in

Haram untuk Dimakan, namun Inilah Beberapa Manfaat Babi yang Masih Bisa Digunakan Manusia

Seperti yang diketahui, Babi memang binatang yang haram untuk dikonsumsi, khususnya bagi umat Islam. Selain karena diduga adanya penyakit cacing pita jika memakannya, binatang ini juga diketahui sangat jorok.  Namun demikian, bukan berarti Babi tidak memiliki manfaat. Seperti yang dikatakan, bahwa semua yang ada di dunia ini memiliki manfaatnya sendiri.

Usut punya usut, banyak kegunaan non- konsumsi dari babi ini. Mulai pada bidang medis, bangunan hingga masalah teknologi. Dan mungkin tanpa kita sadari, sering kita menemui segala barang yang terkandung babi di dalamnya. Jadi seperti apa manfaat babi non konsumsi itu? Simak ulasan berikut.

Babi bisa digunakan segabai campuran bahan bangunan

Di luar negeri, beberapa bagian babi seperti lemak atau tulang, juga digunakan sebagai bahan campuran suatu bangunan. Bahan dari binatang itu dinilai lebih kuat dan kokoh ketimbang diganti dengan yang lainnya. Selain itu, orang luar juga sering menggunakan bulu dari babi sebagai bahan dasar pembuat kuas.

bahan bangunan [image source]
Pasalnya kuas yang berbahan dasar binatang itu dinilai lebih lentur namun juga awet saat digunakan. Rem kereta dari luar juga menggunakan abu bakaran dari babi. Jadi jangan kaget kalau di luar negeri banyak barang  mengandung babi mengingat manfaat non konsumsinya.

Dalam dunia militer, babi juga digunakan

Siapa sangka kalau binatang ini juga berguna bagi perlindungan negara. Ya fakta membuktikan kalau minyak dan lemak babi juga ambil bagian dari pembuatan peluru yang ada di luar negeri. Dengan adanya campuran dari babi ini ternyata dinilai membuat kualitas peluru lebih awet ketimbang hewan yang lain.

Peluru [image source]
Bukan hanya itu, kadang babi yang hidup pun juga berguna dalam peperangan. Pasalnya memang dulu babi dilatih untuk berperang, entah itu untuk membawa bom atau mencari jalan.  Tapi di Indonesia, sepertinya babi tidak digunakan seperti itu mengingat masih banyaknya hewan pengganti yang bisa digunakan.

Babi dalam dunia medis

Dalam medis, babi ternyata juga memiliki manfaatnya sendiri. Seperti yang diketahui binatang ini digunakan sebagai pembuat gelatin dan campuran pada beberapa vaksin. Namun karena haram, akhirnya vaksin dan gelatin babi tidak boleh digunakan di Indonesia. Ternyata bukan itu saja, babi juga sering digunakan sebagai obyek percobaan.

Medis [image source]
Hal itu sangat berguna mengingat hampir 90% organ milik binatang ini mirip dengan manusia. Selain itu, babi juga digunakan sebagai salah satu alat kedokteran yang bisa membantu orang –orang yang terkena penyakit jantung. Mengingat manfaatnya, oleh sebab itu babi penting di dunia kedokteran.

Kotoran babi sumber energi

Memang bukan lagi rahasia kalau babi memang punya title hewan yang jorok. Namun siapa sangka kalau kejorokannya itu malah membuat sebuah manfaat baru. Ya, ternyata di balik busuknya kotoran babi bisa digunakan sebagai sebuah bahan bakar.

Sumber listrik [image source]
Seperti yang terjadi di daerah Chile, beberapa rumah di sana ternyata selama beberapa tahun memanfaatkan gas babi dari peternakan setempat untuk mengaliri listrik 800 rumah selama satu tahun. Meskipun begitu, beberapa asosiasi hewan menentang hal tersebut karena dianggap kejam. Pasalnya para babi ini tidak boleh keluar ruangan hingga menghasilkan gas yang lumayan banyak.

Bila melihat manfaat dari binatang ini ternyata benar yang ada di Alquran mengenai segala sesuatu di dunia ini pasti berguna. Babi memang haram di makan, namun bukan berarti tidak memiliki kegunaan. Dari beberapa manfaat di atas kita jadi paham kalau penciptaan babi tidak sia-sia. Semoga hal ini makin menambah iman kita.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Ini Lho Sosok Manager Timnas Thailand yang Bikin Para Jomblo Indonesia Jadi Lupa Daratan

10 Parfum Pria Terbaik Ini Dijamin Bakal Buat Kaum Hawa Klepek-Klepek, Kamu Wajib Punya!