5 Kelompok Masyarakat Sihir Dunia Nyata Ini Konon Lebih Greget dari Harry Potter

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Apr 30, 2016

Semua orang di seluruh dunia ingin menjadi penyihir yang sanggup mengeluarkan mantera-mantera. Di dunia fiksi kita mengenal baik siapa itu Harry Potter yang mampu mengalahkan Lord Voldermort yang jahat. Selain Harry Potter masih banyak tokoh lain yang mampu melakukan sihir hebat guna mengemban misi atau untuk kehidupannya sehari-hari.

Di dunia nyata, komunitas atau masyarakat sihir seperti ini ternyata ada. Bahkan ada yang telah berumur ratusan tahun. Masyarakat sihir ini mempercayai adanya sihir dan mempelajarinya untuk mendapatkan kekuatan yang sangat hebat. Lantas, apakah mereka benar-benar bisa melakukan sihir yang sangat hebat? Yuk, kita simak bersama-sama uraiannya di bawah ini.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Builders of The Adytum

Builders of The Adytum adalah salah satu masyarakat sihir yang didirikan oleh seorang mason (anggota freemason) bernama Paul Foster Case. Organisasi ini didirikan oleh Paul untuk meningkatkan sisi spiritual manusia agar meningkat. Selain itu, dengan mempelajari beberapa metodenya, tingkat kesadaran akan nilai kemanusiaan juga meningkat sangat tajam.

BOTA [image source]
BOTA [image source]
Masyarakat ini mengajari beberapa praktik sihir sederhana seperti pembacaan tarot, astrologi dan yang paling susah seperti alkemi dan qabalah. Prinsip dasar dari ajaran ini adalah memberikan pengetahuan sebesar-besarnya agar tingkat kecerdasan jadi meningkat. Selain ajaran sederhana seperti di atas, ada dugaan ajaran sihir yang besar juga diajarkan meski tak ditunjukkan secara gamblang.

2. Ordo Templi Orientalis

Orde Templi Orientalis adalah nama salah satu masyarakat sihir yang cukup terkenal di Amerika. Kelompok ini banyak melakukan praktik pengajaran kepada anak-anak yang masih kecil. Mereka akan diajari melakukan sihir dasar hingga akhirnya bisa naik tingkat dari yang terendah Man of Earth, lalu Lover, dan terakhir Hermit. Semakin tinggi tingkatan, maka akan semakin rumit pula ritualnya.

Ordo Templi Orientalis [image source]
Ordo Templi Orientalis [image source]
Ordo Templi Orientalis banyak terpengaruh kebudayaan pada Freemason dan pemikiran Thelemic. Dua hal itu akhirnya melebur menjadi satu ajaran yang ditemukan oleh Theodor Reuss. Prosesi sihir yang diajarkan oleh Theodor sangatlah beragam. Namun yang paling terkenal adalah ritual sihir hubungan badan hingga sihir yang didapat dari pengorbanan baik hewan maupun manusia.

3. Odre Reaux Croix

Odre Reaux Croix (ORC) adalah sebuah masyarakat sihir yang sudah ada sejak abad ke-18. Orang yang membuat kelompok ini menggabungkan ajaran dari Masonic dengan kepercayaan gnostic. Di masa kejayaan Tsar Nikolas II di Rusia, organisasi ini sempat menuai banyak sekali konflik karena dianggap sesat. Namun, setelah ratusan tahun ORC justru berkembang jadi sangat besar.

Odre Reaux Croix [image source]
Odre Reaux Croix [image source]
Saat ini ORC hadir di beberapa wilayah di dunia. Sekolah masyarakat sihir ini didirikan dengan sangat megah hingga diminati oleh banyak orang. Oh ya, seseorang yang masuk ke sekolah ini bisa memilih setidaknya tiga kurikulum dengan fokus yang berbeda-beda. Pertama adalah “Way of The Heart” yang berfokus pada meditasi. Selanjutnya ada yang berfokus pada kegiatan militer, dan yang terakhir ada Elus Coen yang berfokus pada kekuatan sihir murni. Fokus dari Elus Coen adalah memanggil makhluk astral dan juga mendapatkan pengaruh dari iblis.

4. Fraternitas Saturni

Fraternitas Saturni adalah sebuah kelompok masyarakat sihir yang ada di Jerman. Sebelumnya kelompok ini masih bagian dari organisasi yang besar. Namun, karena ada konflik yang cukup besar, beberapa anggota memutuskan untuk keluar dan mendirikan organisasi yang lebih independent dan tidak terlalu banyak terikat dengan aturan.

Fraternitas Saturni [image source]
Fraternitas Saturni [image source]
Akhirnya Fraternitas Saturni lahir dengan segala keunikannya. Organisasi ini memberikan latihan sihir kepada anggotanya hingga 33 tingkatan. Seorang yang berada di tingkat bawah harus belajar dengan tekun hingga akhirnya diajari ritual sihir yang lebih besar. Salah satu misi dari ajaran ini akan untuk memanggil egregore yang merupakan makhluk astral yang akan memberikan kekuatan besar pada manusia.

5. Servants of The Light

Sevants of The Light (SOTL) adalah masyarakat sihir yang bergerak dengan sangat rahasia dan hati-hati dalam menyebarkan ajarannya. Biasanya hanya orang-orang terpilih atau siapa saja yang terobsesi ingin masuk dan mempelajari sihir. Oh ya, mempelajari sihir tidak akan membuat kepercayaan dari penganutnya hilang. Pendiri masyarakat ini menganggap bahwa ajarannya bisa sejalan dengan agama apa pun.

Servants of The Light [image source]
Servants of The Light [image source]
Prinsip dari ajaran sihir SOTL adalah untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan juga kepercayaannya kepada Tuhan. Setelah hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, sihir yang sangat besar akan dengan sendirinya datang tanpa harus diminta. Semakin tinggi kemampuan spiritual seseorang, semakin kuat juga sihir yang dimiliki.

Inilah lima kelompok masyarakat sihir di dunia nyata yang konon mampu melontarkan mantera-mantera. Kelompok ini percaya jika dengan pendekatan spiritual yang tinggi sihir akan datang dengan sendirinya dan membuat segala hal mustahil jadi lebih terlihat nyata.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA