, melainkan murni karena penasaran dan ingin melihat dalamnya negara tetangga Korsel ini. Oleh karenanya, ada baiknya kita tinggalkan hal-hal yang berbau agama dan politis. Maksudnya sesuatu yang berbentuk atribut keagamaan, entah kitab suci, penampilan dan sebagainya.

Jangan tonjolkan atribut [Image Source]
Jangan tonjolkan atribut [Image Source]
Hal ini sudah jadi syarat yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. Jangan sampai dilanggar jika ingin pulang sesuai jadwal. Hal-hal seperti ini konon di sana sangat sensitif. Kehadiran orang asing sendiri sebenarnya sesuatu yang tidak biasa bagi orang Korut, maka sebisa mungkin kita simpan dulu atribut-atribut tertentu.

4. Turis Harus Hormati Orang Penting Korut

Seperti kata pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, kita juga harus benar-benar taat akan hukum di sana seperti orang Korut pada umumnya. Salah satunya adalah membungkukkan badan di depan patung-patung tertentu. Misalnya patung raksasa Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Membungkuk di depan Patung [Image Source]
Membungkuk di depan Patung [Image Source]
Kita juga sangat dilarang untuk menanyakan apa pun tentang Kim Jong Un, lebih-lebih kegilaan yang dilakukannya. Hal tersebut sangat tabu dan bisa bikin kita diusir paksa atau bahkan dihukum berat.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Fakta Ini Membuktikan Tiongkok Merusak Lingkungannya Sendiri

Inilah 5 Perang Bersenjata Kimia dan Gas Beracun Terparah di Dunia