5 Pengobatan Paling Aneh yang Pernah Ada untuk Mengatasi Kebotakan

oleh Tetalogi
07:00 AM on Sep 11, 2016

Kebotakan bisa dibilang adalah masalah yang sebenarnya cukup umum dialami baik oleh pria maupun wanita. Tapi sekarang ini juga sudah banyak cara yang canggih untuk mengatasi kerontokan rambut dan juga kebotakan. Bidang kedokteran juga sudah sangat maju dengan pemberian kolagen dan juga botox untuk masalah kebotakan.

Selain menggunakan metode kedokteran yang sudah sangat canggih, siapa yang menyangka jika ada cara yang terbilang nyentrik. Misalnya saja seperti menggunakan bahan-bahan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Penasaran? Yuk, segera simak apa saja bahan aneh yang digunakan untuk mengatasi kebotakan berikut!

Baca Juga
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari

1. Snake Oil atau Minyak Ular

Pada abad ke 19 di Amerika Serikat muncul snake oil atu minyak ular yang dipercaya masyarakat sekitar bisa menumbuhkan kembali rambut yang rontok penyebab kebotakan. Obat ini dipercaya mampu dengan singkat mengobati segala macam penyakit termasuk juga mengembalikan rambut yang rontok. Dan seorang salesman untung banyak karena snake oil ini.

7 Saudari berambut lebat [Image Source]
7 Saudari berambut lebat [Image Source]
Ternyata, beberapa saat kemudian terungkap bahwa snake oil yang diperjual belikan dan dipercaya bisa menumbuhkan rambut rontok itu adalah bohong semata. Padahal sudah banyak orang berharap untuk memiliki rambut lebat seperti sedia kala. Tidak hanya ini saja, ada juga salep bernama Seven Sutherland Sister’ Hair Grower yang pembuatannya terinspirasi dari sebuah keluarga yang memiliki 7 putri berambut lebat.

2. Pengobatan Mesir Kuno

The Ebyers Papyurs merupakan buku medis dari zaman Mesir Kuno. Di dalam buku ini terdapat banyak sekali jenis pengobatan untuk menangani kebotakan. Berbagai ramuan ini juga direkomendasikan bagi penduduk Mesir Kuno yang berharap dapat terhindar atau pun mengatasi masalah kebotakan. Namun, jangan kaget jika menemukan ramuan-ramuan aneh yang bikin kamu geleng-geleng kepala dan terkejut.

Pengobatan Mesir [Image Source]
Pengobatan Mesir [Image Source]
Salah satu ramuan yang cukup aneh misalnya,terbuat dari campuran sejumlah bahan-bahan dari tubuh hewan. Seperti campuran ular, lemak kuda nil, tomcat, buaya dan rambut landak. Ramuan tersebut kemudian direbus dan diambil airnya. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya ke kepala berturut-turut selama 4 hari. Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali jenis bahan-bahan lainnya yang tercantum dalam buku medis ini.

3. Racikan Teh

Hanya dengan menggunakan secangkir teh hangat, rambut pun akan tumbuh dengan subur sehingga terhindar dari kebotakan. Cara yang satu ini sudah digunakan sejak abad ke-19 di Belanda. Pada saat itu, orang-orang memanfaatkan teh untuk menjaga kesehatan rambut. Cara pemakaiannya dengan mencampurkan cold India tea dengan perasan jeruk lemon yang dioleskan ke bagian kepala yang botak.

Semangkuk teh [Image Source]
Semangkuk teh [Image Source]
Siapa sangka jika ramuan yang satu ini tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Bahkan, tidak ada yang perubahan pada rambut kepala setelah berhari-hari melakukan treatment menggunakan racikan tersebut. Alhasil, banyak penduduk Belanda yang kemudian melupakan resep ini karena dirasa tidak dapat mengatasi masalah kebotakan.

4. Thermocap Device

Pada abad ke 20, banyak orang yang dihebohkan dengan sebuah alat yang digadang-gadang dapat menumbuhkan rambut yang rontok. Alat tersebut bernama Thermocap dan hanya perlu digunakan dalam waktu 15 menit setiap harinya. Banyak orang senang dengan kehadiran alat yang dipercaya bisa mengobati kebotakan ini. Bahkan, thermocap sudah diresmikan oleh Allied Merke Institute pada tahun 1920.

Thermocap [Image Source]
Thermocap [Image Source]
Cara pemakaiannya yang praktis juga menjadi salah satu daya tarik alat tersebut. Orang-orang hanya perlu memakainya di atas kepala setidaknya selama 15 menit setiap harinya. Menurut pembuatnya, alat ini akan merangsang pertumbuhan rambut jika dilakukan secara berkala. Namun, hasilnya sungguh mengecewakan. Meski pun telah digunakan secara berkala, alat tersebut tidak memberikan hasil apapun.

5. Transplantasi Rambut

Pada tahun 1939, seorang dermatologist dari Jepang mempelopori cara cangkok rambut pada bagian kulit kepala, alis dan bagian lainnya. Dua dekade setelahnya, seorang dokter dari New York bernama Norman Orentreich mempopulerkan transplantasi rambut yang disebut-sebut bisa mengatasi masalah kebotakan yang selama ini menjadi momok yang sangat menakutkan.

Transplantasi rambut [Image Source]
Transplantasi rambut [Image Source]
Pada awalnya, hasil dari transplantasi rambut ini membuat kepala mirip seperti kepala boneka dan terlihat aneh. Tapi cara ini masih menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah kebotakan. Bahkan berkat perkembangan teknologi, transplantasi rambut juga menghasilkan tampilan yang lebih alami dan baik.

Ada-ada saja ya ternyata cara untuk mengobati kebotakan. Mulai dari yang aneh sampai dengan yang sudah canggih seperti sekarang ini. Jika pengobatan-pengobatan aneh di atas masih ada hingga saat ini, apa kamu mau mencobanya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA