6 Jurus Pintar Mengemas Pakaian dalam Tas Mudik

oleh Maya Galuh
12:20 PM on Jul 15, 2015

Setelah mempersiapkan rumah untuk ditinggal mudik, maka selanjutnya adalah mempersiapkan keperluan anak-anak. Jika Anda memiliki anak balita atau masih kecil, maka barang yang dibawa tentu sedikit lebih banyak dan agak rumit dibandingkan anak-anak yang telah dewasa.

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2
Tips Persiapan Mudik Lebaran 2 [ImageSource]
Agar Anda tidak kerepotan apalagi panik jika ada yang tertinggal, maka ini dia sederet tips untuk mempersiapkan keperluan si kecil untuk diajak mudik lebaran:
1. Buatlah daftar barang apa saja yang dibutuhkan buah hati Anda untuk dibawa. Semakin detil, semakin bagus. Mulailah dari toiletries alias keperluan mandi, sampai obat-obatan pertolongan pertama yang biasa Anda berikan pada buah hati jika sakit mendadak.
2. Setelah usai membuat daftar, dari beberapa hari sebelumnya mulailah untuk melakukan persiapan ini. Urutkan dari yang paling sulit hingga yang termudah. Kenapa seperti itu? Agar Anda punya banyak waktu untuk mencari atau mempersiapkan yang tersulit. Karena semakin dekat dengan waktu mudik, maka yang Anda persiapkan juga semakin banyak bukan.
3. Jika ada barang-barang yang bisa dibawa dalam kemasan mini (sabun mini, makanan bayi dalam pack kecil dst) maka bawalah yang berukuran travel size. Selain lebih praktis juga tidak terlalu menyita tempat. Apalagi jika Anda mudik menggunakan kendaraan umum atau mobil Anda kecil.
4. Perlukah membawa keperluan seperti bak mandi, high chair dan juga aneka barang yang cukup besar dan menyita tempat? kembali pada alat transportasi yang Anda gunakan. Jika memang memungkinkan, silakan dibawa. Namun jika tidak, Anda bisa menelepon keluarga di kampung halaman untuk membelikan barang-barang tersebut untuk dipakai sementara di sana. Lebih praktis dan Anda juga tidak ribet mengangkatnya ke sana ke mari.
5. Susunlah keperluan si kecil dalam tas dengan urut. Dalam perjalanan, misal mau ganti diapers ataupun makan, jika susunan barang buah hati di dalam tas atau koper berantakan, maka akan sangat membuang waktu untuk mencarinya dan bikin jengkel sendiri. Usahakan untuk organize well alias tatalah dengan baik dengan urutan: mana yang paling sering dibutuhkan saat perjalanan sampai yang hanya akan dipakai saat sudah sampai di tujuan.
6. Bagaimana jika buah hati membutuhkan makanan khusus (misal masih butuh makanan yang ditim atau bubur dan lain sebagainya)? Nah lumayan tricky nih untuk para Ibu-ibu, tapi tetap bisa diatasi. Jika mudik dengan jarak yang jauh dan menggunakan kendaraan sendiri, Anda bisa membawa tremos kecil saja, lalu untuk makanan tidak masalah jika diberikan yang instant tapi tetap sehat hanya beberapa kali saja. Namun jika Anda mau, Anda bisa membawakan fresh homemade food yang ditaruh di dalam food keeper, walau agak ribet.
Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

Semoga tips-tips di atas membantu ya. Rangkaian persiapan mudik selanjutnya bisa dibaca di artikel berikutnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA