Masjid Keliling, Inovasi Baru Tempat Shalat di Bandung

oleh Rahma Muliani
03:45 AM on Jul 7, 2015

Shalat adalah ibadah wajib bagi umat Muslim. Meski umat Muslim ini mayoritas di Indonesia, namun dibeberapa tempat sering kali kita kesulitan menemukan tempat untuk beribadah. Seperti saat menonton konser, ditengah pusat perbelanjaan atau menonton pertandingan sepak bola.

Berangkat dari hal itu, ada sebuah inovasi baru dari Kota Kembang, Bandung. Sebuah ide yang sangat kreatif dan sangat membantu umat Muslim agar tetap bisa beribadah dimanapun mereka berada. Inovasi unik ini bernama Mobile Masjid.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

1. Mobile Masjid

Kreatifitas  Kota Bandung memang tiada habisnya. Masyarakat di sana sekarang tidak akan kesulitan lagi dalam menemukan tempat yang layak untuk menunaikan ibadah Shalat. Sebuah ide gagasan Muhamad Sobirin, Direktur Yayasan Masjid Nusantara.

Mobile Masji, Sedang Berkeliling Kota Bandung
Mobile Masji, Sedang Berkeliling Kota Bandung [ImageSource]
Mobile Masjid merupakan sebuah masjid, berupa mobil box yang berkeliling mengunjungi beberapa tempat yang ada di Kota Bandung. Dalam rencananya, tempat yang dikunjungi itu seperti taman, tempat olahraga, tempat konser ataupun pusat perbelanjaan yang biasanya sangat sulit menemukan tempat ibadah shalat di sana.

2. Terdapat Fasilitas yang Lengkap

Dalam mobil box tersebut, disediakan beragam perangkat untuk menunaikan ibadah Shalat seperti karpet sajadah, sarung, mukena, aplikasi petunjuk arah kiblat bahkan soundsystem untuk mengumandangkan adzan dan memperjelas suara imam saat shalat berjamaah.

Karpet Sajadah Digelar Di Pelataran Sekitar Mobil
Karpet Sajadah Digelar Di Pelataran Sekitar Mobil [ImageSource]
Para umat muslim ini tidak melakukan Shalat di dalam mobil tersebut, melainkan di bagian luar tersebut. Para petugas Mobile Masjid akan menggelar karpet sajadah di sana, sehingga para jamaah bisa menunaikan ibadah Shalat tanpa harus berdesak-desakan di dalam mobil box tersebut.

3. Dilengkapi Tempat Wudhu Portable

Mobile Masjid atau juga dikenal masjid portable ini juga menyediakan tempat wudhu yang juga portable, yakni dapat berpindah-pindah. Pompa air untuk jamaah berwudhu serta penampung air wudhu tersebut juga telah disediakan oleh Mobile Masjid ini.

Tempat Wudhu Laki-laki dan Perempuan
Tempat Wudhu Laki-laki dan Perempuan [ImageSource]
Untuk wanita, tidak usah khawatir. Karena telah disediakan tempat tersendiri untuk berwudhu. Hampir sama dengan tempat wudhu laki-laki yang sudah dilengkapi dengan pompa dan penampung air, hanya saja diberi tambahan sebuah tirai, jadi aurat wanita saat berwudhu tidak akan terlihat oleh orang lain.

4. Bisa Digunakan Untuk Shalat Jum’at

Mobile Masjid ini mampu menampung jamaah 50 – 70 orang. Dengan jumlah itu, sangat memungkinkan fasilitas ini digunakan untuk umat Muslim yang laki-laki menunaikan ibadah Shalat Jum’at. Disana juga tersedia sebuah mimbar, tempat imam memberikan tausyiah.

Bisa Menampung Hingga 70 Jama'ah
Bisa Menampung Hingga 70 Jama’ah [ImageSource]
Tidak tanggung-tanggung, di masjid yang berkeliling ini juga sudah ada seorang imam yang bertugas untuk memimpin Shalat dan memberikan tausyiah pada Shalat Jum’at. Luar biasa sekali bukan, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak melaksanakan Shalat.

5. Informasi Lewat Twitter

Karena masjid ini sifatnya berkeliling, jadi dia tidak akan menetap di satu tempat saja. Maka dari itu, dibutuhkanlah sebuah informasi yang memberitahu sedang berada di lokasi mana masjid berjalan ini. Informasi itu bisa kita dapatkan lewat sebuah akun twitter, @MasjidNusantara.

Akun Twitter Mobile Masjid - (c)MasjidNusantara
Akun Twitter Mobile Masjid [ImageSource]
Lewat akun twitter yang sudah memiliki 3000 followers ini, Mobile Masjid akan memberitahukan lokasi keberadaannya setiap waktu. Informasi tentang rute perjalanan mobile masjid ini pun dapat kita pantau lewat social media tersebut.

Inovasi ini sangat kreatif dan memudahkan umat Muslim dalam menemukan tempat untuk Shalat. Ya, meski begitu masih ada satu kekurangan. Karena pelaksanaan Shalat nya berada diluar ruangan, jadi saat turun hujan Masjid Portable ini terpaksa berhenti beroperasi sementara. Semoga saja akan ada pembaharuan fasilitas, sehingga masjid ini tetap bisa beroperasi kapan saja dan dalam keadaan apa saja. Semoga saja, inovasi ini akan tersebar ke seluruh daerah di Indonesia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA