5 Calon Kuat Pengganti Louis Van Gaal di Manchester United

oleh wahyu
08:25 AM on Feb 20, 2015

Semenjak tahun 1986, Manchester United diarahkan oleh Sir Alex Ferguson. Selama 27 tahun membesut MU, Ferguson berhasil membawa banyak gelar berharga, seperti menyabet 13 tropi Liga Premier Inggris, 5 Piala FA, 4 Piala Liga, 2 Liga Champions, dan 10 Community Shield.

Setelah ia pensiun pada tahun 2013, Setan Merah seperti anak ayam yang kehilangan induknya. MU kesusahan mencari pengganti pria berdarah Skotlandia tersebut. Sebelumnya, Ferguson sudah menunjuk David Moyes sebagai penerusnya, tapi prestasi Moyes mengecewakan dan didupak. MU kemudian dibesut oleh Louis van Gaal.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Seperti Moyes, Louis Van Gaal memang belum sesukses Ferguson dalam mengembalikan keganasan MU dulu. Berbagai prestasi buruk dan penerapan skema 3-5-2 yang dibuatnya membuat para penggemar setia MU menginginkannya hengkang. Berikut adalah 5 Calon Kuat Pengganti van Gaal di Manchester United.

1. Ryan Giggs

Setelah memberhentikan Moyes pada 22 April 2014 silam, manajemen MU memberikan posisi pelatih utama kepada Giggs. Pria asal Wales itu ditugaskan menjunjung MU dalam menyelesaikan empat pertandingan terakhir Liga Premier Inggris. Hasil dari tugas yang diembannya cukup prestisius. MU berhasil mendapatkan dua kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Ryan Giggs
Ryan Giggs

Namun, setelah kedatangan van Gaal, Giggs dijadikan sebagai asisten pelatihnya.Giggs sudah memperoleh lisensi kepelatihan profesional langsung dari UEFA (Badan Sepak Bola Eropa). Lewat prestasinya ini, Giggs jadi berpotensi untuk menjadi pelatih Setan Merah di masa mendatang.

2. Gary Neville

Pada tanggal 2 Februari 2011 lalu, Gary Neville memutuskan berhenti dari dunia sepak bola dan melanjutkan kariernya di dunia media. Kini dia menjadi salah satu penulis kolom tetap untuk The Sunday Times of Malta dan komentator TV Sky Sports.

Gary Neville
Gary Neville

Neville juga memiliki lisensi A dan B untuk kepelatihan profesional UEFA. Sekarang dia juga bertugas sebagai staf pelatih untuk Timnas senior Inggris. Masa kontrak Neville sebagai staf pelatih akan berakhir pada 2016 mendatang. Bisa jadi Neville akan dikontrak Setan Merah untuk menjadi juru raciknya setelah masa kontraknya habis.

3. Jose Mourinho

Mulanya, Jose Mourinho ditangguhkan Fergie untuk menjadi penerusnya di MU. Namun, pada akhirnya Fergie lebih memilih Moyes lantaran sikap dan watak Moyes lebih menonjol dibandingkan Mourinho. Walaupun mempunyai sikap dan perangai yang bagus, karier MU dalam setiran Moyes tidak berbuah bagus.  Di sisi lain, Mourinho malah mencetak kesuksesan di tiga negara sekaligus, Inggris, Italia, dan Spanyol.

Jose Mourinho
Jose Mourinho

Sekarang, Mourinho masih bekerja untuk Chelsea. Meski begitu, The Special One pernah berargumen bahwa membesut Setan Merah adalah impian terpendam Mourinho sejak lama. Jadi, bisa saja Mourinho akan menjadi pelatih MU suatu saat nanti.

4. Pep Guardiola

Klub mana yang tidak ingin Guardiola menjabat sebagai pelatih mereka. Kiprahnya di dunia kepelatihan memang masih terbilang awal. Namun, prestasinya sudah sangat gemilang. Saat ini, Pep masih menyandang rekor sebagai pelatih paling sukses sepanjang masa Barcelona dengan menyabet 14 tropi dalam waktu empat tahun.

Pep Guardiola
Pep Guardiola

Meski sempat beristirahat selama satu tahun, Pep kembali terjun menunjukkan kebinarannya dalam membesut Bayern Munchen. Di bawah kepelatihannya, pada musim lalu, Bayern mampu meraih rekor sebagai juara tercepat sepanjang masa Bundesliga.

5. Antonio Conte

Seperti Guardiola, Conte juga menjadi salah satu pelatih yang paling diincar klub-klub raksasa di Italia. Performa luar biasanya dalam membawa Juventus meraih Scudetto tiga tahun berturut-turut menjadi prestasi yang gemilang.

Antonio Conte
Antonio Conte

Sekarang, Conte masih terlibat kontrak dengan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) sebagai pelatih Timnas. Setelah kontraknya berakhir, bukan tidak mungkin jika dia mencoba Liga  Inggris dan berpeluang untuk membesut  MU.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA