Mengenal Ronggolawe, Sosok Penting Pendiri Majapahit yang Dibunuh Karena Memberontak

oleh Rizal
11:24 AM on Jul 12, 2016

Kalau merelasikan Majapahit dengan para tokoh pentingnya, maka kita biasanya akan menyebut beberapa sosok terkenal. Misalnya Hayam Wuruk atau sang patih fenomenal Gajahmada. Tak salah memang, tapi tentu ada nama-nama lain yang jasanya juga sangat besar bagi Majapahit. Salah satunya adalah Ronggolawe.

Bagi kebanyakan orang nama ini tentu asing, tapi di mata para sejarawan justru Ronggolawe adalah sosok yang sangat dikenal, bahkan lebih terkenal dari Raden Wijaya alias raja pertama Majapahit. Alasannya sendiri ada beberapa hal. Pertama, Ronggolawe adalah salah satu pilar pertama Majapahit, dan yang kedua soal pemberontakannya yang sangat menghebohkan itu.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

Soal pemberontakan, banyak yang justru membenarkan langkah Ronggolawe ini. Kenapa bisa begitu? Jawabannya bisa kamu temukan dalam deretan fakta berikut.

Asal Usul Ronggolawe

Sebelum lebih jauh mendalami sosok satu ini, maka kita harus tahu dulu siapa sebenarnya tokoh pendiri Majapahit itu. Mengenai asal usul, banyak literatur yang mengatakan jika ia adalah keturunan orang besar, lebih tepatnya adalah putra Arya Wiraraja. Sosok satu ini memang bukan bangsawan, tapi ia punya kedudukan yang sangat penting di Singasari yakni sebagai penasehat raja.

Arya Wiraraja [Image Source]
Arya Wiraraja [Image Source]
Selepas jadi orang terdekat raja, Arya Wiraraja kemudian ditugaskan untuk menjadi semacam bupati di daerah Sumenep. Nah, ketika memangku jabatan inilah Arya Wiraraja memiliki seorang anak laki-laki bernama Ronggolawe yang kelak akan jadi sosok besar.

Peran Penting Ronggolawe Bagi Majapahit

Awal mula Majapahit bisa dibilang ada di skenario hidup seorang Ronggolawe. Jadi, pada awalnya ia diutus oleh sang ayah untuk membantu Raden Wijaya membuka sebuah hutan. Hutan ini sendiri awalnya dipakai sebagai tempat berburu Jayakatwang, sang raja Kediri, namun nantinya jadi pusat pemerintah Majapahit.

Candi Bajang Ratu peninggalan Majapahit [Image Source]
Candi Bajang Ratu peninggalan Majapahit [Image Source]
Raden Wijaya dan Ronggolawe mungkin awalnya hanya sebagai orang suruhan raja Kediri saja. Namun, keduanya bertekad besar untuk bisa menggulingkan kerajaan ini dan mendirikan dinasti sendiri. Prosesnya tentu sangat susah dan berdarah-darah, namun berkat loyalitas seorang Ronggolawe, Raden Wijaya pada akhirnya sanggup memangku jabatan raja.

Kecerdikan Ronggolawe Menumpas Pasukan Kediri

Berdirinya Majapahit diawali dengan momentum runtuhnya kerajaan Kediri. Nah, dinasti itu bisa hancur setelah sekian lama, salah satunya adalah karena peran seorang Ronggolawe. Ya, sosok satu ini berhasil membuat pasukan Jayakatwang tinggal kenangan.

Ilustrasi pasukan Mongol [Image Source]
Ilustrasi pasukan Mongol [Image Source]
Jadi, ceritanya ketika itu pasukan Tar-Tar datang ke Jawa untuk menuntut balas atas kejadian tak menyenangkan di masa lalu. Mendapati hal ini, Ronggolawe dan Raden Wijaya pun melakukan siasat cerdik dengan memanfaatkan pasukan Tar-Tar tersebut untuk menyerang Kediri. Strategi ini berhasil dan pada akhirnya meruntuhkan kejayaan Kediri. Tak hanya itu, setelahnya, Ronggolawe juga berjasa mengusir pasukan Tar-Tar dari tanah Jawa.

Awal Mula Pemberontakan Sang Pendiri Majapahit

Jasa Ronggolawe bisa dibilang sangat besar bagi Majapahit. Tapi, ketika kerajaan ini berdiri, ia justru tak mendapatkan tempat yang layak. Sejak awal Ronggolawe memang ingin menjadi patih dan mendampingi Raden Wijaya sampai akhir hayat. Sayangnya, cita-cita besar ini tak pernah dicapainya.

Ilustrasi pemberontakan Ranggalawe [Image Source]
Ilustrasi pemberontakan Ranggalawe [Image Source]
Ronggolawe sangat marah dan tersinggung ketika seorang tokoh bernama Nambi diangkat sebagai patih. Nambi sendiri dianggap tak pernah memiliki jasa apa pun terhadap Majapahit. Marah, Ronggolawe pun memprotes keras keputusan Raden Wijaya tersebut. Hal ini pun jadi awal mula dari akhir kisah hidup sang tokoh besar itu.

Pemberontakan Berakhir Dengan Kematian

Raden Wijaya sebenarnya sangat menyesalkan tindakan Ronggolawe. Namun, ia juga sangat marah karena protes yang dilontarkan sang teman dekat itu sangat menghinanya. Hingga akhirnya diputuskan jika pasukan Majapahit harus memberangusnya, di samping Ronggolawe memang sudah berniat untuk melakukan pemberontakan besar-besaran.

Makam Ronggolawe [Image Source]
Makam Ronggolawe [Image Source]
Pertarungan antara Ronggolawe dan pasukan Majapahit tak bisa dihindarkan. Hingga akhirnya setelah duel-duel mematikan, sosok pembesar Majapahit ini pun tewas di tangan pasukan dari kerajaan yang dibangunnya dengan susah payah. Kisah ini tercatat sebagai pemberontakan pertama Majapahit.

Sekilas kita mungkin akan menganggap Ronggolawe adalah pengkhianat. Namun, kalau ditelusuri dari latar belakangnya, Ronggolawe bisa dibilang memang melakukan hal yang benar. Hal ini juga diyakini oleh masyarakat Tuban yang sampai hari ini konsisten menjunjung Ronggolawe sebagai sosok pahlawan besar yang patut untuk dikagumi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA