Situs Resmi Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines Diretas

oleh Adys Disty
08:10 AM on Jan 29, 2015

Lizard Squad yang mengaku sebagai khalifah cyber resmi telah meretas situs resmi maskapai penerbangan Malaysia Airlines. Pada situs maskapai penerbangan tersebut, terlihat gambar kadal memakai topi dan jas tuxedo bertuliskan “404-Plane Not Found”.

Pesan 404 adalah kode respons standar yang akan ditampilkan saat sebuah situs tidak dapat dimuat. Meski situsnya telah diretas, pihak Malaysia Airlines memastikan data pemesanan penumpang tetap aman tidak terpengaruh karena tidak ada server yang dibobol oleh para peretas.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Situs Resmi Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines Diretas
Situs Resmi Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines Diretas

Pada awalnya muncul tulisan “ISIS akan menang” di halaman pencarian, tetapi kemudian tulisan tersebut sudah dihapus. Melalui akun Twitter, kelompok itu juga menyatakan bahwa mereka akan menyebarkan data dari Malaysia Airlines tanpa rincian informasi tentang data yang mereka dapatkan.

Pihak maskapai penerbangan juga menyatakan domain name system (DNS) situsnya telah dibajak dengan mengarahkan pengakses situs tersebut ke situs web yang sebelumnya telah dibuat oleh peretas. Maskapai ini mengatakan sistem yang diretas itu dapat dipulihkan dalam 22 jam.

Masih belum jelas alasan mengapa Malaysia Airlines menjadi sasaran serangan internet oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS. Sebelumnya, kelompok peretas Lizard Squad ini pernah mengklaim pihaknya telah mengacaukan situs Sony dan Microsoft sehingga membuat pengguna tidak dapat mengakses Xbox Live dan Play Station pada Natal 2014 silam.

Seperti diketahui, dua bencana menimpa Malaysia Airlines seperti MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 dan MH17 yang jatuh tertembak di kawasan Ukraina pada Juli 2014 lalu.
Pesawat MH370 menghilang dari pantauan radar dan diduga kuat jatuh di lokasi berjarak 1.800 kilometer dari pantai barat Australia. Sedangkan pesawat MH17 ditembak jatuh dari langit Ukraina.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA