5 Masjid Dan Gereja Dibangun Berdampingan, Siratkan Toleransi Beragama

oleh Alfry
09:54 AM on Apr 7, 2015

Meski berbeda, banyak masjid dan gereja dibangun berdampingan di dunia ini. Namun, saat ini di media massa banyak dipertontonkan pemandangan dua agama yang saling berseteru. Bahkan jika menilik lebih dalam ke situs-situs keagamaan di dunia maya banyak diisi oleh perang cacian antar pemeluk agama. Hal ini sangat miris mengingat masing-masing agama sebenarnya mengajarkan nilai-nilai toleransi pada pemeluk agama lain.

Terlepas dari berbagai masalah yang melibatkan agama, ternyata di luar sana ada daerah-daerah yang memiliki sifat toleransi agama yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam yang berdampingan dengan gereja, tempat ibadah orang Kristen dan Katolik. Melihat hal tersebut membuat hati menjadi damai, berikut masjid-masjid yang berdampingan dengan gereja.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral – Jakarta, Indonesia

Ada pemandangan menarik ketika melintasi Jalan Medan Merdeka, Jakarta yaitu dua buah bangunan megah yang menjadi tempat ibadah dua pemeluk agama yang berbeda yakni Islam dan Kristen. Adalah Masjid Istiqlal, masjid terbesar se-Asia Tenggara dan Gereja Katedral dibangun berdampingan dan hanya dipisahkan oleh Jalan Wijaya Kusuma.

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral (Damn I Love Indonesia)
Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral (Damn I Love Indonesia)

Kedua bangunan yang berdekatan ini terkenal sebagai simbol kerukunan beragama di Indonesia. Uniknya masjid Istiqlal sendiri diarsiteki oleh seorang penganut agama Kristen Protestan. Letaknya yang berada di dekat gereja juga atas inisiatif presiden Soekarno. Tujuannya sebagai lambang semangat persaudaraan, persatuan dan toleransi beragama sesuai Pancasila.

2. Masjid Agung Jami’ dan GPIB Immanuel – Malang, Indonesia

Masih di Indonesia tepatnya di jantung kota Malang juga terdapat dua tempat ibadah beda agama yang dibangun berdampingan, yaitu masjid Agung Jami’ dan GPIB Immanuel. Dua tempat ibadah ini telah berdampingan selama lebih dari 100 tahun dan menjadi bukti bahwa warga kota Malang telah memiliki toleransi beragama yang tinggi jauh sebelum Indonesia merdeka.

Masjid Agung Jami' dan GPIB Immanuel (Hipwee)
Masjid Agung Jami’ dan GPIB Immanuel (Hipwee)

Anda yang sedang jalan-jalan di kota Malang, Anda bisa menjumpai dua tempat ibadah ini di depan alun-alun kota. Masjid Agung Jami’ dibangun pada tahun 1875 sedangkan Gereja datang dari tahun 1861. Uniknya selama ratusan tahun berdampingan tidak pernah ada percekcokan di antara kedua pemeluk agama ini. Sungguh damai bukan melihat keadaan yang demikian?

3. Mohammed El Amin Mosque dan St. George Maronite Cathedral – Beirut, Lebanon

Pemandangan masjid yang bersanding dengan gereja tidak hanya dijumpai di Indonesia saja. Di luar negeri juga terdapat beberapa masjid yang dibangun tepat disebelah gereja, salah satunya ada di kota Beirut, Lebanon. Di pusat kota terbesar Lebanon ini ada masjid Mohammed El Amin dan gereja Katedral St. George Maronite yang dibangun berdampingan.

masjid Mohammed El Amin dan gereja Katedral St. George Maronite Via Maralasky WordPress

Menariknya, beberapa waktu lalu menara gereja dibangun dan disesuaikan dengan ketinggian menara masjid. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kecemburuan sosial di antara masing-masing pemeluk agama. Hal unik lainnya adalah bahwa setiap waktu shalat tiba, di kawasan tersebut sangat lumrah mendengan suara adzan yang dibarengi suara lonceng dari gereja.

4. Masjid Besar Amru bin Ash, Gereja dan Sinagog Yahudi – Kairo, Mesir

Jika dalam daftar sebelumnya hanya masjid dan gereja saja yang berdampingan maka di Kairo, Mesir terdapat tiga tempat ibadah dari tiga agama yang berbeda. Agama-agama tersebut adalah Islam, Kristen dan Yahudi. Di dekat Masjid Besar Amru bin Ash terdapat bangunan Gereja tua serta Sinagog Yahudi.

Masjid Besar Amru bin Ash, Gereja dan Sinagog Yahudi ()
Masjid Besar Amru bin Ash, Gereja dan Sinagog Yahudi (Edtrayes)

Bangunan-bangunan tersebut sudah berumur sangat tua, bahkan masjidnya telah berusia 1.500 tahun. Masjid Besar Amru bin Ash dibangun di dekat bekas benteng Romawi yang kini didirikan Gereja Babylon, pusat perkembangan Kristen Koptik di Mesir. Di bawah tanah kawasan Kairo lama ini juga ditemukan Sinagog, tempat ibadah orang Yahudi. Selama ini masing-masing pemeluk agama tidak pernah bertikai, mereka menjalankan ibadah mereka masing-masing dengan damai.

5. King Abdullah I Mosque dan Gereja Ortodok Yunani St. Mary – Amman, Yordania

Daftar terakhir masjid yang berdampingan dengan gereja berasal dari negara Yordania. Tepat di pusat kota Amman, Yordania traveler bisa menemukan masjid Raja Abdullah I dan Gereja Ortodok Yunani St. Mary yang dibangun berdampingan

King Abdullah I Mosque dan Gereja Ortodok Yunani St. Mary ()
King Abdullah I Mosque dan Gereja Ortodok Yunani St. Mary (the muslim times)

Masjid megah yang kubahnya didominasi warna biru ini dibangun sekitar tahun 1980-an. Uniknya di belakang masjid ini terdapat sebuah gereja dan kedua bangunan ini telah ada berdampingan sejak zaman dahulu. Inilah simbol toleransi beragama di negara tersebut.

Banyak masjid-masjid yang dibangun berdampingan dengan gereja di beberapa negara. Hal ini membuktikan bahwa sifat toleransi beragama masih bisa dijumpai di dunia ini. Terasa damai di hati bukan bila melihat pemandangan penuh toleransi ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA