6 Meme Sindiran Tentang Kota Besar di Indonesia

oleh Diah
15:45 PM on Mar 1, 2016

Jika Anda termasuk orang yang suka mantengin jejaring sosial dan senang berselancar di internet, maka tidak akan merasa aneh dengan apa yang dinamakan meme atau sebuah lelucon, olok-olokan atau juga sindirian berupa gambar hasil edit komputer yang diunggah dan dijadikan viral untuk tujuan tertentu. Sampai sekarang, mungkin tidak dapat dihitung lagi jumlah meme yang beredar di dunia maya, mulai dari yang hanya sekadar iseng sampai dengan yang memiliki maksud untuk menyindir atau mengkritik seseorang atau pihak lain.

Indonesia juga salah satu negara di dunia yang masyarakat internetnya atau biasa disebut dengan istilah netizen kerap membuat dan meluncurkan meme-meme baru terkait dengan kondisi dan situasi yang terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah sindiran terhadap beberapa kota yang ada di Tanah Air dikarenakan beberapa hal. Berikut ini meme-meme kota di Indonesia yang sempat menjadi viral dan bahan sindiran sekaligus gurauan di dunia maya.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Samarinda – Kota Jukir

Memang sudah berlangsung sejak beberapa minggu di awal tahun 2016 ini, namun keberadaan para jukir atau juru parkir ilegal atau liat yang mengenakan tarif seenaknya untuk kendaraan yang parkir di tempat yang mereka jaga tersebut secara tidak langsung dijadikan sorotan bagi masyarakat Samarinda sendiri atau bagi para pendatang.

Samarinda [image source]
Samarinda [image source]

Dikarenakan hal inilah maka muncul sindiran dan luapan kekesalan yang diungkapkan dalam bentuk meme untuk Kota Samarinda, yaitu julukan Samarinda Kota Jukir. Berbagai meme dalam bentuk tulisan saja sampai dengan yang mengikutsertakan gambar bermunculan di internet.

Mulai dari Jembatan Mahakam yang tertulis “Selamat Datang di Samarinda Kota Jukir” sampai dengan digantinya tulisan yang awalnya adalah Monumen Pesut menjadi “Plaza Monumen Juru Parkir Liar Selamat Datang,” menjadi perbincangan yang cukup ramai di internet dan di khalayak luas.

2. Depok – Kota Begal

Seiring dengan maraknya aksi pembegalan yang terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan di tahun 2015 lalu, Depok terkenal dengan tindak kejahatan satu ini dengan korban yang tidak sedikit. Banyak orang baik yang asli dari Depok atau juga yang bertempat tinggal di luar Kota ini dilaporkan menjadi korban pembegalan. Oleh karenanya, muncul juga meme sindiran yang marak dan menjadi viral di internet, yaitu Depok Kota Begal. Sindiran semakin keras karena aksi pembegalan tersebut tidak juga surut walaupun sudah dilakukan patroli oleh pihak kepolisian.

Depok [image source]
Depok [image source]

Tentunya menjadi satu kerugian bagi Pemerintah Daerah Kota Depok karena wilayahnya mendapatkan sorotan tajam dari berbagai pihak. Bahkan orang yang ingin berwisata atau juga berkunjung ke kota satu ini harus berpikir dua kali karenanya.

3. Bekasi adalah planet lain

Meme Kota Bekasi yang digambarkan sebagai planet lain juga marak serta viral di internet beberapa bulan lalu. Bahkan beberapa media nasional juga mengulas masalah meme ini. Dijadikannya meme Kota Bekasi sebagai planet lain karena kemacetan parah yang terjadi di daerah itu setiap harinya.Banyak komentar di berbagai media yang mengatakan bahwa untuk menuju satu tempat saja membutuhkan waktu yang lama karena terjebak kemacetan yang parah. Oleh karena itu, meme terkait hal ini sangat banyak bermunculan di dunia maya.

Bekasi [image source]
Bekasi [image source]

Bahkan ada pula yang membuat peta dunia atau juga globe bumi yang memberitahukan lokasi pasti di mana Kota Bekasi berada. Lucu dan menarik sekaligus menjadi tamparan yang keras bagi Pemerintah Daerah Kota Bekasi karena julukan ini menjadikan citranya menjadi tercoreng.

4. Jakarta – Kota Banjir

Banyak netizen dari Bekasi yang memperkirakan bahwa orang-orang yang membuat meme Bekasi adalah planet lain berasal dari Jakarta. Oleh karenanya, mereka membalas dengan membuat meme Jakarta Kota Banjir ketika ‘tradisi’ banjir selalu terjadi setiap tahunnya saat musim penghujan tiba.Mulai dari meme bergambar kota Jakarta sedang tenggelam sampai dengan digunakannya perahu atau kapal dengan tulisan Transjakarta yang selama ini merupakan icon dari sarana transportasi bus, bermunculan di dunia maya. Tidak sedikit dari gambar-gambar meme itu tertulis, “Salam, warga Bekasi.”

jakarta [image source]
jakarta [image source]

Walaupun sudah dilakukan pembenahan dan perbaikan, akan tetapi penanganan banjir di Jakarta memang masih jauh dari kata memuaskan. Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dirampungkan oleh Pemerintah Daerah Kota Jakarta dan juga harus mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar.

5. Jambi, Silent Hill-nya Indonesia

Bagi yang pernah memainkan game atau juga menonton film layar lebar berjudul “Silent Hill” tentunya tahu bahwa kondisi daerah yang ada dalam game atau film tersebut selalu berkabut dan terkesan misterius.Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya meme sindiran untuk Jambi sebagai Silent Hill-nya Indonesia. Keadaan tersebut dilatarbelakangi oleh kabut asap yang terjadi dan menutupi seluruh kota dan kabupaten di daerah tersebut.

jambi [image source]
jambi [image source]

Walaupun tidak hanya Jambi, melainkan beberapa kota atau daerah di Sumatera dan Kalimantan, namun meme Jambi adalah Silent Hill-nya Indonesia lebih banyak beredar dan menjadi viral.

6. Cirebon – Kota Tilang

Banyak masyarakat baik yang berasal dari Kota Cirebon atau yang pendatang selalu mengeluhkan dengan praktik razia yang dilakukan pihak kepolisian di daerah tersebut. Seringnya diadakan razia ini menurut kebanyakan warga hanyalah kedok untuk mencari ceperan karena jarangnya digunakan tulisan peringatan akan diadakan razia di titik 100 meter dari pusat pemeriksaan, seperti prosedur wajib yang tertera dalam undang-undang lalu lintas.

cirebon [imagensource]
cirebon [image source]

Tentu saja, kekesalan hal inilah yang menjadikan asal muasal munculnya meme “Cirebon Kota Tilang” di internet. Mulai dari meme tulisan saja sampai dengan gambar berupa tantangan uji nyali untuk memasuki Kota Cirebon dan dapat keluar ‘hidup-hidup’ tanpa terkena tilang adalah bahan olok-olokan untuk kota yang dikenal dengan julukan Kota Udang tersebut.

Lucu, unik, menarik, menggelitik sekaligus menohok adalah gambaran dari sindiran berupa meme yang bermunculan di ranah internet Indonesia untuk menggambarkan situasi dan kondisi beberapa kota di Tanah Air ini. Bagaimana dengan kota Anda?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA