Ungkap 10 Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi

oleh Evi Rizana
10:28 AM on Jan 12, 2015

Selama ini, kamu hanya mungkin mengenal pasta gigi untuk membersihkan gigi saja. Padahal, jika mau mengkaji lebih dalam lagi, begitu banyak manfaat dari bahan basa yang satu ini. Dan tentu masih dalam lingkup sebagai pembersih.

Pasta gigi yang kamu gunakan saat pagi dan sebelum tidur ini juga bisa digunakan untuk membersihkan benda lainnya juga lho. Misalnya saja, saat handphone kotor, dan kamu tidak memiliki cairan pembersihnya, gunakan saja pasta gigi untuk membersihkan handphone tersebut.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

Selain itu, masih banyak lagi manfaat pasta gigi yang bisa kamu manfaatkan, di antaranya:

1. Membersihkan handphone

Sering digunakan membuat handphone jadi kotor dan bagian layar mulai tergores. Dan di bagian yang tergores mudah sekali kotoran bersarang dan tidak cukup hanya mengusapnya dengan kain atau tisu saja.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan handphone)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan handphone)

Untuk membersihkannya, kamu memerlukan cairan khusus pembersih screen seperti yang digunakan untuk membersihkan layar laptop. Namun, pada dasarnya, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gadget tersebut. Cukup dengan cara mengusapkan lalu membersihkannya dengan menggunakan kain lap.

2. Membersihkan goresan pada CD dan DVD

Sama halnya dengan layar handphone, untuk membersihkan CD atau DVD diperlukan cairan khusus pembersih yang tersedia hanya di toko – toko tertentu. Dalam keadaan kepepet, tentu akan membuang waktu untuk pergi ke toko membeli cairan pembersih CD dan DVD.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan goresan pada CD dan DVD)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan goresan pada CD dan DVD)

Karena itu, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi di kamar mandi untuk membersihkan goresan halus yang ada dalam CD dan DVD. Caranya juga cukup mudah. Oleskan pasta gigi dengan merk apa pun, lalu gunakan kain yang bersih untuk membersihkan CD dan DVD tersebut. Pastikan tidak ada sisa pasta gigi yang masih menempel.

3. Membersihkan bagian putih bawah sepatu

Bagian yang paling mudah kotor dari sepatu adalah bagian dasar. Apalagi, jika bagian bawah tersebut berwaran cerah atau putih yang sangat terlihat saat kotor. Untuk membersihkannya kadang menggunakan sabun saja tidak cukup untuk mengembalikan warna putih dasar sepatu.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan bagian putih bawah sepatu)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan bagian putih bawah sepatu)

Nah, tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan pasta gigi untuk membersihkan bagian yang kotor tersebut. Seperti yang telah kita ketahui, pasta gigi mengandung fluoride yang juga berguna tidak hanya untuk membersihkan gigi namun juga untuk memutihkan gigi. Begitu pula untuk memutihkan kembali bagian dasar sepatu tersebut.

4. Pembersih furnitur rumah

Di bagian luar furnitur biasanye dilengkapi dengan lapisan seperti lapisan lilin. Lapisan ini tak hanya meninggalkan kesan elegan pada kayu furnitur melainkan juga untuk melindungi kayu. Namun, kotoran juga mudah melekat di lapisan kayu tersebut. Apalagi, bekas permanent marker yang memang sulit banget untuk dihilangkan.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Pembersih furnitur rumah)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Pembersih furnitur rumah)

Banyak cara untuk membersihkan kotoran pada kayu furnitur tersebut. Bisa dengan menggunakan pembersih khusus untuk furnitur. Atau, dengan cara mudah seperti memanfaatkan bahan – bahan yang ada di rumah. Salah satunya dengan menggunakan pasta gigi bisa dioleskan pada furnitur kayu  seperti meja, kursi, lemari, dan furnitur lainnya.  Setelah bersih, kamu juga bisa mengelap dengan menggunakan kain yang sudah bersih.

5. Membersihkan kuku

Beberapa wanita suka menggunakan cat kuku untuk menyempurnakan kecantikan mereka. Sering juga mereka mengganti warna sesuai dengan keinginan. Namun sebelumnya, dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan aseton.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan kuku)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan kuku)

Kadang, menggunakan pembersih kuku masih meninggalkan bekas cat kuku yang kamu gunakan. Alangkah baiknya lagi jika kamu menggunakan pasta gigi yang juga bermanfaat untuk membersihkan kuku. Jangan lupa untuk memijat lembut tangan seperti saat manicure and pedicure.

6. Melawan permanent marker

Kadang, anak suka menulis menggunakan permanent marker. Apalagi, anak kecil yang suka nulis di sembarang tempat tanpa memikirkan apakah tulisan tersebut bisa dibersihkan atau tidak. Seperti halnya saat anak menulis menggunakan permanent marker di furnitur rumah.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Melawan permanent marker)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Melawan permanent marker)

Untuk membersihkan sisa spidol permanen tersebut tidaklah sulit. Kamu cukup mengoleskan pasta gigi lalu gosok hingga permanent marker tersebut hilang. Lalu, kamu bisa membersihkan sisa pasta gigi dengan menggunakan kain lap dan air.

7. Bau tangan? Gunakan pasta gigi saja

Setelah masak, aroma bawang masih saja tersisa. Padahal sudah menggunakan sabun saat membersihkannya namun baunya masih melekat di tangan. Dan kadang, menggunakan sabun tangan dan hand sanitizer pun belum bisa menghilangkan baunya. Hal ini tentu mengganggu penampilan juga bukan?

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Bau Tangan)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Bau Tangan)

Jangan khawatir. Karena untuk membersihkan bau bawang yang masih melekat di tangan sebenarnya mudah. Cukup ambil pasta gigi secukupnya lalu usapkan pada kedua tangan. Biarkan agak lama hingga bau hilang lalu bersihkan dengan air. Cara ini bisa kamu lakukan tiap kali habis bersentuhan dengan bawang atau bahan dapur lain yang meninggalkan bau tak sedap.

8. Membersihkan permen karet dari rambut atau kain

Selain bermain dengan alat tulis, anak kecil suka mengonsumsi permen karet yang juga bisa digunakan mainan. Namun sayangnya, mereka suka iseng dengan menggunakan permen karet. Seperti menyembunyikan di baju yang susah dihilangkan. Parahnya lagi, mereka juga iseng membuang sisa permen karet tersebut pada rambut teman atau orang lain. Hal tersebut tentu sangat susah untuk membuangnya. Beberapa orang memilih untuk memotong rambut yang terkena permen karet tersebut.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan Permen Karet)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan Permen Karet)

Daripada memotong, lebih baik kamu mengambil pasta gigi dari kamar mandi lalu membersihkannya dengan perlahan. Karena hanya dengan keramas saja tidak mampu melepas permen karet yang sudah lengket. Memang tidak mudah, namun pasta gigi bisa melepaskan lekatan permen karet baik di rambut atau di kain.

9. Membersihkan noda kain

Beberapa jenis kain memang sangat sulit dibersihkan kala sudah kotor. Apalagi jika berwarna putih sehingga terlihat sangat jelas jika kotor. Mencuci dan menyikat pun kadang belum bisa membersihkan sepenuhnya. Termasuk dengan merendamnya dalam beberapa jam namun tak juga menghilangkan noda tersebut.

Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan Noda Kain)
Manfaat Pasta Gigi Selain Untuk Membersihkan Gigi (Membersihkan Noda Kain)

Untuk membersihkan noda nakal tersebut perlu sabun khusus. Atau, cara yang mudah dengan menggunakan pasta gigi. Oleskan pada bagian kain yang kotor lalu sikat kain tersebut hingga bersih total. Kamu juga bisa mengulangi cara yang sama jika kotoran masih tak kunjung pergi. Mudah kan?

10. Peralatan dapur jadi cling dan bersinar

Alat dapur yang lama digunakan meninggalkan kotoran yang susah untuk dihilangkan. Misalnya saja panci yang jadi gosong karena terlalu sering kena bara api. Belum lagi beberapa peralatan lain yang terbuat dari besi.

Nah, pasta gigi juga memiliki fungsi untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari besi. Katakan saja, suthil yang sering kamu gunakan untuk menggoreng atau peralatan dapur lainnya. Untuk membersihkannya, kamu cukup menggunakan sabun. Namun, untuk membuatnya nampak cling dan bersinar, gunakan saja pasta gigi setelah sabun.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA