Inilah 5 Alasan Kenapa Kota Malang Sering Jadi Incaran Calon Mahasiswa Untuk Kuliah

oleh Adi Nugroho
13:55 PM on Mar 5, 2016

Selain Yogyakarta, Malang juga merupakan kota di Indonesia yang sering dijadikan incaran calon mahasiswa. Mereka berasal dari banyak sekali daerah di Jawa, bahkan luar pulau seperti Kalimantan, Sumatra, hingga Maluku dan Nusa Tenggara. Para calon mahasiswa ini benar-benar tertarik dan ingin menghabiskan kuliahnya di Kota Bunga ini.

Anda pasti penasaran kenapa justru Malang yang dipilih. Kenapa tidak Surabaya saja yang merupakan pusat dari Jawa Timur. Well, daripada anda semakin penasaran, coba simak lima alasan kenapa Malang menjadi incaran banyak calon mahasiswa di Indonesia.

Baca Juga
12 Foto Bukti Eksotisnya Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik yang Digilai Wisatawan dan Kaya Jejak Perang Dunia II
8 Danau Biru yang Indahnya Bikin Mata Hati Adem Ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Memang Kepingan Surga

1. Memiliki Kampus Unggulan Indonesia

Bisa dibilang, kampus yang ada di Malang itu sangat komplit. Untuk yang ingin kuliah di kampus negeri, tiga kampus bisa dipilih. Pertama yang ingin mendalami pendidikan bisa mendaftar ke Universitas Negeri Malang atau UM. Selanjutnya yang ingin belajar teknik, bahasa, dan sains, UB atau Universitas Brawijaya bisa menjadi tujuan berikutnya. Anda yang ingin mendalami masalah Agama Islam, UIN Maulana Malik Ibrahim siap menunggu dengan manis.

Kampus Brawijaya [image source]
Kampus Brawijaya [image source]
Masih kurang? Untuk universitas swasta, Malang memiliki beberapa nama yang bisa dijagokan. Misal Universitas Muhammadiyah Malang yang terkenal sampai seluruh Indonesia. Lalu ada beberapa kampus swasta lain yang siap dijadikan sasaran untuk melanjutkan ilmu. Memilih Malang untuk merajut cita-cita adalah keputusan yang tepat.

2. Biaya Hidup yang Murah Meriah

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik banyak calon mahasiswa untuk kuliah di Malang. Ya, biaya hidupnya sangat murah. Untuk tempat tinggal atau kos, anda bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup murah. Bila dibandingkan dengan Jakarta tentu beda sangat jauh. Di Malang, dengan hanya Rp250.000,00 saja anda bisa mendapatkan tempat kos yang nyaman.

kos di Malang [image source]
kos di Malang [image source]
Selanjutnya adalah biaya untuk makan. Di Malang makanannya sangat murah. Bahkan dengan Rp10.000,00 saja anda bisa makan dengan kenyang. Bahkan bisa dua kali makan jika pandai mencari warung yang murahnya luar biasa. Dalam sebulan, kalau hemat, anda tidak akan habis lebih dari 1 juta. Bahkan bisa separuhnya.

3. Malang Surga Kuliner Nikmat

Tidak bisa diingkari lagi jika Malang adalah surganya kuliner di Jawa Timur. Di tempat ini banyak sekali makanan yang enak. Anda tak hanya akan menemukan bakso khas Malang saja. tapi makanan lain dengan ide lebih kreatif pun banyak bermunculan dan siap untuk dicoba satu per satu.

Bakso terkenal di Malang [image source]
Bakso terkenal di Malang [image source]
Terpenting lagi, harga makanan di malang relatif murah. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Bahkan untuk makanan yang ada di pusat perbelanjaan, pujasera, dsb. terbilang masih bisa dijangkau kantong mahasiswa yang seret. Pokoknya hidup di Malang tidak akan membuat mahasiswa jadi kelaparan. Bahkan pulang ke rumah tubuh bisa jadi lebih tambun.

4. Suasana yang Nyaman Untuk Ditinggali

Tahukah anda kenapa di masa lalu Belanda begitu menyukai Malang? Bahkan membangun kota ini menjadi sangat hebat di masa lalu? Jawabannya karena Malang nyaman sekali untuk ditinggali. Wilayah ini masih sejuk (meski sekarang sudah agak berkurang) jika dibandingkan dengan kota besar seperti Surabaya atau pun Yogyakarta.

Jalanan di Malang [image source]
Jalanan di Malang [image source]
Terpenting lagi, Malang tidak terlalu macet jika dibandingkan dengan daerah lain. Lalu lintas yang lancar tentu akan membuat calon mahasiswa bebas ke mana saja. Jika saja kuliahnya di Jakarta yang penuh macet, mau keluar saja males. Macet justru akan membuat emosi jadi naik. Niatnya mencari kesenangan, eh jadi pusing sendiri.

5. Banyak Tempat Wisata dan Untuk Nongkrong

Malang memiliki banyak sekali tempat wisata. Hal ini penting karena saat nanti kuliah dan stres lantaran banyak tugas, mahasiswa bisa refreshing.  Menghabiskan seharian dengan bersenang-senang agar otak kembali fresh. Jika ingin menghabiskan hari di pantai, cukup bergerak ke arah selatan. Atau jika ingin menikmati sejuknya udara pegunungan, bisa bergerak ke arah utara menuju Batu.

tempat nongkrong [image source]
tempat nongkrong [image source]
Jika anda tak ingin jauh-jauh pergi. Bisa mengunjungi tempat nongkrong yang banyak hadir di Malang ketika malam. Di sepanjang jalan terutama di dekat kampus, lesehan, angkringan, kedai, atau kafe murah meriah hadir memanjakan setiap mahasiswa yang datang dengan kepalanya yang sudah berasap. Hidup di Malang artinya tak perlu khawatir kehabisan hiburan.

Inilah lima alasan yang mendasari kenapa banyak sekali calon mahasiswa mengincar Malang untuk tempat kuliah. Bagaimana dengan pendapat sobat Boombastis semuanya? Yang pernah kuliah di sini pasti tahu bagaimana Kota Malang benar-benar susah untuk di tinggalkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA