in

WOW, Indonesia Pernah Dimata-matai Oleh 5 Negara Hebat di Dunia ini

mata-matai Indonesia

Indonesia dipandang sebagai “pengganggu” oleh beberapa negara di dunia. Meski tak begitu kuat dalam kekuatan militer dan ekonomi, Indonesia cukup unggul di beberapa sumber daya alam. Akhirnya banyak negara memata-matai negeri ini agar tahu apa yang terjadi. Bila perlu mereka menyusup dan mengintervensi secara langsung agar bisa menyetir negeri ini sesuai dengan keinginan.

Dan inilah lima negara yang memata-matai Indonesia dari dulu hingga sekarang. Mereka melakukan segala cara agar mengetahui segala hal yang ada di Indonesia termasuk hal-hal krusial yang tak seharusnya diketahui publik.

1. Australia

Hubungan antara Indonesia dan Australia bisa dibilang naik dan turun. Kasus-kasus yang membuat Indonesia dan Australia seperti kucing dengan anjing adalah kasus hukuman mati gembong narkoba Bali Nine dan kasus mata-mata yang dilakukan oleh Australia kepada Indonesia. Kasus itu terbuka tahun 2013 oleh seorang mantan mata-mata bernama Edward Snowden.

SBY dan Tony Abbott [image source]
SBY dan Tony Abbott [image source]
Pria itu mengatakan Jika Australia memata-matai telepon yang dipunyai oleh Susilo Bambang Yudoyono, Ibu Ani, Boediono, Jusuf Kala hingga Menteri-menteri penting di era itu. Mengetahui hal ini, Indonesia marah besar, bahkan memanggil kembali duta besarnya ke Indonesia. Kasus mata-mata yang dilakukan oleh Australia ini menjadi isu dunia dan membuat Australia kehilangan muka. Namun, Perdana Menteri Abbott memilih tidak meminta maaf kepada Indonesia.

2. Amerika

Amerika adalah negara yang ikut andil dalam memata-matai Indonesia. Kasus mata-mata pertama yang pernah terungkap adalah saat Indonesia akan membuat senjata nuklir di era Soekarno. Kala itu banyak mata-mata disewa Amerika untuk melihat Indonesia dari dekat dan juga sebesar apa potensinya akan menjadi pengganggu niat Amerika di masa depan.

Pulau Cocos [image source]
Pulau Cocos [image source]
Selanjutnya Amerika juga kerap melakukan kerja sama dengan Australia. Kedua negara ini sama-sama memata-matai Indonesia dari dekat. Bahkan dikabarkan juga jika Amerika membangun pangkalan militer di Pulau Cocos. Pulau ini terletak 3.000 km sebelah selatan dari Indonesia. Dengan membangun pangkalan di sini, Amerika akan dengan mudah memata-matai Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

3. Selandia Baru

Selain Australia, Edward Snowden juga membuka kedok Selandia Baru dalam memata-matai Indonesia. Dalam dokumen ia rilis, Snowden mengatakan jika Selandia Baru memata-matai Indonesia dengan menyadap jaringan telepon dan juga pesan singkat. Semua data yang dikumpulkan akan segera disetor ke negara-negara yang menjadi sekutu terdekatnya, dalam hal ini Amerika dan Australia.

demo anti mata-mata di Selandia Baru [image source]
demo anti mata-mata di Selandia Baru [image source]
Selain memata-matai jaringan telepon dan pesan singkat. Selandia Baru juga memata-matai pulau-pulau di sekitar mereka. Negara ini ingin tahu banyak hal terkait Indonesia dan Asia Tenggara agar bisa menyusun strateginya dalam kerja sama bilateral.

4. Inggris

Inggris telah lama melakukan mata-mata terhadap Indonesia. Bahkan mereka sengaja meletakkan pada agennya berada di Singapura karena sangat dekat dengan Indonesia. Agen ini akan memberikan semua info yang dibutuhkan penguasaan ekonomi, keuangan, perbankan,perdagangan, dan sumber daya alam. Data apa saja yang masuk bisa digunakan untuk analisis agar bisa mencari kekurangan yang ada di Indonesia.

Kerja sama Inggris Indonesia [image source]
Kerja sama Inggris Indonesia [image source]
Apa yang dilakukan Inggris ini tentu membuat pemerintah geram. Namun mereka juga tidak bisa mencegah mengingat jaringan intelijen mereka sangat hebat. Selain itu, dalam dunia politik luar negeri, tidak ada yang namanya teman. Semua negara memiliki peluang yang sama untuk melakukan tindakan mengerikan termasuk spionase seperti ini.

5. Malaysia

Negara tetangga kita—Malaysia—ternyata banyak sekali melakukan pengintaian melalui udara. Biasanya mereka melakukan patroli dan masuk ke wilayah NKRI. Pesawat ini memang sengaja masuk dan ingin mengintip apa saja yang ada di negeri ini. Dengan melakukan itu, Malaysia akan mampu membuat strategi pertahanan jika sewaktu-waktu ada konflik di perbatasan.

Patroli udara [image source]
Patroli udara [image source]
Apa yang dilakukan oleh Malaysia ini membuat Indonesia jadi geram. Sudah berkali-kali negeri ini melarang Malaysia untuk mengusik perbatasan. Sayangnya, apa yang dilakukan Indonesia itu tak pernah digubris. Bahkan pelanggaran-pelanggaran seperti ini terus saja diulang hingga hubungan dua negara ini selalu memanas.

Inilah lima negara yang pernah atau bahkan masih memata-matai Indonesia. Mereka terus melakukan pemantauan karena menganggap Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi besar di masa depan. Bagaimana pendapat sobat Boombastis?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Gila! 9 Orang Ini Nggak Sadar Kalau Dirinya Terluka Parah

Tak Cuma Hitler, 5 Orang Penting Nazi ini Juga Mencatatkan Kejahatan Kelas Berat