Cuma di Islandia Kamu Bisa Masuk ke Perut Gunung Berapi Aktif Seperti Ini

oleh Alfry
03:10 AM on Jul 2, 2015

Apa yang ada di benak Anda saat pertama kali mendengar istilah gunung berapi? Erupsi, lahar panas hingga awan panas selalu menjadi bayangan pertama saat mendengar istilah tersebut. Tapi siapa sangka jika di Islandia terdapat sebuah tur yang mengajak para turis masuk ke perut gunung berapi yang masih aktif. Seram!

Berada di pegunungan Blafjoll, terdapat tempat wisata yang menantang sebab Anda akan diajak merasakan pengalaman masuk ke dalam perut gunung berapi yang masih aktif bernama gunung berapi Thrihnukagigur. Untuk mengakses ke dalam perut gunung, traveler disediakan lift namun tidak perlu khawatir sebab gunung ini aman untuk dikunjungi.

Baca Juga
Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota

Gunung Berapi Thrihnukagigur [image source]
Gunung Berapi Thrihnukagigur [image source]
Gunung berapi Thrihnukagigur mengalami erupsi terakhir sekitar 4000 tahun yang lalu. Meski statusnya kini masih aktif namun tidak ada tanda-tanda bahwa gunung tersebut akan meletus dalam waktu dekat. Oleh sebab itu gunung berapi ini cukup aman untuk dikunjungi wisatawan dan menjadi satu-satunya gunung berapi aktif di dunia yang memiliki lift menuju perut bumi.

Kawah Thrihnukagigur sendiri telah terkuras habis saat ledakan terakhir 4000 tahun silam yang menyebabkan terbentuknya retakan di bawah permukaan Islandia. Kisah bermula saat penjelajah gua bernama Dr Arni B Stefansson menemukan gua kawah ini di tahun 1974. Kemudian ia melakukan penelitian panjang di sana hingga akhirnya ia membuka gua ini untuk wisatawan di tahun 2012 dengan fasilitas lift bekas penelitian sebagai sarana menuju ke dalam perut gunung.

Setiap rombongan wisatawan yang cukup berani mengambil tur ini akan didampingi oleh pemandu profesional. Mereka akan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan khusus dan keselamatan. Lift akan membawa traveler menuju dasar gua yang terletak 120 meter dari bibir lubang. Di dalam gua sangat sunyi hanya gemercik air saja yang terdengar.

Lift digunakan sebagai alat angkut wisatawan menuju perut bumi [image source]
Lift digunakan sebagai alat angkut wisatawan menuju perut bumi [image source]
Pemandangan di dalam perut bumi kawah Thrihnukagigur sangat menakjubkan. Dinding gua tersusun atas batuan warna warni ada merah, hijau dan biru. Pengunjung bisa menikmatinya dengan puas sekaligus memotretnya namun tidak boleh mengambilnya.

Bagi yang berminat bisa mencari informasi tur di laman Inside the Volcano. Di sana dijelaskan berbagai hal seputar tur termasuk jam operasional yang berlangsung dari 15 Mei hingga 30 September dan syarat minimal umur yang ditetapkan adalah diatas 12 tahun. Wah, penasaran mau ke sana?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA