in

Mengenal Hikikomori, Sindrom Anti-Sosial yang Banyak Diderita Anak Muda Jepang

5. Kekerasan langka yang dilakukan oleh seorang hikikomori

Dua tahun pasca diterbitkannya buku karangan Saito dan topik hikikomori mulai menyebar di berbagai media cetak Jepang, muncul kabar seorang remaja berusia 17 tahun yang melakukan kejahatan brutal. Pemuda tersebut membajak sebuah bus dan menusuk beberapa penumpang di dalamnya dengan senjata tajam. Gilanya, rencana tersebut pernah ia paparkan di internet sebelumnya.

Hikikomori. [Image Source].
Kejadian lain yang tak kalah menggemparkan adalah ketika kepolisian Jepang menemukan seorang gadis yang diculik dan dijadikan tahanan rumah hingga satu dekade lamanya oleh seorang pria yang diduga mengidap hikikomori. Padahal, pria tersebut hidup bersama ibunya.

Meski sangat menakutkan, namun kejadian ini sebetulnya jarang terjadi. Hanya saja, sejak kedua kabar heboh ini muncul ke permukaan, Jepang dan dunia semakin mengenal adanya sebuah fenomena akut nan ganjil bernama hikikomori.

Itulah fakta-fakta hikikomori, semacam gangguan psikologis yang banyak ditemui di Jepang. Untuk mengobati gejala ini, para psikiater sepakat bahwa dokter terbaik bagi mereka adalah mantan hikikomori itu sendiri. Sehingga mereka tahu dan pernah mengalami sendiri betapa menjadi hikikomori adalah sebuah kerugian yang membuat mereka menjauhi indahnya kehidupan dunia.

Leave a Reply

Tak Hanya Jokowi, Pak Harto Dulu juga Blusukan dari Tidur Sembarangan Sampai Nongkong di Kali

4 Kisah Nyata Tentang Keajaiban Besar yang Terjadi Lantaran Sholat Dhuha