Mengenal Kecubung, Tanaman Berbahaya yang Sering Disalahgunakan Anak Muda Buat Mabuk

Secuil saja sudah bikin mabuk, apalagi kalau konsumsi banyak?

oleh Arief Dian
16:57 PM on Aug 21, 2017

Mendengar kata kecubung, pasti terngiang di kepala kamu tentang tanaman yang bikin gila orang yang memakannya. Ya, rupanya itu bukan hanya mitos belaka, kecubung ternyata benar-benar bikin mabuk orang yang mengonsumsinya. Jadi bukan hal yang aneh kalau orang tua kita dulu sangat mewanti-wanti agar jangan pernah mendekati tanaman itu..

Namun rupanya, anak muda sekarang bukannya menjauh dari kecubung, malah berburu untuk mendapatkannya. Usut punya usut, kecubung ini malah digunakan bagi mereka yang ingin mabuk dengan biaya murah. Lalu bagaimana bisa kecubung ini bisa dijadikan bahan “ngefly”? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
4 Mitos yang Dipercaya Banyak Orang Indonesia Tentang Mereka yang Baru Saja Pulang Haji
Menguak Kisah Haru Ceko, Pria yang Nekat Tato Peta Indonesia di Seluruh Wajahnya

Bunga terompet/ kecubung yang seling disalah gunakan

Tumbuhan yang satu ini rupanya memang sering sekali disalahgunakan oleh anak muda zaman sekarang. Lantaran memiliki kandungan yang memberikan efek halusinasi, alhasil banyak orang yang menggunakannya buat “ngefly”. Ya, hal itu bisa terjadi lantaran kecubung sendiri mengandung bahan senyawa seperti atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Bunga terompet kecubung [image source]
Akibat kandungan tersebut, akhirnya orang yang mengonsumsinya akan halusinasi parah dan efek kesenangan sesaat. Siapa sangka, bukan hanya karena kecantikannya, tapi juga kandungan dari tanaman ini yang bisa bikin mabuk dalam artian yang sebenarnya.

Hampir semua bagian memabukkan

Umumnya bagian kecubung yang digunakan untuk mabuk adalah bunganya. Ya, biasanya anak mudah mencampurkan bunga terompet/ kecubung dengan rebusan mie atau pun kopi. Namun ada juga yang mencampurkannya dengan rokok. Meskipun begitu, rupanya tidak hanya bunganya saja yang memiliki efek memabukkan karena buah maupun daunnya pun bisa membuat orang bisa jadi kehilangan kesadaran. Namun demikian bukan berarti kalau kecubung ini tidak memiliki manfaat.

Buah kecubung [image source]
Mungkin memang tidak bisa dikonsumsi, akan tetapi, kecubung ini sangat manjur untuk obat luka. Bahkan di India, kecubung ditumbuk dan dijadikan obat oles pria yang mengalami lemah syahwat. Selain itu, kecubung dulu juga digunakan sebagai obat bius tradisional karena memiliki efek halusinasi. Di balik berbahayanya tanaman ini, ternyata ada efek positifnya pula.

Bahaya dari kecubung lumayan memprihatinkan

Seperti yang diketahui, kecubung ternyata memberikan efek sangat buruk pada tubuh. Ya, mereka yang mengonsumsinya akan mendapatkan halusinasi dan rasa gembira sesaat. Selain itu para penggunanya juga akan mengalami pusing yang berkepanjangan hingga muntah-muntah. Semakin banyak yang dikonsumsi, maka makin bertahan lama pula efek yang diterima.

Pelajar Tewas karena kecubung [image source]
Bahkan dalam salah satu kasus, seorang yang mabuk kecubung bisa tidak sadarkan diri selama tiga hari saking kuatnya efek memabukkan dari tanaman itu. Namun jika dikonsumsi terus menerus dan berlebihan, maka kecubung akan mengakibatkan dampak serius mulai dari keracunan hingga kematian pada para penggunanya.

Kasus karena kecubung

Beberapa bulan yang lalu sempat viral mengenai penangkapan beberapa anak muda akibat mabuk kecubung ini. Usut punya usut, aksi mabuk empat pemuda ini dilatarbelakangi oleh ingin coba-coba setelah mereka melihat berita tentang cara “ngefly” dengan kecubung. Alhasil, mereka pun ditangkap oleh polantas karena menunjukkan gelagak aneh saat berkendara.

Ditangkap karena kecubung [image source]
Setelah diperiksa, akhirnya diketahui lah empat pemuda ini sedang setengah gila karena efek kecubung. Mereka masih beruntung, pasalnya pada kasus lain seorang pemuda dinyatakan tewas akibat mengonsumsi kecubung berlebihan. Ya, dengan modus sama, ingin coba-coba, yang jadi bukannya mabuk malah nyawa melayang karena keracunan.

Bagaimana pun, tindakan mabuk-mabukkan dengan kecubung ini seharusnya tidak dilakukan. Atas dasar hanya ingin tahu doang atau pun alasan yang lainnya semua tidak dapat diterima. Apalagi sebagai generasi penerus bangsa, ketimbang diisi oleh hal tidak berguna seperti itu, mending lakukan sesuatu yang bermanfaat. Cukup kita “mabuk” akan keindahan bunganya saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA