Ternyata Para Artis Cantik Ini Pernah Menderita Gangguan Mental

oleh Centralismo
10:00 AM on Jan 16, 2015

Gangguan mental biasanya menyerang seseorang secaara diam-diam dan dalam jangka waktu yang lama. Trauma psikis akan mengendap di ingatan seseorang dan menyebabkan gangguan mental di kemudian hari. Oleh sebab itu,kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dia mengalami gangguan mental, karena gangguan ini memiliki tanda yang sangat samar.

Para selebritaspun tidak pernah lepas dari gangguan semacam ini. Pekerjaan di bidang hiburan yang melelahkan dan penuh dengan tekanan bisa jadi pemicu munculnya gangguan kejiwaan. Trauma masa lalu juga disebut-sebut sebagai pemicu munculnya gangguan jiwa. Berikut kami tuliskan daftar selebritas yang pernah berjuang menghadapi gangguan mental.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1.Anna Heche

Anna Heche mulai melejit setelah aktingnya dalam film horor I Know What You Did Last Summer. Namun siapa sangka hidup gadis ini penuh lika-liku karena harus menghadapi gangguan mental. Gangguan ini ditengarai akibat pelecehan seksual yang dialami Anna ketika dia kecil. Mirisnya, pelecehan tersebut dilakukan oleh ayahnya sendiri.

Anne Heche
Anne Heche

Sejak itu, Anna mulai memiliki kepribadian ganda. Dia merasa ada seseorang yang lain dalam dirinya yaitu perempuan bernama Celestia. Menurut Anna, Celestia adalah reinkarnasi dari Tuhan yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan manusia. Anna harus mengunjungi psikiater selama bertahun-tahun untuk menghilangkan gangguan tersebut.

2. Bettie Page

Bettie Page adalah model yang terkenal pada tahun 1950’an. Dia menjadi gadis sampul untuk beberapa majalah terkenal. Namun, sayang sekali Bettie harus masuk penjara karena dia membunuh sepasang suami-istri yang telah uzur dengan menggunakan pisau. Dia juga pernah mencoba membunuh induk semang di tempat tinggalnya.

Bettie Page
Bettie Page

Setelah diusut ternyata Bettie mempunya penyakit paranoid schizophrenia yang cukup akut. Penyakit ini menyebabkan dia selalu merasa tidak aman dan berinisiatif membunuh seseorang karena merasa terancam. Gangguan mental Bettie disebabkan oleh trauma masa kecil dimana dia pernah dilecehkan secara seksual oleh Ayahnya sendiri. Dia juga pernah diperkosa beberapa pria di sebuah malam ketika sedang bekerja di New York.

3. Peter Green

Peter Green adalah seorang pendiri band Fleetwood dimana dia bertindak sebagai seorang pencipta lagu dan gitaris. Pada tahun 1970 dia keluar dari band tersebut karena ingin hidup secara sederhana. Semua kekayaannya disumbangkan dan dia mulai melakukan pekerjaan dengan bayaran yang sangat kecil seperti menggali kuburan. Saat itu dia juga sedang berjuang melawan schizophrenia yang menyebabkan dia ketergantungan pada obat terlarang.

Peter Green
Peter Green

Sementara itu, band Fleetwood terus menuai kesuksesan dan penjualan album mereka sangatlah baik. Royalti dari penjualan album tersebutpun terus mengalir ke akun bank Green. Suatu hari, Mac menodongkan senjata ke kepala akuntan band Fleetwood dan meminta agar uang itu tidak dimasukkan ke akunnya lagi. Green ditahan oleh polisi akibat tindakannya yang mengancam nyawa orang lain tersebut.

4. Darrell Hammond

Pria satu ini terkenal akibat penampilannya di Saturday Night Live. Di balik wajahnya yang tampak tenang, ternyata Darrell memiliki sebuah kebiasaan aneh. Setiap akan tampil live di Saturday Night Lives, dia akan melukai dirinya sendiri. Hal tersebut merupakan kebiasaan Darrell untuk menghilangkan grogi.

Darrell Hammond
Darrell Hammond

Darrell mengaku dia telah sering mendapatkan perlakuan sadis sejak kecil. Ibunya adalah seseorang yang sangat tempramen. Wanita tersebut pernah menjepit tangan Darrell di pintu mobil. Darrel kecil juga pernah mengalami penusukan di lidahnya, yang dilakukan oleh ibunya sendiri. Untuk menyembuhkan traumanya tersebut Darrel menjadi pasien rutin di salah satu rumah sakit jiwa di New York.

5. Vivien Leigh

Anda tentu masih ingat penampilan Vivien dalam film Gone with the Wind yang memenangkan banyak penghargaan. Dialah sang pemeran Scarlett O’Hara. Siapa sangka ternyata si cantik ini mengalami gangguan mental yang cukup akut selama bertahun-tahun. Dia mengalami bipolar disorder dan insomnia parah. Hal tersebut membuat vivien bisa sangat bahagia dan sangat sedih secara bergantian dalam hitungan menit.

Vivien Leigh
Vivien Leigh

Namun, diantara penyakitnya itu Vivien terus memenangkan banyak sekali penghargaan seperti Academy Award untuk aktris terbaik di tahun 1952. Vivien semakin terpuruk dalam gangguan mental setelah bercerai dari Laurence Olivier pada tahun 1960. Padahal, usia pernikahannya saat itu telah mencapai 20 tahun. Tujuh tahun setelah perceraiannya tersebut, Vivienpun akhirnya meninggal dunia.

Gangguan mental memang sulit dideteksi dan sulit disembuhkan. Namun, bukan berarti tidak bisa disembuhkan. Oleh karena itu para pengidap penyakit ini dituntut untuk selalu berpikiran positif dan tidak gampang menyerah.

Gangguan mental bisa mengusik siapa saja termasuk anda. Oleh sebab itu, jika anda merasa ada beban berat dalam diri anda, usahakan untuk berbagi dengan orang terdekat. Hal tersebut, sedikit-banyak, akan meringankan beban anda.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA