Brrr, Siapa Berani Salat di Masjid Bersuhu -50 Derajat Celcius?

oleh Alfry
10:21 AM on Jun 28, 2015

Beberapa pekan terakhir ini sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami suhu yang lumayan dingin. Bahkan beberapa wilayah di Indonesia memiliki suhu di bawah 20 derajat celcius, dengan suhu tersebut sudah banyak warga yang mengeluh kedinginan. Suhu dingin ini akan makin terasa menggigit saat pagi hari dan membuat malas untuk bangun sahur apalagi berangkat salat subuh ke masjid. Bukan begitu?

Keadaan lebih ekstrim dialami warga Kota Norilsk, Rusia. Suhu di kota tersebut bisa mencapai minus 50 derajat celcius loh! Uniknya di dalam kota ini terdapat sebuah masjid yang selalu tertutup oleh salju sehingga menjadikannya masjid paling dingin sejagat.

Baca Juga
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga

Nurd Kamal Mosque [image source]
Nurd Kamal Mosque [image source]
Adalah Nurd Kamal Mosque, dilongok Boombastis dari laman Reuters, masjid ini terletak di Kota Norilsk yang masuk dalam kawasan Krasnoyarsk Krai, di antara Sungai Yenisey dan semenanjung Taymyr, Rusia. Kota ini memang tak setenar Moskow sebab kota ini bukanlah tujuan wisata yang populer di Rusia.

Lokasi Kota Norilsk terletak di ujung utara membuatnya lebih dekat ke Kutub Utara, hal ini menyebabkan kota tersebut memiliki suhu yang ekstrim. Di dalam kota ini terdapat satu masjid yang dibangun di pinggiran kota dekat Danau Dolgoye. Masjid ini dibangun oleh warga yang berasal dari Suku Tartar bernama Mukhtad Bekmeyev di tahun 1998.

Masjid Berada di Kota Norilsk bersuhu minus 50 derajat celcius [image source]
Masjid Berada di Kota Norilsk bersuhu minus 50 derajat celcius [image source]
Masjid berdinding hijau dan berkubah emas ini terlihat sangat mencolok di antara gedung-gedung lain di sekitar sana. Sayangnya hampir setiap tahun umat muslim di sana dihadapkan pada tantangan besar berupa cuaca ekstrim. Suhu paling rendah yang pernah tercatat yakni minus 50 derajat celcius yang terjadi saat musim dingin.

Masjid ini tidak setiap hari berisi penuh dengan jamaah. Pengurus masjid mengatakan bahwa masjid akan ramai dikunjungi jamaah setiap hari Jumat. Ada sekitar 500-600 jamaah yang datang untuk salat Jumat di masjid tersebut. Seperti diketahui bahwa penduduk muslim di Rusia merupakan penduduk mayoritas kedua setelah Nasrani maka tak heran jika banyak dibangun masjid di berbagai wilayah di negara tersebut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA