WOW, Indonesia Pernah Dimata-matai Oleh 5 Negara Hebat di Dunia ini

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Feb 28, 2016

Indonesia dipandang sebagai “pengganggu” oleh beberapa negara di dunia. Meski tak begitu kuat dalam kekuatan militer dan ekonomi, Indonesia cukup unggul di beberapa sumber daya alam. Akhirnya banyak negara memata-matai negeri ini agar tahu apa yang terjadi. Bila perlu mereka menyusup dan mengintervensi secara langsung agar bisa menyetir negeri ini sesuai dengan keinginan.

Dan inilah lima negara yang memata-matai Indonesia dari dulu hingga sekarang. Mereka melakukan segala cara agar mengetahui segala hal yang ada di Indonesia termasuk hal-hal krusial yang tak seharusnya diketahui publik.

Baca Juga
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!
Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

1. Australia

Hubungan antara Indonesia dan Australia bisa dibilang naik dan turun. Kasus-kasus yang membuat Indonesia dan Australia seperti kucing dengan anjing adalah kasus hukuman mati gembong narkoba Bali Nine dan kasus mata-mata yang dilakukan oleh Australia kepada Indonesia. Kasus itu terbuka tahun 2013 oleh seorang mantan mata-mata bernama Edward Snowden.

SBY dan Tony Abbott [image source]
SBY dan Tony Abbott [image source]
Pria itu mengatakan Jika Australia memata-matai telepon yang dipunyai oleh Susilo Bambang Yudoyono, Ibu Ani, Boediono, Jusuf Kala hingga Menteri-menteri penting di era itu. Mengetahui hal ini, Indonesia marah besar, bahkan memanggil kembali duta besarnya ke Indonesia. Kasus mata-mata yang dilakukan oleh Australia ini menjadi isu dunia dan membuat Australia kehilangan muka. Namun, Perdana Menteri Abbott memilih tidak meminta maaf kepada Indonesia.

2. Amerika

Amerika adalah negara yang ikut andil dalam memata-matai Indonesia. Kasus mata-mata pertama yang pernah terungkap adalah saat Indonesia akan membuat senjata nuklir di era Soekarno. Kala itu banyak mata-mata disewa Amerika untuk melihat Indonesia dari dekat dan juga sebesar apa potensinya akan menjadi pengganggu niat Amerika di masa depan.

Pulau Cocos [image source]
Pulau Cocos [image source]
Selanjutnya Amerika juga kerap melakukan kerja sama dengan Australia. Kedua negara ini sama-sama memata-matai Indonesia dari dekat. Bahkan dikabarkan juga jika Amerika membangun pangkalan militer di Pulau Cocos. Pulau ini terletak 3.000 km sebelah selatan dari Indonesia. Dengan membangun pangkalan di sini, Amerika akan dengan mudah memata-matai Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

3. Selandia Baru

Selain Australia, Edward Snowden juga membuka kedok Selandia Baru dalam memata-matai Indonesia. Dalam dokumen ia rilis, Snowden mengatakan jika Selandia Baru memata-matai Indonesia dengan menyadap jaringan telepon dan juga pesan singkat. Semua data yang dikumpulkan akan segera disetor ke negara-negara yang menjadi sekutu terdekatnya, dalam hal ini Amerika dan Australia.

demo anti mata-mata di Selandia Baru [image source]
demo anti mata-mata di Selandia Baru [image source]
Selain memata-matai jaringan telepon dan pesan singkat. Selandia Baru juga memata-matai pulau-pulau di sekitar mereka. Negara ini ingin tahu banyak hal terkait Indonesia dan Asia Tenggara agar bisa menyusun strateginya dalam kerja sama bilateral.

4. Inggris

Inggris telah lama melakukan mata-mata terhadap Indonesia. Bahkan mereka sengaja meletakkan pada agennya berada di Singapura karena sangat dekat dengan Indonesia. Agen ini akan memberikan semua info yang dibutuhkan penguasaan ekonomi, keuangan, perbankan,perdagangan, dan sumber daya alam. Data apa saja yang masuk bisa digunakan untuk analisis agar bisa mencari kekurangan yang ada di Indonesia.

Kerja sama Inggris Indonesia [image source]
Kerja sama Inggris Indonesia [image source]
Apa yang dilakukan Inggris ini tentu membuat pemerintah geram. Namun mereka juga tidak bisa mencegah mengingat jaringan intelijen mereka sangat hebat. Selain itu, dalam dunia politik luar negeri, tidak ada yang namanya teman. Semua negara memiliki peluang yang sama untuk melakukan tindakan mengerikan termasuk spionase seperti ini.

5. Malaysia

Negara tetangga kita—Malaysia—ternyata banyak sekali melakukan pengintaian melalui udara. Biasanya mereka melakukan patroli dan masuk ke wilayah NKRI. Pesawat ini memang sengaja masuk dan ingin mengintip apa saja yang ada di negeri ini. Dengan melakukan itu, Malaysia akan mampu membuat strategi pertahanan jika sewaktu-waktu ada konflik di perbatasan.

Patroli udara [image source]
Patroli udara [image source]
Apa yang dilakukan oleh Malaysia ini membuat Indonesia jadi geram. Sudah berkali-kali negeri ini melarang Malaysia untuk mengusik perbatasan. Sayangnya, apa yang dilakukan Indonesia itu tak pernah digubris. Bahkan pelanggaran-pelanggaran seperti ini terus saja diulang hingga hubungan dua negara ini selalu memanas.

Inilah lima negara yang pernah atau bahkan masih memata-matai Indonesia. Mereka terus melakukan pemantauan karena menganggap Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi besar di masa depan. Bagaimana pendapat sobat Boombastis?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA