Jangan Takut Keriputan, Menjadi Tua Ternyata Ada Manfaatnya, Ini 7 Buktinya!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Nov 10, 2015

Bagi wanita dan sebagian pria, kerutan di wajah adalah petaka. Menjadi tua akan membuat mereka jadi kurang menarik. Menurunkan pesona dan bisa berakibat pada menurunnya produktivitas. Well, mungkin jadi tua adalah hal yang tidak diinginkan semua orang. Alasannya adalah dengan menjadi muda akan membuat kita bisa selalu bahagia.

Dengan terus menjadi muda maka kita bisa tetap melakukan banyak hal. Misal masih mampu bertualang di alam liar, atau liar di ranjang tanpa takut mengecewakan pasangan. Beragam alasan dimiliki orang untuk stay young and stay fit. Namun, menjadi tua juga banyak manfaatnya, lo! Enggak percaya? Coba simak tujuh poin di bawah ini!

Baca Juga
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan
Ditilang karena Melanggar, Pejabat Ini Berdalih Seribu Alasan Serta Bawa Nama Kekuasaan

1. Mencapai Puncak Kebahagiaan

Kita akan mencapai puncak kebahagiaan saat menjadi tua. Hal ini terjadi karena saat muda kadang kita terlalu banyak target yang ingin dicapai. Sibuk bekerja untuk mencapai target hingga yang namanya kebahagiaan kadang lenyap. Belum lagi saat muda kita sedang sibuk-sibuknya mencari jati diri yang entah ada di mana.

Mencapai Puncak Kebahagiaan [image source]
Mencapai Puncak Kebahagiaan [image source]
Saat tua kita akan selalu bahagia karena merasa tidak punya beban. Target telah kita miliki semuanya hingga tak membutuhkan apa-apa. Kita akan mudah bahagia dengan hal-hal yang sebenarnya sederhana. Misal makan malam berdua dengan pasangan. Atau pergi kencan dengan hanya makan jagung bakar di pinggir jalan. Hal-hal seperti ini tak akan membuat anak muda bahagia. Terlebih anak zaman sekarang.

2. Tidak Akan Ada Lagi Stres dan Khawatir

Kita semua tahu jika rasa khawatir dan stres adalah umum. Tua muda semua bisa mengalaminya. Bahkan tak sedikit orang tua yang mengalami stres berlebih. Namun berdasarkan sebuah survei dan studi yang dilakukan di tahun 2010 dan dilaporkan New York Times. Orang yang memiliki umur lebih banyak sangat jarang mengalami stress dan juga rasa khawatir yang berlebih.

Tidak Akan Ada Lagi Stress dan Khawatir [image source]
Tidak Akan Ada Lagi Stress dan Khawatir [image source]
Apalagi jika anak-anak mereka telah dewasa dan berumah tangga. Tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Yang bisa dilakukan adalah hidup dengan baik dengan menikmati masa tua yang penuh kebahagiaan. Masa muda yang penuh semangat berapi-api telah usai. Sekarang saatnya menikmati semua hasil tanpa memikirkan hal tak berguna.

3. Memiliki Kualitas Tidur yang Baik

Bagi anak muda yang sedang mengejar karier, tidur adalah sesuatu yang tidak begitu penting. Asal bisa tidur sehari 4 jam saja cukup. Selebihnya digunakan untuk kegiatan-kegiatan produktif seperti membuat proyek atau menggagas ide baru. Selain alasan produktivitas, sebenarnya anak-anak muda ini mengalami gangguan tidur. Susah sekali untuk memejamkan mata dan mengistirahatkan pikiran.

Memiliki Kualitas Tidur yang Baik [image source]
Memiliki Kualitas Tidur yang Baik [image source]
Saat telah menjadi tua, kualitas tidur kita akan meningkat. Bahkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Sleep juga menyimpulkan hal yang sama. Penyebab mengapa orang tua jadi gampang tidur adalah karena mereka sedikit stres. Selain itu tubuh juga jarang sekali mengalami tekanan hingga tidur akan berlangsung lama dan berkualitas.

4. Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Tinggi

Rata-rata seorang atlet memiliki prestasi yang tinggi di usia 20-an tahun. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh masih bagus. Setelah itu kondisi tubuh akan semakin menua dan susah menjadi produktif lagi. Namun dari sebuah penelitian, seseorang yang berusia 40 tahun ke atas justru punya daya tahan tubuh yang sangat baik.

Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Tinggi [image source]
Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Tinggi [image source]
Mereka akan mampu melakukan olahraga yang menuntut endurance atau daya tahan. Contoh olahraga ini adalah marathon atau pun renang. Meski tubuh telah tua, ternyata mereka mampu melakukannya dengan baik. Bahkan melebihi orang yang usianya berada di kisaran 30-an tahun. Tua bukan berarti enggak bisa apa-apa, kan?

5. Aktivitas Ranjang yang Jauh Lebih Bermakna

Ketakutan terbesar saat menjadi tua adalah berkurangnya aktivitas ranjang. Terlebih pria yang bisa mengalami gangguan pada alat vitalnya. Mereka akan melakukan segala cara untuk membuatnya kembali sedia kala. Namun menjadi tua sebenarnya akan meningkatkan keromantisan saat berhubungan intim. Tentu saat muda harus hidup sehat ya, karena dengan begitu saat tua aktivitas ranjang tetap bisa berjalan dengan baik.

Aktivitas Ranjang yang Jauh Lebih Bermakna [image source]
Aktivitas Ranjang yang Jauh Lebih Bermakna [image source]
Sebuah penelitian menyebutkan jika hubungan badan di usia tua bisa berjalan lambat namun bermakna. Nice and slow but sure! Selain itu, wanita juga akan dengan mudah mendapatkan kepuasan yang jarang didapatkan saat muda. So, enggak perlu khawatir lagi kan jadi tua? Tua hanya usia saja.

6. Mengurangi Tindakan-Tindakan Kriminal

Semakin tua, maka akan semakin lemah tubuh setiap manusia. Namun tak semua begitu sih. Ada beberapa orang yang telah tua namun tetap sehat. Menjadi tua akan membuat seseorang enggan melakukan hal-hal yang ribet atau buruk. Sebut saja aksi kriminal yang banyak bermunculan di kota besar.

Mengurangi Tindakan-Tindakan Kriminal [image source]
Mengurangi Tindakan-Tindakan Kriminal [image source]
Menjadi tua akan membuat tingkat kriminalitas menurun dengan drastis. Dengan menurunnya tingkat kriminalitas maka akan meningkat pula kebahagiaan. Penduduk tak perlu lagi khawatir atau was-was jika suatu saat akan disatroni penjahat. Negara dengan jumlah penduduk tua tinggi biasanya sangat jarangĀ  ada kasus kriminal dan kerusuhan.

7. Meningkatnya Relasi Dengan Banyak Orang

Memiliki hubungan baik dengan orang lain adalah salah satu kunci kebahagiaan. Semakin tua, kita akan mengalami peningkatan kualitas hubungan. Entah itu dengan pasangan hidup, anak, hingga rekan kerja dan tetangga sekitar. Kita akan cenderung lebih kalem dalam menanggapi semua hal. Dengan begini konflik akan dapat diminimalisir lebih banyak.

Meningkatnya Relasi Dengan Banyak Orang [image source]
Meningkatnya Relasi Dengan Banyak Orang [image source]
Dengan semakin bertambahnya umur maka pengalaman hidup yang kita dapatkan akan meningkat. Dengan begitu kita akan semakin pandai menjalin hubungan dengan banyak orang. Kita tahu bagian mana saja yang bisa menimbulkan konflik dan bagian mana saja yang bisa meningkatkan kualitas hubungan.

Nah, sekarang terbukti kan jika semakin tua justru banyak hal yang kita dapat. Tak hanya kerut dan tak produktif lagi. Banyak kebaikan yang bisa kita rasakan. Satu hal yang paling penting dari semuanya adalah kebahagiaan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA