Mengenang Majalah Hidayah, Bacaan yang Pernah Buat Kita Jadi Langsung Sholat Taubat

Selain ceritanya yang bikin kapok, ilustrasinya juga menjiwai

oleh Arief Dian
17:00 PM on Sep 15, 2017

Selain komik siksa neraka, rupanya zaman dulu ada lagi satu bacaan lain yang bikin anak SD langsung tobat nasuha. Ya, apalagi kalau bukan majalah hidayah. Bacaan yang satu ini memang dikenal dengan kisah-kisahnya mengenai balasan kubur atas setiap perbuatan manusia semasa hidupnya. Apalagi ditambah ilustrasi yang mengena, dijamin deh, siapa pun yang baca jadi langsung kapok berbuat jahat.

Masih soal majalah hidayah, rupanya saat ini benda tersebut menjadi bacaan yang sangat jarang ditemui. Meskipun begitu, bagi kita yang sempat merasakan kejayaannya pasti masih ingat cerita-cerita teladan sekaligus seram yang pernah dimuatnya. Yuk bernostalgia dengan majalah legendaris  yang pernah jaya itu.

Baca Juga
Mengenang Lotre Cabut, Permainan yang Dulu Sering Buat Kita Hambur-Hamburkan Duit
Dulu Ngehits Banget, 10 Aksesoris Cewek Angkatan 90-an ini Jadi Andalan Untuk Tampil Cantik

Cerita dari majalah hidayah yang bikin ngeri

Bocah zaman dulu, siapa coba yang tidak tahu dengan majalah yang satu ini. Ya, kemunculannya seolah menjadi era baru dalam dunia permajalahan di Indonesia. Ya, setiap minggunya rupanya penerbit majalah ini selalu menyuguhkan kisah baru dari pembaca. Dan tentunya, cerita itu selain menarik dan berkesan pada siapa pun yang membaca.

majalah hidayah [image source]
Bayangkan saja, kebanyakan cerita yang dimuat adalah mengenai azab-azab pedih yang dialami seseorang atas kelakuannya semasa hidup. Mulai dari kuburan dipenuhi belatung, jenazah sulit dikuburkan dan lain-lain. Namun tak jarang pula yang juga membahas mengenai  syariat dalam islam, mulai dari amalan hari jumat, hingga doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah dan para ulama.

Majalah Hidayah menjadi sangat populer pada zamannya

Rupanya dulu, penerbit dari majalah yang satu ini bisa dibilang sangat sukses dengan meluncurkan kisah-kisah menariknya ini. Alhasil, majalah hidayah ini menjadi pelopor sekaligus membuat saingannya jadi kala pamor. Bayangkan saja,  penjualan majalah sekelas bobo, Aneka Yess dan Gadis saja sempat kalah ketimbang Hidayah.

cerita berbeda tiap minggunya [image source]
Akhirnya banyak pula majalah baru yang juga mengekor dengan menggunakan tema sama dengan Hidayah. Bahkan sampai terkenalnya, dulu sampai muncul istilah “Islam Belatung” di kalangan masyarakat. Ya, para penganut ajaran Islam yang mendadak alim karena melihat kisah-kisah azab yang ada dalam majalah Hidayah.

Ceritanya yang menarik serta ilustrasinya yang bikin ngeri

Beberapa hal yang membuat majalah ini sangat berbeda dari yang lainnya adalah cerita yang disuguhkan selalu menarik. Ya, “menarik” yang dimaksudkan di sini adalah cerita yang sedikit  seram namun juga ada hikmah yang diambil di dalamnya.

gambar seram [image source]
Selain itu kisahnya juga selalu berubah di tiap minggunya, hal itulah yang membuat para pembaca sangat tidak sabar menantikan edisi terbaru dari majalah Hidayah. Poin lain yang juga bikin majalah ini terkenal adalah ilustrasinya yang terkesan realistis namun juga bikin ngeri. Tak jarang orang ataupun bocah yang dibuat takut sendiri ketika membaca majalah yang satu ini.

Pro kontra mengenai majalah hidayah

Seiring berkembangnya majalah Hidayah, rupanya beredar pula pro dan kontra yang menyertainya. Ada beberapa pihak yang tidak setuju dengan dengan majalah Hidayah karena kisah yang dimuat terfokus pada azab dan beberapa kejadian buruk seseorang. Namun isu lain yang tak kalah bikin geger adalah mengenai status penerbitnya yang ternyata sama dengan yang menerbitkan mengenai majalah dewasa.

banyak yang dari kisah nyata [image source]
Namun demikian, masih tidak diketahui mengenai kebenaran dari isu-isu tersebut. Tetapi terlepas dari itu semua, majalah hidayah telah benar-benar sukses dengan menyuguhkan cerita menariknya, bahkan sampai-sampai dijadikan sebuah FTV yang selalu tayang tiap minggunya.

Ya, terlepas dari pro dan kontra dari majalah hidayah sendiri, pastinya ada nilai positif yang dapat diambil. Seperti yang biasa dikisahkan, kelakuan baik akan menghasilkan hal yang positif, begitu pula sebaliknya.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
BACA JUGA