4 Fakta Hobi Membaca Bisa Bikin Awet Muda

oleh Adi Nugroho
03:15 AM on Jun 26, 2015

Saat ujian di sekolah, mata pelajaran apa yang naskahnya paling tebal? Bahasa Indonesia. Mata pelajaran apa yang bacaannya bisa sampai bolak-balik? Bahasa Indonesia. Mata Pelajaran apa yang kita bisa takut waktu habis hanya untuk membaca satu soal saja? Lagi-lagi Bahasa Indonesia.

Hal paling sakral dari pelajaran Bahasa Indonesia adalah membaca. Banyak materi yang mewajibkan kita membaca, entah itu puisi, cerpen, novel, atau biografi. Dan, membaca itu membosankan. Membaca itu membuat kita mengantuk. Tapi tahukah jika sebenarnya membaca itu membawa segudang manfaat. Bahkan bikin kita awet muda. Nggak percaya? Coba kita simak uraian berikut ini.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Stresmu Bisa Berkurang Lebih Dari Separuh

Jika kita pekerja kantoran pasti aktivitasnya kalau nggak ngetik, ya disuruh atasan bawa-bawa berkas segunung. Pagi sampai malem begitu saja. Besoknya sama lagi. Lagi, dan lagi. Lama-lama kita stres dan membuat males masuk kerja. Akibatnya dimarahin bos, gaji dipotong, apesnya jika kita ditendang dari kantor.

Stress Banget [image source]
Stress Banget [image source]
Satu hal yang ringan dan sangat membantu menurunkan kadar stres adalah dengan membaca. Benar, membaca. Anda tidak salah. Tapi jangan berperasangka buruk dulu. Jauhkan stigma kalau-kalau membaca malah membuat kadar stresmu naik level.

Saat stres dan jenuh yang tiada tara di kantor, ambil buku saat istirahat. Atau kalau nggak sempet ya pulang kantor lah. Buku tentu yang jenis komedi. Yang bisa buat kita terbahak-bahak. Mengurangi stress dan bikin kepala nggak tegang terus. Membaca buku komedi akan sejenak melepaskan kadar stres. Efeknya, besok akan jadi lebih seger. Kalau setiap hari seger, kerja jadi nyaman, duit mengalir, dan awet muda bisa menyertai anda.

2. Kamu Nggak akan Gagal Fokus dan Konsentasimu Bernilai Seratus

Saat kita membaca, maka mata kita akan berusaha mengikuti kalimat. Kita harus fokus. Kalau gagal fokus sedikit dampaknya, kita kehilangan baris bacaan. Akhirnya balik lagi membaca bagian atas berkali-kali. Akhirnya bosan dan dilemparlah buku itu entah ke mana.

Konsentrasi [image source]
Konsentrasi [image source]
Sebenarnya membaca membantu kita untuk fokus. Menjaga kesabaran kita hingga titik terendah. Kita pasti akan berhati-hati saat berpindah baris, berpindah paragraf, bahkan berpindah halaman. Dampak dari hal ini adalah kita akan hati-hati dalam hidup. Apa-apa akan kita teliti terlebih dahulu. Naik sepeda motor fokus, nggak nyeleweng hingga memunculkan tragedi. Jika kita terus fokus, konsentrasi tingkat tinggi, setiap hari asyik. Dampaknya hidup jadi lebih enjoy. Bonusnya, awet muda!

3. Kepikunan Akan Menjauhi Anda Sampai Kapan Saja

Kali ini bukan bualan belaka, sudah ada ilmuan yang membuktikan kebenaran ini. Membaca benar-benar menjauhkan kita dari kepikunan. Dari penyakit gampang lupa yang zaman sekarang sudah menjangkiti para anak muda. Para suami muda, dosen muda, koki muda. Dampaknya memang tidak seberapa bagi mereka, lalu bagaimana jika yang lupa Pilot. Lagi menjalankan pesawat mendadak lupa mau pencet tombol apa, bisa wassalam semuanya.

Pikun [image source]
Pikun [image source]
Membaca akan mengurangi kepikunan. Otak akan terbiasa untuk mengingat sesuatu. Setiap hari sel otak akan diaktifkan. Ini juga penting, tak hanya mengaktifkan akun sosmed kita saja. Menurut para peneliti lagi, dengan membaca teratur setiap hari. Penyakit Alzheimer bisa kita tolak. Dampaknya apalagi kalau badan lebih sehat, lebih bugar. Awet muda lagi, kan?

4. Susah Tidur? Membacalah!

Efek dari susah tidur antara lain: badan remuk seperti dikeroyok, mata panda, gampang lelah, dan paling mengerikan adalah cepet tua. Apa yang paling menakutkan selain uang di dompet menipis bagi manusia, terutama kaum cewek? Benar, banget! Saat ngaca kelihatan tua. Kelihatan banyak keriput. Padahal masalahnya cuma karena susah tidur.

Insomnia [image source]
Insomnia [image source]
Membaca akan menjauhkan kita dari gangguan benda elektronik. Cahaya dari ponsel, dan laptop akan membuat sinyal tidur kita tidak datang. Kalau nggak datang-datang gimana kita bisa tidur. Kalau nggak tidur besoknya mata panda lagi, lelah lagi, keriput lagi. Makin tua lagi. Membaca akan membuat kita gampang tidur.

Nggak percaya? Coba nanti malam sebelum tidur baca buku, belum sepuluh lembar dijamin mata sudah keder, nguap-nguap dan nggak sadar sudah ketiduran. Awet muda akan menjemput anda mulai besok pagi. Percayalah!

Masih ragu? Kalau begitu bersiaplah menjemput masa tua anda datang lebih cepat. Mengorbankan 15 menit untuk membaca tidak akan membuat anda kehilangan momen, kan?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA