in

Kamu Pasti Tak Percaya! Inilah 5 Manfaat Perang Dunia Ke-II yang Tak Banyak Diketahui Orang

kemajuan teknologi saat perang dunia ke-II [image source]

Perang dunia ke-II adalah perang paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia. Dalam perang ini, jutaan orang harus rela nyawanya melayang dengan mengerikan. Beberapa kejadian yang tak bisa dilupakan saat perang dunia ke-II adalah pembantaian yang dilakukan oleh Nazi atas titah dari Hitler. Kejadian lain yang tak kalah mengenaskannya adalah ledaknya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Dari sedikit uraian di atas, kita mungkin bisa menyimpulkan jika perang tak ada gunanya selain membunuh manusia secara massal. Anyway, perang dunia ke-II  ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Kalau enggak percaya coba simak uraian berikut ini!

1. Kemajuan Teknologi Perang

Tak bisa dipungkiri lagi jika perang membuat banyak sekali pihak jadi terdesak. Akhirnya mau tidak mau mereka harus mengembangkan teknologi yang dimiliki. Terutama teknologi yang digunakan untuk perang. Tanpa teknologi ini maka kekalahan yang telak bisa terjadi. Negara-negara seperti Amerika, Rusia, Inggris, Jepang, dan Jerman terus berusaha mengembangkan senjata yang dimiliki.

Kemajuan Teknologi Perang [image source]
Kemajuan Teknologi Perang [image source]
Salah satu kemajuan yang dilakukan adalah penelitian tentang radar dan sonar. Teknologi ini terus dikembangkan hingga akhirnya bisa berguna dalam perang. Saat perang dunia ke-II ada teknologi bernama LORAN (long-range navigation), saat ini teknologi itu dikembangkan menjadi GPS.

2. Kemajuan Teknologi Kesehatan

Teknologi kesehatan juga berkembang dengan sangat pesat. Banyak sekali lembaga-lembaga ini melakukan perawatan kesehatan terbaik terutama saat terjadi perang. Pada perang dunia ke-II sudah mulai ada produksi massal dari obat yang sangat dibutuhkan. Selain itu metodologi kesehatan juga berjalan dengan sangat pesat.

Transfusi darah saat PDII [image source]
Transfusi darah saat PDII [image source]
Saat perang ini teknologi transfusi darah telah berjalan dengan sangat baik. Selain itu beberapa suplemen juga dibuat untuk mempercepat penyembuhan setelah mengalami luka. Setelah perang dunia ke-II ini berhenti, teknologi kesehatan tak bisa dikontrol lagi.

3. Berkembangnya Managemen dan Taktik Perang

Perkembangan managemen saat perang dunia ke-II berjalan dengan baik. Banyak negara mulai mengatur suplai makanan dan obat secara sistematis. Semua diatur agar efisien dan tak boros saat perang tak bisa diprediksi kapan akan berhentinya.

Perkembangnya Managemen dan Taktik Perang [image source]
Perkembangnya Managemen dan Taktik Perang [image source]
Selain managemen pangan dan obat. Banyak negara mulai melakukan strategi perang dengan lebih detail. Mereka menggunakan taktik secara mental agar mengurangi banyaknya korban meninggal. Saat ini managemen perang seperti ini mulai berkembang dengan sangat baik. Bahkan setiap negara memiliki taktiknya sendiri dalam berperang.

4. Perkembangan Komputer Untuk Sandi

Saat terjadi perang dunia, informasi sekecil apa pun yang jatuh ke tangan musuh artinya bencana. Itulah mengapa kurir atau pembawa pesan selalu memegang informasi berupa sandi. Nantinya sandi ini akan diterjemahkan menggunakan komputer. Tanpa adanya enkripsi kode atau sandi maka pesan akan akan meski kurir akhirnya ditangkap.

Perkembangan Komputer Untuk Sandi [image source]
Perkembangan Komputer Untuk Sandi [image source]
Saat terjadi perang dunia ke-II teknologi untuk sandi semakin berkembang dengan pesat. Selanjutnya komputer dikembangkan untuk melakukan strategi perang juga bisnis. Perang mempercepat teknologi untuk berkembang tanpa bisa dihentikan.

5. Perkembangan Teknologi Nuklir

Nuklir saat perang dunia ke-II berkembang dengan sangat pesat. Banyak sekali mengembangkan teknologi ini untuk senjata atau pun untuk bidang kesehatan dan juga pembangkit listrik. Perkembangan nuklir kalah perang dunia ke-II benar-benar susah dikendalikan. Pasalnya mereka terobsesi memiliki teknologi terbaru.

Bom atom yang meledak di Hiroshima saat terjadi PDII [image source]
Bom atom yang meledak di Hiroshima saat terjadi PDII [image source]
Tanpa perang dunia ke-II mungkin teknologi nuklir tak berkembang dengan cepat. Namun, keberadaan nuklir tetaplah pisau bermata dua. Jika digunakan dengan benar akan berjalan dengan baik. Namun, jika digunakan dengan sembrono, bencana akan datang dengan cepat.

Demikianlah manfaat dari perang dunia ke-II. Meski lima hal di atas sangat hebat dan terus berkembang sampai sekarang. Tak seharusnya perang di bumi ini terus berjalan, kan?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

7 Dinosaurus yang Baru Ditemukan ini Bikin Arkeolog Merinding Ngeri

7 Turis dari Negara ini Dikenal Memiliki Kelakukan Buruk Saat Traveling. Indonesia?