Dalam 5 Daftar ini, Malaysia Lebih Sangar Dibandingkan Indonesia

oleh Rizal
13:00 PM on Mar 27, 2016

Jika ada negara yang paling bikin Indonesia sensi, maka sudah jelas itu adalah Malaysia. Ada banyak alasannya kenapa bisa begitu. Dimulai dari pidato Presiden Soekarno di masa lalu soal penghinaan yang dilakukan pihak Malaysia hingga tercetus istilah ‘Ganyang Malaysia’, sampai kisruh soal klaim wilayah dan budaya yang bikin masyarakat Indonesia geram.

Hubungan pertemanan Malaysia dan Indonesia sangat bagus hari ini. Walaupun di balik itu, tetap ada saingan sengit di antara keduanya. Sayangnya, dilihat dari banyak hal, Indonesia kalah telak dengan negara persemakmuran Inggris ini. Dalam berbagai indeks penting, Indonesia belum bisa mengejar Malaysia lantaran jaraknya yang terpaut jauh.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Lalu sejauh apa prestasi Malaysia jika dibandingkan dengan Indonesia? Simak ulasannya berikut.

1. Indeks Korupsi Malaysia Lebih Sedikit Dibanding Indonesia

Banyak yang mengatakan jika indeks korupsi Indonesia mengalami banyak penurunan. Dilihat dari data di transparency.org hal tersebut memang benar. Indonesia sempat sangat memalukan indeks korupsinya, tapi kini sudah mulai berkurang banyak. Di tahun 2015 kemarin Indonesia berada di peringkat 88 dari 168 negara.

Korupsi di Malaysia lebih kecil [Image Source]
Korupsi di Malaysia lebih kecil [Image Source]
Indonesia mungkin turun korupsinya, namun kalau dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kita bisa dibilang kalah telak. Ya, Malaysia di tahun 2015 berada di peringkat 54. Selisih yang lumayan jauh dan ini jadi bukti jika di sana aksi korupsi memang lebih jarang daripada di Indonesia.

2. Malaysia Ternyata Lebih Bahagia dari Indonesia

Soal indeks kebahagiaan, mana yang lebih unggul antara Indonesia dan Malaysia? Sayangnya, dengan berat hati kita harus mengakui kalau di sana memang lebih membahagiakan. Berdasarkan indeks yang dikeluarkan oleh PBB dengan tajuk World Happiness Report, Malaysia ada di peringkat 47 dunia.

Warga Malaysia [Image Source]
Warga Malaysia [Image Source]
Lalu bagaimana dengan Indonesia? Negara kita berada di peringkat 79. Selisih hampir 30 peringkat dari Malaysia. Hal ini jadi bukti jika orang-orang Malaysia jauh lebih bahagia daripada kita.

3. Harga Bensin di Malaysia Ternyata Jauh Lebih Murah

Seperti yang diberitakan akhir-akhir ini, harga minyak dunia mengalami penurunan. Maka pemerintah Indonesia pun ambil kebijakan untuk memangkas harga beberapa jenis BBM termasuk bensin. Menurut data globalpetrolprice.com, harga bensin di Indonesia memang cukup murah jika dibandingkan negara lain. Harganya ada di level $0,60 per liternya, sangat jauh jika dibandingkan negara-negara lain seperti Hongkong di mana harganya mencapai $1,81 per liternya.

Harga bensin di Malaysia lebih murah [Image Source]
Harga bensin di Malaysia lebih murah [Image Source]
Lalu bagaimana dengan Malaysia? Lagi-lagi kita harus mengakui jika mereka lebih baik. Di sana harga bensin ternyata lebih murah dari pada Indonesia. Mereka ada di jajaran negara dengan bensin termurah, banderal bensinnya sendiri hanya $0,40 saja per liternya atau sekitar Rp 5100. Lumayan murah, kan?

4. Utang Luar Negeri Malaysia Juga Jauh Lebih Sedikit

Soal Utang, Indonesia dikatakan mengalami banyak pengurangan jika dibandingkan beberapa waktu lalu. Bahkan, menurut IMF Indonesia sudah tak lagi memiliki utang di sana. Tapi, untuk Utang luar negeri dari pinjaman negara-negara asing kita masih memilikinya. Dilihat dari data yang dikeluarkan World Bank, Indonesia ada di peringkat 28 negara dengan utang terbanyak. Jumlahnya sendiri sekitar $298 miliar.

Hutang Malaysia lebih sedikit [Image Source]
Hutang Malaysia lebih sedikit [Image Source]
Kalau Malaysia, negara ini sendiri juga memiliki utang yang lumayan banyak. Walaupun begitu, jika dibandingkan dengan Indonesia, mereka tetap unggul. Malaysia sendiri ada di peringkat 30 negara dengan utang terbanyak, jumlahnya sendiri sekitar $230 miliar.

5. Soal Keamanan Negara, Malaysia Juga Unggul

Berbicara soal keamanan, Indonesia bisa dibilang sangat aman walaupun hampir setiap hari pasti terjadi aksi kriminal. Setidaknya, negara kita tidak seperti Somalia atau Afrika Tengah dimana orang-orang saling bertikai secara bebas di jalanan hanya karena beda ideologi. Dilihat dari Global Peace Index yang dibuat oleh Institute For Economics & Peace, Indonesia menempati peringkat yang lumayan, yakni 46 dari 162 negara.

Polisi Malaysia [Image Source]
Polisi Malaysia [Image Source]
Lalu, bagaimana dengan si saingan? Ya, dalam hal ini mereka ternyata juga lebih unggul. Malaysia berada di peringkat 28 dunia. Peringkat 46 mungkin bukan hal yang buruk, tapi sepertinya hal tersebut tidak sesuai dengan julukan kita sebagai bangsa ramah. Harusnya dengan anggapan seperti itu, peringkat Indonesia bisa lebih tinggi lagi dalam hal ini. Sayangnya, indeks ini parameternya sangat banyak bukan melulu soal anggapan saja.

Ya, di banyak hal Malaysia memang jemawa, tapi sebenarnya Indonesia juga punya beberapa hal yang Malaysia tidak mampu mengejarnya. Salah satunya adalah ranah militer. Ya, seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara dengan militer terhebat nomor 12 dunia, sedangkan Malaysia ada di peringkat 35.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA