Lima Manfaat Memperbanyak Istighfar dalam Kehidupan Sehari-hari

oleh Sofia Fitriani
08:00 AM on Jul 1, 2015

Kalimat istighfar adalah kalimat yang mungkin bagi sebagian orang begitu berat diucapkan, apalagi ketika merasa bahwa hidupnya baik-baik saja, dan tak merasa ada yang salah dengan yang dilakukannya. Itulah anggapan jika memaknai kalimat istighfar hanya bisa digunakan atau diucapkan kala kita melakukan salah atau dosa kepada Allah. Namun sesungguhnya, kalimat istighfar adalah salah satu kalimat yang Rasulullah SAW anjurkan untuk kita perbanyak membacanya, dalam keadaan apapun di kehidupan kita sehari-hari.

Baca Juga : 10 Penemuan Umat Islam Yang Berjasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Ibnu Katsir rahimahullaah pernah mengatakan, “Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak kalimat istighfar, maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.”. Untuk itu, kita perlu mulai membiasakan diri kita dengan memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar dalam kehidupan sehari-hari, karena ternyata ada lima manfaat luar biasa yang akan kita dapat darinya. Apa saja itu?

1. Ketika Lemah, Akan Dikuatkan

Manusia adalah makhluk tempat salah, lupa, dan memiliki nafsu yang bisa membawanya pada kondisi senang, sedih, dan sebagainya. Bagaimana kehidupannya, tergantung bagaimana dia menyikapinya. Sehingga manusiawi ketika masalah atau ujian datang menghampiri, manusia akan merasakan lemah dan lelah dengan kondisi yang dianggap kurang berpihak padanya.

manfaat banyak berightifar
manfaat banyak berightifar [ImageSource]
Saat berbagai masalah atau ujian terasa menghimpit, maka perbanyaklah minta ampun pada Allah SWT, dengan memperbanyak mengucap istighfar. Karena bisa jadi masalah atau ujian itu Allah kirim sebagai bentuk nikmat, agar mengantarkan kita pada kenaikan derajat di hadapanNya jika kita lulus melewatinya, dan bisa pula itu adalah sebuah peringatan atas dosa dan maksiat yang masih sering kita kerjakan.

Dengan memperbanyak istighfar, maka segala kelemahan yang kita rasakan akan terangkat, tergantikan oleh rasa kuat. Bahwa Allah terasa begitu dekat, dan kita merasakan bahwa Allah akan menguatkan kita, karena Allah tak pernah memberi suatu beban pada hambaNya melebihi kemampuan hambaNya tersebut.

2. Saat Sakit, Akan Disembuhkan

Segala yang ada di langit dan di bumi adalah mutlak kuasa Allah SWT. Hidup, mati, rezeki, dan jodoh seseorang ada dalam genggamanNya. Begitupun dengan sehat dan sakit seseorang. Ketika seseorang hamba mendapatkan ujian berupa penyakit, maka apa yang bisa hamba tersebut lakukan selain minta kesembuhan kepada Allah? Tentunya dengan banyak memohon dan mengusahakan kesembuhan dirinya, karena Allah menyukai hambaNya yang berusaha, memohon, dan tawakal padaNya.

Istighfar dapat mengangkat penyakit
Istighfar dapat mengangkat penyakit [ImageSource]
Saat seseorang sakit, maka perbanyaklah mengucapkan kalimat istighfar. Karena dengan memohon ampun pada Allah SWT, maka Allah akan mengangkat segala penyakit sekaligus segala dosa dan khilafnya.

3. Bila Diuji, Akan Dimudahkan

Ibnul Qayyim rahimahullaah pernah mengatakan, “Bila engkau berdo’a, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak (hajat) kebutuhan, maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah. Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya”.

istighfar dapat menjernihkan hati
istighfar dapat menjernihkan hati [ImageSource]
Dari kata beliau tersebut, kita bisa mengambil sebuah pelajaran bahwa memang Allah Maha Tahu segalanya. Dan tanpa kita mengucapkan segala yang kita pinta, atau saat kita ingin mengeluhkan segala masalah dan ujian yang kita terima, saat kita tak mampu mengucap semua, maka sungguh Allah tak akan pernah kehilangan satu kendalipun atas diri hamba-hambaNya, Dia tetap tahu. Dan akan memudahkan ujian atau masalah kita, menggantinya dengan kelapangan.

4. Saat Kalut (bingung), Akan Diberi Petunjuk

Syaikh Muhammad bin Muhammad Mukhtar As-Syinqity hafidzahullaah pernah ditanya oleh seseorang, “Wahai Syaikh, dengan amalan apa anda menasehati saya dalam menyongsong datangnya musim ketaatan? Kemudian Syaikh menjawab, Sebaik-baik amalan yang dapat dilakukan dalam menyongsong musim ketaatan adalah memperbanyak istighfar. Sebab dosa akan menghalangi seseorang dari taufiq Allah (untuk melaksanakan ketaatan).”

Saat Bingung, Akan Diberi Petunjuk
Saat Bingung, Akan Diberi Petunjuk [ImageSource]
Nah, dari kisah di atas, bisa kita ambil sebuah pelajaran berharga, bahwa Allah akan mengangkat segala kekalutan atau kebingungan, yang ada di hadapan kita akibat banyaknya dosa yang kita timbun, dan menggantinya dengan sebuah petunjuk berupa kekuatan iman kepadaNya, ketika kita selalu memohon ampun kepadaNya.

5. Bila Galau, Akan Ditenangkan

Hati yang galau adalah hati yang mengalami keresahan tak wajar, yang diakibatkan oleh menumpuknya dosa dan maksiat dalam diri kita, serta adanya kerenggangan hubungan kita dengan Allah SWT.

Bersabar dengan istighfar
Bersabar dengan istighfar [ImageSource]
Saat hal tersebut membelenggu diri kita, maka perbanyaklah mengucap kalimat istighfar, karena dengan memohon ampun selalu kepada Allah, maka Allah akan mengangkat dosa-dosa kita dan membuat hati kita menjadi lapang serta tenang, karena kembali pada kesucian.

Baca Juga : 10 Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia

Itulah lima manfaat luar biasa yang akan kita dapatkan, dengan selalu memperbanyak mengucap kalimat istighfar dalam kehidupan kita sehari-hari. Pernah ada sebuah kisah inspiratif dari seorang penjual tempe, setiap hari dan dalam kondisi apapun dia selalu mengucapkan kalimat istighfar dengan ikhlas, sehingga hatinya menjadi tenang dan mempercayakan semua rezeki dan kehidupannya pada Allah semata, dan memang Allah Maha Kuasa, usahanya perlahan-lahan sukses dan telah mampu menghidupi banyak anak yatim piatu. Semoga kita bisa membuat kisah inspiratif kita sendiri dengan amalan-amalan terbaik kita kepada Allah. Aamiin. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA