7 Makna Tersembunyi dari Film Besar yang Pernah Kamu Tonton!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Sep 3, 2015

Setiap film pasti memiliki makna yang jelas. Ada nilai moral yang ditawarkan oleh pembuatnya kepada penonton sebagai penikmat karya. Biasanya nilai moral yang disajikan film terlihat dengan sangat jelas. Usai film kita nikmati kita akan paham apa maksud dari film ini. Namun, beberapa film ternyata juga memiliki makna yang tersirat. Bahkan kita harus benar-benar mencarinya sendiri agar paham!

Tujuh film yang sering kita lihat ini ternyata memiliki makna tersembunyi. Bahkan kita bisa tercengang dengan fakta yang dibeberkan. Well, inilah tujuh film yang memiliki makna tersembunyi dan sering tidak kita pahami itu!

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. RoboCop – Makna Tentang Jesus

RoboCop adalah film besar yang sering kita tonton di masa lalu. Makna yang nampak dari film ini adalah kebenaran akan menang meski susah mendapatkannya. Namun di balik makna dari film itu, ternyata tersimpan makna tersembunyi. Bahkan berhubungan dengan Jesus. Anyway, Kita boleh menyangkal pemaknaan atas film ini. Bagaimana mungkin film berdarah-darah itu justru ada makna tersembunyi seperti itu.

RoboCop [image source]
RoboCop [image source]
Namun jika kita perhatikan secara detail. Separuh film ini berisi siksaan kepada tokoh utamanya. Lalu separuh film selanjutnya tokoh seperti datang dari kematiannya. Lalu berjuang sebagai penyelamat semua orang. Simbol-simbol seperti ini banyak dipercaya oleh orang sebagai perwujudan dari Jesus. Menurut anda, make sense enggak?

2. The Shining – Kematian Penduduk Asli Amerika

The Shining adalah film thriller yang diadaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama. Secara kasat mata film ini tak memiliki pesan moral yang jelas. Adegan sadis yang ditunjukkan cukup membuat kita tahu jika kejahatan selalu melenyapkan banyak hal. Namun jika kita mengamati lebih jelas, film ini ternyata menyindir tentang kematian Penduduk Asli Amerika yang terus ditekan oleh pendatang.

The Shining [image source]
The Shining [image source]
Di beberapa lokasi film, banyak adegan dilakukan di atas tempat pemakaman orang Indian (penduduk asli Amerika). Selain itu beberapa ornamen di rumah juga mengisyaratkan hal yang sama. Seperti yang kita tahu jika suku asli di Amerika saat ini sedang berada di ambang kehancuran. Pendatang dari Eropa kian membanjiri dan membuat mereka seperti terbuang dari tanah nenek moyangnya.

3. District 9 – Politik Apartheid

Pada tahun 2009 lalu sebuah film berjudul District 9 mengguncang dunia. Film ini merajai bioskop di dunia karena keseruannya. Dibalik aksi dan juga cerita sains fiksinya, ternyata Dictrict 9 memiliki arti lain yang tak pernah diduga. Arti itu adalah tentang politik warna tubuh yang menjadi isu besar di Afrika saat itu, bahkan mungkin sekarang.

District 9 [image source]
District 9 [image source]
Seting film ini di Johannesburg, Afrika Selatan. Diceritakan ada makhluk seperti alien yang menginvasi warga lokal. Invasi ini diibaratkan bangsa kulit putih yang menekan bangsa kulit hitam. Mereka akan membantai tanpa belas kasihan karena merasa hidup sebagai rasa yang sangat superior. Hmm, masuk akal sih sebenarnya!

4. Battle Royale – Sistem Pendidikan di Jepang

Film Battle Royale adalah salah satu film Jepang yang sangat sadis sepanjang zaman. Diceritakan bahwa ada sekelompok siswa yang dipaksa membunuh satu sama lain agar bisa keluar sebagai pemenang. Siswa dituntut untuk bertahan hidup selama tiga hari. Film ini di-baned oleh beberapa negara karena tampilan grafisnya yang mengerikan!

Battle Royale [image source]
Battle Royale [image source]
Kesadisan yang disajikan dalam film ini ternyata sebuah metafora dari sistem pendidikan di Jepang. Negara ini membuat banyak siswanya untuk melakukan hal-hal mengerikan. Seperti saling bersaing tidak sehat hingga praktik bully yang membuat banyak pelajar bunuh diri. Kira-kira ada tidak ya film lokal yang menyindir sistem pendidikan kita yang semakin enggak jelas ini?

5. Aliens – Perang Vietnam (Perang Dingin)

Aliens adalah sekuel dari film Alien yang dirilis pada tahun 1986. Sekilas film ini hanya bercerita tentang perang melawan alien mengerikan yang menginvasi bumi. Banyak orang harus mengorbankan nyawa karena tak sanggup melawan makhluk buas yang sangat kuat dan banyak.

Aliens [image source]
Aliens [image source]
Ternyata film Aliens memiliki makna tentang perang Vietnam. Dulu banyak sekali tentara yang disuruh berperang mati-matian tanpa persiapan yang matang. Mereka seperti senjata tempur yang tak dimanusiakan. Pun pemimpinnya pun tak kompeten dan hanya main perintah. Akibatnya banyak tentara yang akhirnya mati sia-sia. Seperti yang terjadi di film Aliens ini. Banyak orang mati sia-sia!

6. Spiderman – Berurusan Dengan Masa Puber

Kita hanya mengenal Spiderman sebagai film superhero yang banyak disukai orang. Dari anak-anak hingga dewasa, semuanya akan menyisihkan waktu untuk menyaksikan jagoannya melompat dan melempar jaring laba-labanya. Makna film ini seperti film jenis hero lain, yaitu kebenaran akan menang melawan kejahatan.

Spiderman [image source]
Spiderman [image source]
Namun ternyata film ini memiliki makna lain. Yaitu tentang bagaimana seorang anak menghadapi masa pubernya. Coba perhatikan saat Tobey Maguire digigit laba-laba dan mulai bingung dengan bentuk tubuhnya. Lalu ia perlahan-lahan berani mendekati gadis yang ia suka. Hmm, bagaimana menurut anda?

7. The X-Men Movie – Melawan Hak Asasi LGBT

Anda mungkin hanya berpikir jika X-Men isinya tentang sekelompok mutan yang berjuang dalam melawan musuhnya. Di X-Men episode The Day of Future Past, mereka diburu oleh pemerintah karena dianggap spesies yang sangat berbahaya bagi manusia. Akhirnya pemerintah membuat Sentinel yang bisa membunuh mereka tapi mutan ini tak bisa melawannya. Sebenarnya mutan di sini perwujudan kaum LGBT.

X-men [image source]
X-men [image source]
Kaum minoritas LBGT ini seperti mutan karena kelakuannya dianggap menyimpang. Mereka dipercaya memberikan dampak buruk bagi masyarakat secara luas. Seperti yang terjadi pada saat ini. Kaum minoritas ini tidak memiliki hak karena dianggap menyimpang dari kaidah yang benar.

Itulah tujuh film yang memiliki makna lain dari makna yang sedari awal sudah ditentukan penulisnya. Makna tersembunyi ini bisa jadi benar atau cuma cocoklogi saja. Dari tujuh film itu mana yang pernah anda lihat? Apakah makna tersembunyi itu anda dapatkan usai menyaksikannya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA