in

5 Hal ini Harus Diperhatikan Saat Mengunjungi Korut Jika Ingin Pulang Selamat

Dibandingkan dengan tetangga sebelahnya, Korea Utara jelas kalah populer sebagai negara destinasi wisata. Anggapan yang beredar selama ini tentang Korut selalu buruk. Maka, jangankan mengunjungi, berkhayal saja orang-orang pun tidak mau. Padahal sebenarnya tidak seperti ini. Korut memang identik dengan citra buruk, tapi bukan tidak mungkin untuk dikunjungi.

Menurut orang yang sudah pernah menjejakkan kakinya di negeri Kim Jong Un, Korut sama sekali beda dari apa yang kita bayangkan. Kita tidak akan tiba-tiba dipenggal, atau dihukum dengan roket, yang ada justru sebaliknya. Korut menawarkan hal-hal unik yang tak kan dijumpai di negara lain. Terutama nuansanya yang benar-benar sangat istimewa dan tak biasa itu.

Baca Juga : 5 Hal Buruk ini Akan Terjadi Seandainya Tiongkok Menantang Indonesia Berperang

Berani taruhan Korut akan membuat pengalaman traveling kita bertambah. Meskipun demikian, tetap jangan anggap enteng negara ini. Terutama soal aturan-aturan. Jangan pernah dilanggar jika tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi. Berikut adalah hal-hal yang harus kita ketahui tentang aturan melancong di negara satu itu.

1. Wajib Didampingi Oleh Tour Guide yang Ditunjuk Oleh Pemerintah

Hal pertama sebelum menginjakkan kaki di Korut, pastikan kita sudah menyewa seorang guide resmi pemerintah. Ini hukumnya wajib selain karena prosedur, tapi juga bisa bikin kita selamat. Ya, berkunjung ke Korut tanpa dampingan seorang guide bisa dianggap aksi spionase yang bisa bikin kita dihukum berat.

Harus didampingi guide [Image Source]
Harus didampingi guide [Image Source]
Tentang guide Korut, mereka lumayan bisa bahasa Inggris meskipun tidak sangat lancar. Nah, hal yang harus diperhatikan tentang guide ini adalah selalu patuhi aturan mereka. Selalu meminta izin untuk bertanya atau apa pun. Konon jika turisnya yang melakukan kesalahan, guidenya juga kemungkinan besar akan merasakan hukuman pula.

2. Mengambil Foto Haruslah Sesuai Izin Guide

Kita sama sekali tidak dilarang untuk membawa banyak kamera, namun tidak semua yang ada di Korut boleh diambil gambarnya. Ada beberapa hal yang haram hukumnya dipotret. Misalnya potret kemiskinan Korut, atau fasilitas militer. Bahkan ada juga sebuah supermarket yang sangat dilarang untuk diambil gambarnya.

Tentara cantik Korut [Image Source]
Tentara cantik Korut [Image Source]
Foto-foto biasanya akan dicek oleh petugas sebelum kita meninggalkan Korut. Jika ada yang tidak sesuai maka petugas akan menghapusnya. Oleh karenanya menurut orang-orang yang sudah ke sana, ada baiknya tiap foto kita simpan juga ke banyak device. Entah laptop, smartphone dan lain sebagainya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Fakta Ini Membuktikan Tiongkok Merusak Lingkungannya Sendiri

Inilah 5 Perang Bersenjata Kimia dan Gas Beracun Terparah di Dunia