in

Kisah Mata Hari, Agen Intelijen Eropa yang Menyamar Menjadi Orang Jawa

6. Diadili sebagai Mata-mata

Mata Hari baru mulai diadili ketika pasukan sekutu gagal memukul mundur Jerman. Adanya keterlibatan mata-mata -entah itu nyata atau tidak- menjadi kambing hitam yang sempurna untuk menjelaskan kekalahan militer. Penangkapan Mata Hari adalah salah satunya. Captain Georges Ladoux memastikan bahwa segala bukti yang melawannya disusun se-memberatkan mungkin. Sehingga ketika Mata Hari mengaku ia menerima uang dari seorang petinggi Jerman sebagai bayaran kegiatan seksual yang dilakukan, hal ini justru semakin memberatkannya karena uang tersebut dianggap bayaran sebagai mata-mata.

Mata Hari Setelah ditangkap [Image Source]
Mata Hari Setelah ditangkap [Image Source]
Tidak hanya itu saja, uang bulanan yang ia terima dari baron Belanda yang jatuh cinta padanya juga dianggap sebagai bayaran dari mata-mata Jerman. Sementara baron tersebut tidak pernah dipanggil untuk bersaksi untuk meringankan hukumannya. Mata Hari yang terbiasa memanfaatkan pria, memang dipandang sebagai tipe wanita yang terlahir untuk menjadi seorang mata-mata. Mata Hari kemudian dijatuhi hukuman mati atas tuduhan menjadi mata-mata dan agen ganda.

Dalam eksekusinya, Mata Hari tidak menunjukkan rasa takut sedikitpun. Ia bahkan menolak penutup mata dan memandang langsung pasukan yang akan menembak dirinya. Sejak turun dari kendaraan, berdiri di hadapan juru tembak, dan bahkan beberapa saat setelah ditembak, ekspresi wajahnya tetap tidak berubah sama sekali dan tetap menunjukkan ketenangan.

Sebuah akhir yang tragis untuk seorang penari yang juga berperan ganda sebagai seorang mata-mata. Meski begitu misteri tetap mengelilingi kisahnya. Mulai dari kecantikan dan cerita romansanya dengan petinggi-petinggi Eropa, hingga gerak-geriknya sebagai seorang mata-mata.

Baca Juga : 7 Pasukan Tentara yang Mengirim Anak-Anak ke Medan Perang!

Namun dibalik itu semua, kita tahu bahwa kecantikan ternyata juga bisa membahayakan. Apalagi jika digunakan sebagai alat untuk meraih keuntungan pribadi. Kenyataannya, justru kemolekan Mata Hari yang membuatnya berjaya sekaligus yang akhirnya menewaskannya.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

coveeer

Ingat! Jangan Lakukan 10 Hal Tabu Ini di Berbagai Negara Berikut!

cover

5 Bangunan Megah yang Bentuknya Nyaris Persis dengan UFO