5 Manusia Tak Dikenal yang Berhasil Mengubah Dunia ke Arah yang Lebih Baik

oleh Rizal
15:00 PM on Oct 8, 2015

Bagaimana wajah dunia yang sekarang ini jika tidak ada tokoh-tokoh keren seperti Newton, Thomas Alfa Edison dan yang lainnya? Bisa jadi sekarang kita masih berada di zaman kegelapan alias minim peradaban. Namun tahukah kamu bahwa ternyata tidak hanya tokoh yang dikenal saja yang sukses mengubah wajah dunia yang seperti sekarang.

Benar, ada begitu banyak orang-orang yang tidak dikenal namun juga ikut andil membuat dunia semaju hari ini. Singkirkan Einstein dkk, karena kali ini kita akan membahas orang-orang tak dikenal namun juga menghasilkan karya yang luar biasa bagi dunia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Philo Fansworth

Semua orang sudah barang pasti mengenal siapa yang menciptakan mesin uap atau bola lampu, namun pernahkah terpikir siapa yang menemukan televisi. Padahal tanpa si penemu mungkin saja kita kehilangan salah satu hiburan paling penting dalam hidup. Nah, sosok di balik penemuan penting ini bernama Philo Fansworth.

Tanpa pria ini, kita mungkin takkan pernah melihat kartun pagi ketika hari Minggu [Image Source]
Tanpa pria ini, kita mungkin takkan pernah melihat kartun pagi ketika hari Minggu [Image Source]
Pria ini berhasil menciptakan sebuah alat bernama Image Dissector yang merupakan cikal bakal televisi yang sekarang ini. Alat tersebut sendiri berhasil ditemukan pada tahun 1927 dan kemudian makin berkembang lagi dua tahun kemudian.

Alasan kenapa nama Philo tenggelam adalah ketika itu ia memutuskan untuk bekerja dengan sebuah perusahaan yang membeli patennya. Namun si perusahaan tersebut akhirnya bangkrut dan gulung tikar sementara yang lainnya terus berkembang dengan berbekal teknologi yang sama. Seandainya saja Philo mau membangun perusahaannya sendiri, sudah barang pasti namanya mungkin akan mencuat mengalahkan Edison bahkan yang lainnya.

2. Alfred Russel Wallace

Mempelajari biologi sudah barang pasti akan menemukan teori yang sangat terkenal dan fenomenal bernama ‘evolusi’. Penemunya sendiri seperti yang kamu tahu adalah Charles Darwin. Nah, berkaitan dengan teori evolusi, dikenal pula sebuah teori bernama seleksi alam. Masih ingat?

Pria tak dikenal ini adalh inspiratornya Charles Darwin [Image Source]
Pria tak dikenal ini adalh inspiratornya Charles Darwin [Image Source]
Nah, teori ini juga sama pentingnya karena pada dasarnya Darwin sendiri bisa menciptakan teori tersebut gara-gara terinspirasi dari  seleksi alam. Sayangnya, hampir tak pernah nama penemu si teori fenomenal tersebut disebut. Namanya si penemu ini sendiri adalah Alfred Russel Wallace, pria asal Inggris yang merupakan seorang antropologis dan juga penjelajah ulung.

Sebenarnya Wallace bisa seterkenal Darwin andai saja ia mengemas teorinya dalam bentuk buku seperti yang dilakukan Darwin, bukan jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan kepada para ilmuwan. Sebenarnya Wallace sendiri tidak membutuhkan yang semacam itu, namun miris saja melihat kenyataan si inspirator Darwin yang justru namanya tidak dikenal.

3. Gustav Whitehead

Sejarah penerbangan dunia mencatat nama Wright bersaudara sebagai yang pertama mengudara di angkasa. Padahal sebenarnya mereka bukanlah yang benar-benar pertama. Ada penemu lain yang melakukan hal sama bahkan bisa dibilang lebih greget lagi pencapaiannya bernama Gustav Whitehead.

Jika lebih dulu dikenal, mungkin saja Gustav akan membawa teknologi aviasi dunia berkembang lebih cepat [Image Source]
Jika lebih dulu dikenal, mungkin saja Gustav akan membawa teknologi aviasi dunia berkembang lebih cepat [Image Source]
Gustav tak hanya mampu mendesain sebuah pesawat dan menerbangkannya, ia bahkan juga menciptakan mesin terbang yang bernama Number 21. Pada tahun 1901, uji cobanya sangat sukses dan memukau banyak orang. Sayangnya, ketika itu Wright bersaudara keburu terkenal duluan dan sukses mendapatkan penghargaan membanggakan. Jika saja karya Gustav diketahui lebih dulu mungkin pria Jerman ini yang akan harum namanya. Bahkan mesin ciptaannya bisa saja membawa perkembangan dunia aviasi selangkah lebih maju.

4. Kia Silverbrook

Thomas Alva Edison mungkin dianggap sebagai penemu paling produktif dengan kisah perjuangan yang dramatis. Ya, kita memang harus mengakui hal tersebut. Namun, jika harus ada seseorang yang begitu dipuji atas penemuannya, mungkin orang tersebut adalah Kia Silverbrook. Pernah mendengar nama ini sebelumnya? Hmm, mungkin tidak banyak yang tahu.

Penemu hampir semua alat yang ada di sekitar kita, namun namanya justru jarang dikenal [Image Source]
Penemu hampir semua alat yang ada di sekitar kita, namun namanya justru jarang dikenal [Image Source]
Kia adalah penemu hampir dari semua yang kita pakai sekarang. Tercatat ia telah memiliki paten untuk sekitar 10 ribu penemuan. Apa saja sih yang sebenarnya ditemukan pria Australia ini? Sangat banyak, mulai digital printing, digital video, 3D printing, luquid crystal display, sampai computer graphic dan masih banyak lagi.

Nah, jika memang secerdas ini kenapa tidak lebih terkenal dari penemu lain? Jawabannya mungkin saja Kia memang tidak suka pamer dan lebih suka dengan kediamannya sambil terus bikin dunia lebih keren.

5. Elisha Grey

Alexander Graham Bell mungkin dikenal sebagai penemu pertama pesawat telepon. Padahal kenyataannya ternyata tidaklah demikian. Ada pria lain yang juga mengerjakan proyek serupa bernama Elisha Grey. Uniknya, kedua orang ini mendaftarkan paten untuk penemuan mereka di hari yang sama.

Jika saja lebih cepat dari Bell, mungkin Grey yang akan dianggap penemu telepon [Image Source]
Jika saja lebih cepat dari Bell, mungkin Grey yang akan dianggap penemu telepon [Image Source]
Sayangnya, Bell lebih dulu sampai di kantor paten Amerika dan kemudian dikenal sebagai bapak telepon dunia. Jika Grey yang mujur dan rela tidak makan siang ketika itu, maka mungkin namanya lah yang akan dikenal banyak orang.

Meskipun tidak mendapatkan paten, namun Grey bisa dibilang lebih keren dari Bell. Pasalnya, ketika itu ia tak hanya ingin mematenkan telepon temuannya saja, tapi juga beberapa hasil karyanya yang lain misalnya optical telemunucation, hydrofoil bahkan aeronautic. Meskipun namanya mungkin tidak dikenal, namun penemuannya ikut mempercepat perkembangan peradaban dunia.

Mendengar cerita di atas mungkin kita seperti diingatkan akan cerita pahlawan tanpa nama. Mereka membawa kebaikan namun sama sekali tak dikenal. Sepertinya para penulis khususnya untuk buku-buku pendidikan harus mulai menyinggung nama-nama di atas. Pasalnya, berkat mereka pula lah kemajuan dan ilmu pengetahuan bisa berkembang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA