Inilah Manfaat Kedekatan Kita Kepada Al-Qur’an

oleh Vyra Sofia
16:03 PM on Mar 8, 2015

Maha Suci Allah, yang dengan segala kuasaNya menurunkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup ummat muslim. Mulai dari masalah paling kecil hingga paling besar dalam kehidupan, diatur dengan sangat rinci di dalam Al-Qur’an. Ditambah dengan sunnah atau petunjuk dari Rasulullaah Muhammad SAW, tentu akan semakin membuat ummat muslim hidup semakin teratur dan terkontrol. Itu bagi mereka yang ikhlas menjalankan karena kesadaran dirinya hanyalah seorang hamba Allah yang sangat kecil di hadapanNya. Sedangkan masih banyak di antara kita ummat muslim, yang hidup sesuka hati, tanpa mengindahkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai pedoman hidupnya, berbuat sesuka hati dan bahkan mengingkari Allah.

Ada beberapa manfaat yang sejatinya sungguh sangat besar akan kita dapatkan ketika kita sangat dekat dengan Al-Qur’an, yang tidak hanya sekedar membacanya, namun juga mentadaburinya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Manfaat-manfaat tersebut akan kita rasakan ketika hati kita telah terpaut kuat dengan Kitab Suci kita tersebut. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut? Berikut ulasannya:

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Sebagai Pemimpin

Al-Qur’an sebagai pedoman sekaligus penuntun ummat muslim dalam menjalankan kehidupannya sesuai dengan perintah Allah SWT. Manusia akan tahu bagaimana Maha Kuasanya Allah mengatur segala yang ada di dunia ini, mulai dari makhluk hidup bahkan sampai yang telah mati, bagaimana Dia menghidupkan dan membuat kehidupan, serta bagaimana Dia mematikan dan menghidupkan sesudah mati. Maha Besar Allah. Dengan begitu manusia akan benar-benar merasa sangat kecil di hadapan Allah dan akan berusaha untuk tidak membuatNya murka.

2. Sebagai Cahaya

Ibarat cahaya matahari, yang menerangi alam semesta, yang membangkitkan gairah kehidupan, yang menyuburkan, dan penuh manfaat, maka begitulah Al-Qur’an. Jika seorang hamba sama sekali tak pernah membuka dan mepelajari Al-Qur’an, maka dia seperti hidup dalam tempat yang gelap gulita, tak tahu apapun dan tak akan pernah menemukan arah kebenaran.

3. Sebagai Petunjuk

Allah membimbing hamba-hambaNya agar tidak tersesat arah dan jalan dalam menapaki kehidupan. Lewat Al-Qur’an, Allah mengajak hambaNya berkomunikasi, apa yang Dia larang dan apa yang Dia perintahkan, semua terangkum sangat rinci dalam Al-Qur’an, dan diperjelas dengan As-Sunnah dari Rasulullaah SAW. Ketika hati dan diri kita sudah amat dekat dengan Al-Qur’an, maka tak akan pernah ada lagi keraguan yang hadir dalam diri dan hati kita, karena kita yakin akan bimbingan Allah SWT.

4. Kasih Sayang Allah

Al-Qur’an adalah bentuk kasih sayang dan cinta yang Allah persembahkan kepada hamba-hambaNya. Ibaratnya, ketika kita mencintai seseorang maka kita akan menjaganya dengan terus mengawasinya, mengasuhnya dengan bimbingan agar dia tak salah arah dan menjadi buruk, serta menjaganya agar tetap dekat dengan kita. Nah, begitupun dengan Allah, Dia selalu ingin kita dekat denganNya, tak menjauh dariNya, dan tetap berjalan di jalan kebenaran dalam asuhan dan bimbinganNya, maka Al-Qur’an lah bentuk cinta Allah tersebut kepada kita.

5. Sebagai Pengingat

Segala bentuk balasan yang Allah janjikan atas perbuatan baik maupun buruk manusia terangkum dengan sangat jelas dalam Al-Qur’an. Ketika manusia mengharapkan kehidupan yang baik di Akhirat kelak, maka semestinyalah dia harus terus berusaha taat dan patuh kepada Allah dengan istiqomah berjalan di jalan kebaikan, agar Allah senantiasa ridha menurunkan keberkahanNya kepada kita. Dengan mengingat apa saja balasan dari setiap perbuatan kita di dunia ini kelak di akhirat, kita akan merasa amat takut kepada Allah, sehingga akan berpikir berkali-kali jika ingin membuatNya murka.

Nah, kelima manfaat Al-Qur’an di atas semoga bisa menjadikan kita semakin giat untuk terus mendekatkan diri kepada Al-Qur’an agar senantiasa dekat dengan Sang Pencipta kita. Tidak hanya sekedar membaca, namun juga mentadaburi dan mengamalkannya dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat. (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content