3 Manfaat di Balik Sejuknya Air Wudhu Bagi Kita

oleh Sofia Fitriani
09:00 AM on May 6, 2015

Islam sungguh luar biasa, selalu mengajarkan kebaikan, kedamaian, dan kebersihan. Sebelum menghadap Allah, kita diwajibkan untuk menyucikan diri kita dengan berwudhu. Membersihkan tubuh kita dari hadast kecil yang mungkin tak kita sadari atau kita sadari ada melekat di tubuh kita, sehingga bisa saja mengurangi keberkahan dan kekusyu’an ibadah sholat.

Berwudhu ternyata tak hanya dianjurkan untuk dilakukan sebelum sholat, sebelum tidur dan bahkan kalau bisa kita tetap selalu menjaga wudhu, hal tersebut merupakan cara menjaga kesucian tubuh. Tidak ada yang tahu kapan ajal akan menjemput, itulah mengapa menjaga diri agar tetap suci dengan air wudhu akan menjaga kita jika sewaktu-waktu meninggal. Wallahu’alam bisshowab.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Dalam sebuah hadits disebutkan, Dari Abu Malik al-Haris ibn `Asim al-Asya’ari r.a. beliau berkata : Rasulullah saw telah bersabda : Kebersihan itu sebagian daripada iman. Ucapan dzikir Al- Hamdulillah memenuhi neraca timbangan, ucapan zikir Subhaanallah dan Al- Hamdulillah kedua-duanya memenuhi ruangan antara langit dan bumi. Salat itu adalah cahaya, sedekah itu adalah pelita, sabar itu adalah sinaran. Al- Qur’an itu adalah hujah bagimu atau hujah atasmu, setiap manusia keluar waktu pagi, ada yang menjual dirinya, ada yang memerdekakan dirinya dan ada pula yang mencelakakan dirinya. (HR. Muslim).

Dari hadits di atas bisa kita pelajari bahwa kurang sempurna iman kita jika tak pandai menjaga kebersihan. Karena Rasulullah telah mengingatkan bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman. Nah, salah satu cera menjaga kebersihan diri tentunya adalah dengan berwudhu. Lalu, apa saja manfaat dari berwudhu bagi kita? Berikut ulasannya:

1. Mengeluarkan Dosa

Tak hanya kotoran nampak yang akan keluar dari tubuh kita, namun kotoran tak nampak atau yang disebut dosa bisa juga keluar dari dalam diri kita dengan kita berwudhu. Dalam sebuah hadits disebutkan, “Barang siapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya, maka akan keluarlah dosa-dosa dari badannya, sampai-sampai ia akan keluar dari bawah kuku-kukunya.” (HR. Muslim dalam Kitab at-Thaharah).

Mengeluarkan Dosa (c) remajasunnah
Mengeluarkan Dosa (c) remajasunnah

Selain itu, Rasulullaah juga pernah bersabda, “Maukah kamu sekalian aku tunjukkan sesuatu yg mana dengan sesuatu itu ALLAH akan menghapus dosa-dosa kalian dan dengan sesuatu itu pula ALLAH akan mengangkat kalian beberapa derajat?” Para sahabat menjawab, “Iya, wahai Rasulullah.” Nabi bersabda, “Yaitu menyempurnakan wudhu atas hal-hal yg tidak disukai, memperbanyak langkah ke masjid-masjid dan menantikan sholat sehabis sholat. Maka itulah yang dinamakan ar-Ribath (mengikatkan diri dalam ketaatan).” (HR. Muslim).

2. Membuat Awet Muda

Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul menjelaskan, wudhu bisa mencegah kanker kulit. Selain itu, jelasnya, wudhu juga menyebabkan seseorang menjadi tampak lebih muda. Salem dalam penelitiannya mengambil zat dalam hidung pada selaput lendir dan mengamati beberapa jenis kumannya. Pekerjaan yang ia lakukan selama berbulan-bulan ini pada akhirnya menemukan suatu kesimpulan bahwa secara ilmiah hidung terjaga bersih selama 3 sampai dengan 5 jam, kemudian kotor kembali, yang kemudian dapat dibersihkan melalui wudhu berikutnya. Berdasarkan analisisnya, lubang hidung orang-orang yang tidak berwudhu akan memudar dan berminyak, terdapat kotoran dan debu pada bagian dalam hidung, serta permukaannya tampak lengket dan berwarna gelap.

Membuat Awet Muda (c) fkip_uns
Membuat Awet Muda (c) fkip_uns

Adapun orang-orang yang teratur dalam berwudhu, permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang, bersih, dan tidak berdebu. “Sesungguhnya, cara berwudhu yang baik adalah dimulai dengan membasuh tangan, berkumur-kumur, lalu mengambil air dan menghirupnya ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya. Langkah ini hendaknya dilakukan sebanyak tiga kali secara bergantian,” ungkap Salem.

3. Menghindarkan Diri dari Berbagai Penyakit

Berwudhu membersihkan kulit juga membuat kita terhindar dari kuman-kuman, bakteri, dan virus penyakit yang bisa membuat kita sakit. Seperti misalnya, membersihkan tangan di awal wudhu bisa membuat tangan kita steril atau bebas dari berbagai macam kuman penyakit, karena dalam berwudhu, membersihkan tangan tak hanya membasuhnya saja namun membersihkan dengan menggosok-gosok serta mengeluarkan kotoran dari kuku-kuku tangan juga.

Menghindarkan Diri dari Berbagai Penyakit (c) mezora
Menghindarkan Diri dari Berbagai Penyakit (c) mezora

Selain itu, kulit yang sering dibasuh oleh air yang suci dan bersih juga akan meningkatkan kelembaban tubuh, sehingga mencegah kulit dari kekeringan atau penyakit kulit yang bisa menyerang. Menurut Dr Ahmad Syauqy Ibrahim (peneliti bidang penderita penyakit dalam dan penyakit jantung) di London mengatakan bahwa: “Para Pakar sampai pada kesimpulan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur)”.

Nah, dari ketiga manfaat berwudhu di atas, semoga bisa meningkatkan semangat kita untuk terus menjaga kebersihan diri kita dengan menjaga wudhu. Tak hanya saat akan sholat, namun sebisa mungkin kita jaga kesucian hati dan diri kita dengan terus menjaga wudhu kita. (sof)

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA