Menyusuri Megahnya Gua Hang Song Doong di Mana Kamu Harus Antri 2 tahun untuk Bisa Masuk

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 24, 2016

Untuk bisa menikmati sesuatu yang menyenangkan tentu juga harus ada usahanya. Ibaratnya nih, kalau kamu mau merasakan nikmatnya melihat pemandangan dari bianglala, ya harus antri dulu tiketnya. Perkara antriannya panjang nggak masalah, karena apa yang bakal didapatkan sesuai. Nah, hal yang sama juga akan kamu rasakan ketika ingin mengunjungi gua bernama Hang Song Doong yang ada di Vietnam ini.

Ya, untuk masuk ke dalam sana seseorang harus antri dulu. Bukan menunggu selama satu-dua jam atau sampai antriannya habis, tapi jauh lebih lama dari itu. Percaya nggak percaya, tapi jika kamu ingin memasuki gua tersebut, maka harus rela antri selama 2 tahun. Serius! Tapi, penantian selama itu nggak bakal sia-sia karena gua Hang Song Doong ini sangat luar biasa. Kamu mungkin bakal mau mengantri untuk dua tahun lagi biar bisa masuk ulang.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Kemudian pertanyaan besarnya adalah kenapa harus mengantri selama itu? Hmmm, alasannya sendiri ternyata sangat masuk akal. Untuk lebih jauh mengetahui tentang hal tersebut, simak nih beberapa fakta soal si gua cantik itu.

Selayang Pandang Tentang Megahnya Gua Hang Son Doong

Ditinjau dari bentuk, Gua Hang Son Doong ini sangat berbeda dari kebanyakan gua lain di dunia. Alasannya sendiri banyak, namun yang paling jelas kelihatan adalah ukurannya. Ya, Hang Son Doong merupakan gua vertikal terbesar di muka bumi.

Gua Hang Song Doong yang luar biasa besar [Image Source]
Gua Hang Song Doong yang luar biasa besar [Image Source]
Saking besarnya, di dalamnya kita bisa tuh bangun gedung empat puluh lantai. Lalu kalau lebarnya, sepertinya beberapa pesawat Boeing bisa diparkir di sini. Inilah alasan utama kenapa begitu banyak orang yang antri untuk memasukinya. Sayangnya, siapa pun nggak mudah untuk bisa masuk karena harus menunggu dalam waktu yang sangat lama.

Keindahan yang Ditawarkan Gua Hang Son Doong

Nggak hanya tentang ukuran, gua ini masih punya banyak hal lain yang nggak kalah mengejutkan. Menelusuri ke dalamnya kita bakal disuguhi pemandangan luar biasa. Mulai dari dinding-dinding gua yang eksotis, sampai langit-langit mereka yang tinggi. Di sini juga ada semacam sungai kecil di mana airnya begitu jernih.

Keindahan Gua Hang Song Doong
Keindahan Gua Hang Song Doong

Selain itu, di sini juga ada yang namanya mutiara pasir yang nempel di beberapa sisi dinding Hang Son Doong. Bentuknya unik dan katanya sudah terbentuk sejak jutaan tahun lalu. Nggak selesai sampai sini, masih ada satu lagi kejutan yang bakal kamu dapatkan. Ya, hal tersebut tak lain adalah hutan kecil yang ada di dalamnya. Konon hutan tersebut juga sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Alasan Kenapa Pengunjung Harus Menunggu Sangat Lama untuk Bisa Masuk

Setelah tahu apa menariknya tempat ini, tentu kamu penasaran kan soal antrian yang begitu lama tadi. Ya, sistem antrian lama tersebut memang disengaja dan punya tujuan khusus. Pertama adalah agar gua ini tetap terjaga serta alami, dan kedua adalah masalah kenyamanan. Kira-kira seru nggak sih kalau menikmati gua ini bersama seratus ribu orang? Pasti nggak, ya.

Alasan kenapa antri lama untuk masuk Gua Hang Song Doong [Image Source]
Alasan kenapa antri lama untuk masuk Gua Hang Song Doong [Image Source]
Untuk bisa mengunjungi Gua Hang Son Doong, kita diwajibkan untuk ikut sebuah tur. Isinya hanya 500 orang saja sehingga dijamin puas. Tur ini berlangsung selama lima hari sehingga kita diwajibkan untuk membawa tenda dan tidur di dalam gua. Oh iya, soal antri penyebabnya tak lain karena tur ini hanya dilakukan satu kali saja dalam setahun. Kabarnya tur untuk 2017 sudah terjual habis. Jadi, mungkin kalau berminat kamu bakal berangkat tahun 2018 nanti.

Harga Tur Gua Hang Son Doong Super Mahal

Menikmati tempat indah nggak hanya butuh usaha, tapi juga duit. Soal tur Gua Hang Son Doong, kira-kira berapa sih uang yang harus dikeluarkan. Hmm, cukup mahal sih hampir sekitar Rp 40 jutaan. Ini sudah satu paket kok termasuk tiket masuk gua seharga hampir Rp 9 juta.

Harga tur Gua Hang Song Doong mahal [Image Source]
Harga tur Gua Hang Song Doong mahal [Image Source]
Mahal memang, tapi di sini kamu dijamin bakal aman banget. Sebelum masuk gua, ada semacam pelatihan dulu untuk menguatkan fisik. Jadi, nantinya bisa lebih maksimal ketika menikmati gua. Hal lain yang bikin mahal tur ini jelas karena peralatan yang disediakan. Perlu diketahui, di sini kita harus masuk guanya secara vertikal. Jadi, lebih butuh banyak peralatan memanjat dan sebagainya.

BACA JUGA: Fakta Militer Laos, Negara Kecil yang Katanya Paling Lemah di Asia Tenggara

Awalnya mungkin kamu bertanya-tanya kenapa harus menunggu dua tahun untuk bisa masuk ke dalam gua ini. Ternyata alasannya sangat logis dan masuk akal. Terlepas dari waktu antrinya yang begitu lama, gua satu ini memang begitu luar biasa. Saking indahnya rasa-rasanya waktu 2 tahun antri seperti nggak ada artinya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content