4 Keistimewaan Memberi Makan Buka, Bagi Orang yang Berpuasa

oleh Sofia Fitriani
15:19 PM on Jun 23, 2015

Bulan penuh keberkahan dan ampunan telah datang. Sudah sewajarnya kita bahagia dan bersyukur atas kemurahanNya, masih mempertemukan kita dengan ramadan ini. Karena pada bulan ini, syaitan dibelenggu dan manusia diberikan begitu banyak limpahan nikmat dalam setiap amalan kebaikan yang dilakukannya, sekecil apapun itu.

Selain berpuasa selama sebulan penuh, masih banyak amalan-amalan kebaikan yang wajib maupun sunnah bisa kita lakukan. Tentunya dengan satu tujuan, mendekatkan diri serta mengharapkan keberkahan dari Allah dalam kehidupan kita. Nah, salah satu amalan kebaikan yang bisa kita lakukan adalah dengan bersedekah, yaitu memberikan makan buka bagi orang yang berpuasa. Amalan ini sering dipandang sepele bagi sebagian orang. Namun sejatinya, memberi makan buka bagi orang yang berpuasa menyimpan banyak sekali keistimewaan bagi kita.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Berikut adalah 4 keistimewaan yang akan kita dapatkan jika kita ikhlas menyedekahkan harta kita untuk memberikan makan buka bagi mereka yang berpuasa:

1. Pahala yang Melimpah

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits berikut, “Siapa memberi makan orang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Memberi makan orang berbuka puasa
Memberi makan orang berbuka puasa [ImageSource]
Dari hadits Rasulullah SAW tersebut, bisa kita ambil hikmah luar biasa bahwa Allah telah menjanjikan pahala yang tak sedikit, bagi mereka yang ikhlas menyedekahkan hartanya untuk memberi makan buka orang berpuasa.

Seperti misalnya saat seorang wanita sedang haid, dia otomatis tak bisa berpuasa saat itu, namun dia bisa mendapatkan pahala berpuasa seperti orang berpuasa saat itu dengan memberikan makan buka bagi mereka. Apalagi jika orang tersebut berpuasa, dan masih memberi makan buka bagi mereka yang berpuasa juga, masya Allah bisa kita bayangkan berapa lapis pahalanya bukan?

2. Mendapat Keberkahan Dari Do’a Orang Berpuasa

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits berikut, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak, yaitu pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, do’a orang yang terdzalimi. Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a, karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.” (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

Bersedekah mendatangkan banyak pahala
Bersedekah mendatangkan banyak pahala [ImageSource]
Dari hadits tersebut kita bisa mengambil hikmah besar, bahwa ketika kita ikhlas menyedekahkan harta kita untuk memberi makan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka kita akan mendapatkan keberkahan besar saat orang yang berpuasa tersebut mendo’akan kita. Apalagi jika dia adalah orang shalih, pada saat berbuka adalah waktu mustajab untuk berdo’a. Do’a orang yang berbuka juga tak akan Allah tolak. Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan?

3. Harta Semakin Berkah dan Melimpah

Siapa bilang bahwa menyedekahkan harta di jalan Allah, hanya akan mengurangi jumlah harta kita? Sungguh salah sekali jika kita beranggapan demikian. Karena Allah telah menjanjikan balasan berkali-kali lipat baik di dunia maupun di akhirat kelak, bagi hambaNya yang ikhlas menyedekahkan hartanya di jalan Allah. Karena Allah adalah Sang Maha pemberi rezeki, dan Dia akan memberikan rezeki bagi siapapun yang dikehendakiNya.

Harta berkah dan melimpah
Harta berkah dan melimpah [ImageSource]
Contohnya adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq ra. Khalifah pertama ini terkenal amat dermawan, dan telah banyak budak yang dia merdekakan dengan hartanya. Dia selalu menyedekahkan setengah bahkan pernah seluruh hartanya untuk perjuangan dakwah di jalan Allah ini. Bahkan ketika ditanya kenapa dia sedekahkan semua hartanya itu, dia hanya menjawab, “Cukuplah Allah dan RasulNya saja yang kumiliki.”. Masya Allah!

Allah selalu melipat gandakan keberkahan, pahala dan rezeki bagi mereka yang ikhlas menyedekahkan hartanya di jalan Allah. Termasuk dengan memberi makan buka bagi mereka yang berpuasa.

4. Sebaik-baik Balasan, yaitu Syurga!

Segala amal kebaikan yang dilakukan ikhlas Lillaahi Ta’ala tentu akan bermuara pada satu titik, yaitu Syurga. Maka ketika kita dengan ikhlas menyedekahkan harta kita untuk memberi makan buka bagi orang yang berpuasa, tak usah khawatir karena Allah telah menyiapkan syurga bagi kita.

Sedekah yang ikhlas jaminan surga
Sedekah yang ikhlas jaminan surga [ImageSource]
Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Sesungguhnya di syurga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam, dan bagian dalam terlihat dari bagian luarnya. Lantas seorang Arab Badui berdiri sambil berkata, ‘Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasulullah?’. Rasulullah SAW menjawab, ‘Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia sedang tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984, Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan).

Dari hadits tersebut kita bisa mendapatkan sebuah hikmah besar, bahwa memang memberi makan (bersedekah) bagi orang yang berpuasa pada saat mereka berbuka, akan diberikan sebaik-baik balasan oleh Allah, yaitu kenikmatan syurgaNya.

Itulah 4 keistimewaan yang akan Allah berikan kepada kita, jika dengan ikhlas dan tulus kita sedekahkan harta di jalanNya. Salah satunya di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, dengan memberi makan buka bagi orang yang berpuasa. Apalagi jika mereka yang berpuasa adalah orang-orang shalih atau orang dhuafa yang do’anya mustajab, In syaa Allah tak akan ditolak oleh Allah. Serta dianjurkan oleh Rasulullah SAW, kita meminta do’a-do’a terbaik mereka untuk kita. Terutama untuk keselamatan di dunia maupun di akhirat kelak. (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA