in

Mengenang Megaloman Si “Rambut Api” yang Gak Kalah Kece Ketimbang Ultraman

Bagi angkatan 90-an, pastinya sangat akrab dengan Ultraman sebagai tontotan paling favorit. Ya, apalagi kalau melihat sinar laser super hingga pukulan-pukulan mautnya saat melawan monster. Bahkan tak jarang bukan, waktu masih bocah sempat meniru gaya-gayanya dalam menumpas kejahatan. Sungguh kenangan yang menyenangkan.

Di balik ketenaran si Ultraman ini kita sering lupa kalau juga ada super hero yang gak kalah keren. Ya, Megaloman si rambut api yang sering digadang sebagai nenek moyang dari Ultraman. Jurus pamungkas rambut berkobarnya sempat menghipnotis anak zaman dulu buat menggandrungi serial ini. Yuk bernostalgia dengan si Megaloman ini.

Megaloman sering dianggap sebagai nenek moyang Ultraman

Serial jadul yang satu ini memang sangat jarang diingat, namun pada masanya dulu sempat digandrungi oleh banyak kalangan. Ya, Megaloman Si Rambut Api, ternyata dulu sempat dikenal sebagai nenek moyangnya serial Ultraman. Itu terjadi karena bentuk fisik dari Megaloman sendiri dan Ultraman bisa dibilang sebelas dua belas.

Megaloman

Bedanya kalau kepala Ultraman gundul, sedangkan Megaloman gondrong seperti rocker tahun 90-an. Uniknya dari serial Megaloman ini adalah budget yang dikeluarkan rupanya sangat minim, jauh dibandingkan dengan Ultraman namun popularitasnya bisa menyamainya. Akan tetapi tontonan yang satu ini berhenti satu season saja tidak seperti Ultraman yang masih ada hingga sekarang.

Cerita Megaloman sebenarnya biasa namun tetap seru untuk ditonton

Megaloman mengangkat cerita yang klise, mirip dengan super hero lainnya di mana tokoh utama dengan anggota penumpas kejahatan lainnya harus berusaha menyelamatkan bumi dari bahaya. Nah sang toko utama ini rupanya memiliki kekuatan yang bias mengubah wujud menjadi raksasa dan menumpas monster yang datang dengan kemampuan bela dirinya.

Pasukan Megaloman [image source]
Ya, meskipun dianggap memiliki cerita “biasa” dan budget yang minim pula, namun tontonan ini sangat digandrungi pada masanya. Hal itu karena aksi pertarungan yang ada di serial itu dianggap sangat seru, bahkan membuat Ultraman pada masa itu jadi gak ada apa-apanya.

Jurus-jurus nyeleneh yang dimiliki Megaloman

Jika Ultraman punya sinar laser pemusnah, pastinya si Megaloman ini punya teknik pamungkas tersendiri dong. Ya, beda dengan Ultraman yang notabenenya berasal dari orang biasa, Megaloman adalah makhluk asing yang memiliki kemampuan bela diri dan pindah ke bumi. Dengan kemampuan bela diri dia menghajar banyak musuhnya dan membuat para penonton terkesima dengan aksinya.

Jurus Megaloman [image source]
Selain itu, si Megaloman ini ternyata memiliki senjata khusus sebuah pedang yang dinamakan “Megalo Blade” di mana dengan alat tersebut dia bisa membela monster kaya cincang daging. Sedangkan senjata pamungkasnya sendiri adalah “Megalo Fire” di mana Megaloman akan mengibas-ngibaskan rambut gimbalnya layaknya trio macan yang nantinya akan menjadi api untuk membakar musuh. Meskipun realitanya sih kebanyakan musuh kalah dengan “Megalo Blade” ketimbang “Megalo Fire”.

Nasib Megaloman saat ini yang tinggal sejarah

Seperti yang diketahui kalau serial yang satu ini tidak ada seri selanjutnya, sehingga beberapa stasiun TV waktu itu hanya bisa memutarnya beberapa kali. Namun demikian sampai sekarang ternyata kaset CD dari si rambut Api ini masih dijual di toko-toko online.

Pemeran Megaloman [image source]
Entah itu untuk digunakan bernostalgia atau apa, yang jelas itu adalah bukti kalau Megaloman dulu benar-benar membekas di hati masyarakat Indonesia. Nah, sedangkan nasib pemeran utamanya sendiri sudah pensiun membintangi film-film super hero, namun masih aktif dalam genre-genre yang lain.

Meskipun tampilan kelihatan nyeleneh, namun Megaloman ini sepertinya menjadi teman masa kecil sebagian anak di Indonesia. Paling tidak nostalgia ini lumayan menyadarkan kita betapa pentingnya tontonan anak-anak di zaman yang seperti sekarang ini.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Pria Super Beruntung Tahun Ini yang Berhasil Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Cowok Lain Pasti Ngiri

4 Kasus Debt Collector Diserang Nasabah, Bukti Orang Ngutang Memang Lebih Galak