Debat Kusir di Internet Bisa Dihindari Pakai Cara A la Obama Ini

oleh Sastranagari
16:36 PM on Jan 12, 2017

Mengungkapkan pendapat bisa dilakukan dengan bebas di dunia maya. Tak ada yang melarang kita untuk menuangkan segala macam hal yang terlintas dalam pikiran. Namun, bukan berarti lalu mengabaikan norma kesopan santunan.

Sayangnya banyak orang lupa akan hal tersebut. Mereka memposting sesuatu tanpa dipikir dulu dan pada akhirnya menimbulkan perdebatan. Tak jarang perdebatan ini berujung pada perang urat syaraf lewat debat kusir dan bullying. Nah males banget kan kalau sudah kayak gitu.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Sebenarnya ada cara ampuh yang bisa digunakan untuk menghindari perdebatan di internet. Trik jitu tersebut diungkapkan oleh Obama dalam pidato perpisahannya sebagai presiden. Selain mendorong rakyat Amerika untuk tetap berperan aktif dalam demokrasi, Obama juga berbagi tips menghindari debat kusir di internet dengan cara berikut ini.

Jangan Cemen, Berdebatlah Secara Langsung

Beberapa hal sensitif seperti politik dan isu SARA sering diperbincangkan di internet. Pembahasan dua hal tersebut tak jarang berujung pada adu argumen yang intens. Sebabnya? Karena beda pendapat dan perasaan nyaman berdebat di internet. Tanpa tatap muka, kita bebas lari setelah kehabisan bahan untuk argumentasi. Ujung-ujungnya masalah menggantung dan jadi bahan bullying.

Debat langsung [image source]
Debat kusir seperti itu pada akhirnya bikin kita muak dan capek. Mengamati maraknya fenomena tersebut, Obama menyarankan agar kita temui saja orang yang kita ajak debat di dunia maya itu, secara langsung. Face to face. One on one.Hubungilah orang yang berbeda pendapat denganmu, atur waktu untuk bertemu dan mengobrol dengan mereka. Kalah menang dalam berdebat itu biasa, nggak perlu takut. Siapa tahu tindakanmu tersebut justru menginspirasi orang lain. Lumayankan bisa juga tambah teman?

Do Something! Jangan Hanya Mencibir Saja

Aturan yang ditetapkan pemerintah, kadang nggak sejalan dengan ideologi dan keinginan rakyat. Jika merasa nggak cocok, reaksi pertama yang seringkali terbersit adalah protes. Biar gampang dan nggak ribet, kita langsung curhat di sosial media. Padahal belum tentu solusi yang didapat, tapi debat kusir yang akhirnya menjurus ke cyber bullying.

Menulis email [image source]
Cara menghindari hal tersebut menurut Obama adalah dengan melakukan sesuatu. Susunlah sebuah perencanaan untuk mengubah hal yang tidak kamu setujui. Semua lembaga pemerintahan pasti memiliki nomor pengaduan dan bahkan beberapa diantaranya memiliki alamat email. Jangan ragu-ragu lagi, hubungilah mereka. Tindakan tersebut lebih efektif ketimbang mencibir di sosial media.

Nggak Cocok Dengan Pejabat? Calonkan Dirimu

Pejabat juga manusia, kadang mereka juga membuat kesalahan. Wajar saja sih membuat kesalahan selama masih bisa ditolerir. Namun, kalau sudah kelewatan harus ada yang mengingatkan. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan?

Angkat tangan [image source]
Demo besar-besaran? Bikin kultwit panjang lebar mengumbar aib pejabat tersebut? Jangan sampai deh! Saran dari Obama, calonkan sendiri dirimu! Carilah info selengkap-lengkapnya bagaimana cara berkecimpung di dunia politik. Setelah itu daftarkan dirimu dan mulailah cari pendukung. Memang nggak mudah, tapi ingatlah: when there is a will, there is a way.

Dunia maya memang menawarkan segala macam kemudahan. Tak ada peraturan tertulis untuk melakukan sesuatu di sana. Namun bukan berarti bisa menjadi seenak udel sendiri, ada etika yang harus diperhatikan.

Nah, saran-saran dari Obama tadi perlu kamu pertimbangkan, agar tercipta keharmonisan di internet. Sebel banget nggak sih kalau buka timeline isinya debat kusir melulu? Mungkin kamu punya saran lagi untuk menghindari debat kusir di internet, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA