Pengen Jadi pramugari? Ini 5 Maskapai yang Berani Bayar Gaji Super Gede

Bisa jalan-jalan tiap waktu, eh dibayar mahal pula!

oleh Nikmatus Solikha
17:30 PM on Jul 25, 2017

Di negara belahan manapun, pramugari memang dipandang sebagai profesi yang sangat bergengsi. Selalu terlihat cantik, rapi, dan tentu saja bisa berkeliling dunia tanpa perlu mengeluarkan dana. Bagi orang-orang yang demen jalan-jalan, tentu profesi tersebut sangat didambakan.

Meski demikian, nyatanya untuk bergabung menjadi awak kabin sangatlah sulit. Punya tampang rupawan dan tubuh proporsional tentu jadi syarat mutlak. Setelahnya, masih banyak sekali rangkaian seleksi seperti tes kesehatan dan kemampuan berbahasa Inggris. Sulitnya menjadi bagian dari awak kabin ternyata sesuai dengan gaji yang ditawarkan lho. Rata-rata gaji pramugari memang nggak main-main besarnya. Tapi, tahukah kamu maskapai mana yang ‘paling berani’ bayar mahal?

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

PT Lion Mentari Airlines

Lion Mentari Airlines atau beroperasi sebagai Lion Air memang tergolong maskapai penerbangan dengan tarif rendah. Meski demikian, Lion Air merupakan maskapai swasta terbesar di Indonesia. Jaringan rute internasional juga cukup luas, meliputi Singapura, Malaysia, Vietnam, Arab Saudi, China dan Hongkong.

Pramugari Lion Air [image source]
Sejak tahun pertama beroperasi, Lion Air terus mengalami penambahan armada secara signifikan. Dan rupanya, maskapai satu ini juga berani memberikan gaji yang sangat menggiurkan untuk para pramugari. Dilansir dari website Qerja.com, Lion Air memberikan gaji sekitar Rp 6,9 juta.

PT Indonesia AirAsia

Maskapai satu ini merupakan salah satu yang punya tarif paling bersahabat. Meski bertarif murah, namun maskapai penerbangan ini juga terkenal terbaik di dunia. Bukan hal yang mengejutkan kalau tiap harinya perkembangan jumlah penumpang terus melesat.

Pramugari AirAsia [image source]
Boleh jadi maskapai ini mematok tarif yang murah, tapi bukan berarti para pramugari dan staf yang lain juga digaji dengan rendah. Buktinya PT Indonesia AirAsia berani memberi gaji karyawan dengan sangat pantas. Nah, untuk masalah gaji, TP Indonesia AirAsia berani memberikan sekitar 12 juta untuk para pramugarinya.

Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) merupakan penerbangan nasional Indonesia yang pertama di Indonesia. Bahkan, nama Garuda Indonesia sendiri diberikan oleh Ir. Soekarno. Makin hari, perkembangan maskapai ini memang melejit.

Pramugari Garuda Indonesia [image source]
Hingga saat ini, Garuda Indonesia sudah memiliki setidaknya lima anak perusahaan, yaitu : Abacus Distribution Systems Indonesia, Aero System Indonesia, Aerowisata, Citilink dan GMF AeroAsia. Nggak heran kalau Garuda Indonesia juga menawarkan gaji yang besar pada pramugarinya, yaitu sekitar Rp 14,8 juta.

Sriwijaya Air

Maskapai satu ini tercatat sebagai yang terbesar ketiga di Indonesia. Sejak beroberasi di tahun 2007, Sriwijaya Air tercatat sebagai Maskapai Penerbangan Nasional yang punya standar keamanan nomor wahid di Indonesia. Sriwijaya Air merupakan maskapai yang murni didirikan oleh keluarga Lie bersama Johannes Bundjamin serta Andy Halim, tujuannya adalah menyatukan seluruh kawasan Nusantara.

Ada pramugari berhijab juga di Sriwijaya Air [image source]
Seperti namanya, Sriwijaya Air memang terinspirasi dari nama salah satu kerajaan di Indonesia. Meski tergolong maskapai yang fokus di dalam negeri, tapi Sriwijaya Air memberikan gaji yang sangat besar pada para pramugarinya, yaitu Rp 19,5 juta.

Cathay Pacific Airways Ltd

Merupakan maskapai penerbangan yang berpusat di bandara International Hong Kong. Cathay Pacific didirikan pada tanggal 24 September 1946 oleh dua orang Amerikan dan Australia. Maskapai satu ini setidaknya melayani satu juta penumpang dengan 62 tujuan tiap bulannya.

Pramugara ganteng Cathay Pacific Airways asal Indonesia yang sangat elegan [image source]
Dari hasil aktivitas tersebut, Cathay Pacific berhasil membukukna laba 4.417 juta dolar Hong Kong pada tahun 2004. Besarnya perusahaan tentu juga bernanding lurus dengan gaji yang diperoleh para awak kabin, termasuk para pramugari. Bayangkan saja, para pramugari mendapat gaji sampai Rp. 25,5 juta.

Inilah maskapai yang berani bayar awak kabinnya dengan gaji super mahal. Namun demikian, sepertinya pendapatan sebanyak itu cukup pantas. Selain karena banyak syarat yang harus dipenuhi, secara nggak langsung taruhan kerjaan mereka nyawa lho.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA