Tokyo Camii, Masjid Terbesar di Jepang Bergaya Turki

oleh Sofia Fitriani
12:11 PM on Apr 13, 2015

Negeri Sakura kita tahu memang bukan sebuah negara dengan mayoritas penduduknya adalah muslim seperti di Indonesia. Namun, bukan berarti bahwa pekembangan Islam di sana tidak pesat. Justru sekarang ini telah banyak kita temukan masjid maupun mushola yang ada di berbagai tempat umum di Jepang. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan Islam di sana telah berjalan pesat dan banyak penduduk muslim yang diperlakukan baik di Negara Samurai tersebut.

Salah satu yang menunjukkan bahwa Islam menjadi sebuah agama yang diakui dan dikenal dengan baik oleh penduduk Jepang adalah berdirinya sebuah masjid megah bergaya Turki Ottoman dan menjadi masjid paling besar se-Jepang bernama Tokyo Camii. Masjid ini terletak di Jepang dan selalu ramai dikunjungi baik umat muslim maupun orang non muslim yang ingin sekedar berkunjung menikmati keindahan dan kenyamanan masjid ini atau memang ingin mengetahui tentang Islam. Selain itu, Tokyo Camii juga menjadi salah satu dari 80 masjid yang telah berdiri di Jepang.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Masjid Tokyo Camii (c) travelliburan
Masjid Tokyo Camii (c) travelliburan

Masjid Tokyo Camii ini memiliki arsitektur sangat indah. Ornamen dan bahan-bahan bangunannya memang sengaja di datangkan dari Turki dengan tujuan untuk memperkuat aksen Turki Ottoman-nya. Arsitekturnya hampir mirip dengan Masjid Biru di Istanbul. Masjid Tokyo Camii yang terletak di perumahan Yoyogi Uehara dekat dengan Shinjuku dan Harajuku ini memiliki kapasitas jama’ah sampai sekitar 1.200 orang. Luar biasa.

Tokyo Camii dirancang dan dibangun oleh sekitar seratus seniman Turki yang bekerja selama setahun untuk menyelesaikan masjid megah ini. Hasilnya sangat memuaskan sekali. Masjid megah ini memiliki dua lantai. Dimana lantai pertama digunakan sebagai pusat kebudayaan yang menunjukkan kemegahan masjid dan juga keindahan Islam, sedangkan lantai dua khusus untuk tempat beribadah. Masjid ini selain dipenuhi oleh ornamen cantik khas Turki Ottoman, juga dipenuhi oleh kaligrafi yang menyejukkan mata. Banyak warga yang berkunjung, baik ummat muslim maupun non muslim, untuk menikmati keindahan masjid ini dan untuk sekedar merasakan kenyamanan berada di dalamnya.

Ornamen Masjid Tokyo Camii (c) nylaicanai
Ornamen Masjid Tokyo Camii (c) nylaicanai

Namun untuk para pengunjung tetap harus mematuhi peraturan yang diterapkan oleh pengurus masjid Tokyo Camii ini. Para pengunjung wanita diwajibkan memakai penutup kepala atau kerudung yang telah disediakan oleh pihak masjid di pintu depan sebelum pengunjung masuk ke dalam masjid. Salah satu pengunjung setia masjid Tokyo Camii yang sebenarnya bukanlah orang muslim adalah seorang warga Jepang bernama Okabe Yoshiko, seorang ahli aromaterapi.

Okabe mengatakan bahwa hal yang selalu mendorong dia untuk datang ke Tokyo Camii adalah kenyamanan dan ketenangan yang selalu dia temukan saat berdiam di dalamnya. Baginya, dengan berdiam di dalam masjid dia merasakan jiwa dan hatinya mampu menyatu dengan alam, sehingga kenyamanan dan ketenangan dapat merasuk dengan baik ke dalam batinnya.

Yang unik adalah pelaksanaan sholat masjid di masjid Tokyo Camii ini. Sholat jum’at yang rutin dilakukan dan selalu dihadiri oleh banyak jama’ah muslim di berbagai tempat di Jepang khususnya Tokyo. Khotbah Jum’atnya disampaikan dengan tiga bahasa, yaitu Turki, Jepang, dan Inggris. Hal ini dilakukan karena sebagian besar jama’ah masjid Tokyo Camii ini adalah orang-orang yang berasal dari negara Turki, selain tentunya orang Jepang dan negara-negara lain yang mampu menerima Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Sang Imam Masjid Tokyo Camii, Narullah Ayaz, mengatakan bahwa dia ingin sekali setiap pengunjung masjid baik orang muslim maupun non muslim merasakan kenyamanan dan ketenangan saat berkunjung ke masjid ini. Itulah mengapa di bagian depan masjid dibangun sebuah lobi yang nyaman, yang dilengkapi dengan sofa yang empuk untuk tempat beristirahat para pengunjung.

Suasanan Masjid (c) nippon
Suasanan Masjid (c) nippon

Bagi para pengunjung, masjid Tokyo Camii selalu memiliki magnet tersendiri untuk mendatanginya. Masjid ini tidak hanya terkenal indah namun juga sangat nyaman. Sehingga siapapun yang berkunjung ke Tokyo, tak lengkap rasanya jika tidak mampir atau menjalankan ibadah di masjid yang juga menjadi gambar di salah satu kartu pos di Jepang ini. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA