King Abdullah Mosque, Masjid Tertinggi di Dunia yang Berada di Gedung Pencakar Langit

oleh Alfry
13:44 PM on Jul 21, 2015

Berbagai daftar klasifikasi masjid telah banyak diulas dan wara-wiri di internet, mulai dari yang paling besar, paling megah hingga paling unik arsitekturnya. Tapi pernahkah terfikir olehmu, manakah masjid yang paling tinggi di dunia? Bukan tinggi towernya atau masjid yang memiliki banyak lantai melainkan posisinya yang berada di atas gedung pencakar langit.

Sejak berdirinya gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa banyak isu yang berkembang tentang keberadaan sebuah masjid yang berada di lantai 158. Bahkan pada saat itu media kawakan seperti BBC dan The New York Times juga pernah mengulas tentang hal ini, bahkan wikipedia juga menyebutkan ada masjid di Burj Khalifa yang menasbihkannya sebagai masjid tertinggi di dunia yang berada di gedung pencakar langit. Namun apakah hal ini sepenuhnya benar?

Baca Juga
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak
7 Fakta Universitas Brawijaya Malang yang Bikin Maba Super Bangga Jadi Mahasiswanya

King Abdullah Mosque berada di Kongdom Center [Image Source]
King Abdullah Mosque berada di Kongdom Center [Image Source]
Jika menilik ukuran Burj Khalifa yang setinggi 828 meter maka benar adanya jika di lantai 158 ada masjid maka akan menjadi masjid tertinggi di dunia. Namun pertanyaannya apakan masjid itu benar-benar ada di sana? Mengintip laman Guinness World Records dengan kata kunci “Highest mosque (above ground level)” ternyata masjid tertinggi di dunia bukanlah masjid yang selama ini dikira ada di Burj Khalifa melainkan masjid yang terletak di Kingdom Centre.

Kingdom Center merupakan gedung pencakar langit yang berada di Riyadh, Arab Saudi. Dari keterangan di laman Guinness World Records, masjid yang bernama King Abdullah Mosque ini terletak di lantai 77 dan berada di ketinggian 183 meter yang diresmikan tahun 2004 yang lalu. Laman berita Arab News juga pernah mengulas ini pada tahun 2004 yang menceritakan bahwa masjid ini disumbangkan oleh pengusaha Arab Saudi bernama Pangeran Alwaleed bin Talal.

King Abdullah Mosque masjid tertinggi di dunia yang tercatat Guinness World Records [Image Source]
King Abdullah Mosque masjid tertinggi di dunia yang tercatat Guinness World Records [Image Source]
Pembangunan masjid di Kingdom Center ini bermula saat banyak klien restoran Spazio di gedung tersebut yang meminta disediakan sebuah masjid untuk beribadah. Sebab kebanyakan tamu yang datang ke restoran tersebut adalah orang Islam. Restoran tersebut juga sering digunakan untuk acara berbuka dan sahur saat Ramadan.

Untuk bisa disebut sebagai masjid, sebuah bangunan juga harus memenuhi beberapa syarat mulai dari bentuk dan tersedianya berbagai fasilitas seperti tempat wudhu, tempat Al Quran, ruang yang luas untuk salat dan tak ketinggalan harus memiliki takmir masjid yang bertugas mengelolanya. Segala syarat tersebut nampaknya sudah dipenuhi oleh King Abdullah Mosque sehingga bangunan berbentuk kubah di dalam Kingdom Center ini menyabet gelar sebagai masjid tertinggi di dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA