5 Makna Terdalam dari Salat ini Sering Dilupakan oleh Umat Islam di Dunia

oleh Adi Nugroho
13:18 PM on Dec 21, 2015

Bagi setiap Muslim di seluruh dunia, salat adalah salah satu ibadah yang sangat penting. Bahkan salat seperti lima waktu diwajibkan tanpa bisa ditawar lagi. Bagi sebagian orang, salat adalah hal yang  sulit dilakukan entah itu karena malas atau memang tak ada waktu. Namun tak sedikit juga yang menganggap salat sebagai bagian dari hidup. Tubuh akan secara otomatis merespons jika mendengar azan berkumandang. Namun masalah utama dari salat bukan perkara malas atau rajin melakukannya. Namun lebih kepada makna terdalam yang terkandung di dalamnya. Dan hal penting inilah yang sering dilupakan atau bahkan tak diketahui banyak orang. Inilah 5 makna terdalam dari salat yang sering tak kita ketahui itu!

1. Mengajarkan Ikhlas

Kita selalu menganggap jika salat hanyalah rangkaian gerakan sistematis dengan doa-doa di dalamnya. Selebihnya kita hanya menganggap salat sebagai kewajiban. Jauh terlepas dari segala gerakan dan doa, salat mengajarkan kita untuk ikhlas. Merelakan segala yang diambil oleh Allah atau bahkan ikhlas menghadapi banyak hal yang kadang membuat hati sakit.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Mengajarkan Ikhlas  [image source]
Mengajarkan Ikhlas [image source]
Salat bukan perkara gerakan saja. Namun juga diaplikasikan dalam hidup. Jika Cuma gerakan saja maka semua orang bisa melakukannya, bahkan orang gila sekali pun. Salah satu aplikasi salat dalam kehidupan adalah dengan belajar ikhlas. Belajar menerima apa yang terjadi. Dan itu sangatlah sulit. Mungkin mulut kita gampang mengucapkan ikhlas, namun di hati?

2. Beramal Kepada Sesama

Barangkali kita telah melakukan salat lima waktu dengan konsisten. Bahkan tak memiliki jeda sama sekali. Namun apa dengan salat saja lantas kita bisa merasa lebih dekat dengan Allah? Jawabannya adalah tidak. Salat yang kita lakukan tanpa tindakan lain hanya akan berupa gerakan saja.

Beramal Kepada Sesama  [image source]
Beramal Kepada Sesama [image source]
Salah satu aplikasi salat yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan adalah dengan beramal. Hal sederhana namun sangat banyak manfaatnya ini jarang sekali dilakukan oleh banyak orang yang mengaku Islam. Dan lagi, beramal tak melulu perkara uang atau harta yang melimpah. Menyumbangkan ide, menyumbangkan tenaga juga merupakan bagian dari beramal. So, sudah beramal hari ini?

3. Tidak Memiliki Sifat Sombong

Salah satu fungsi dari salat adalah mencegah perbuatan keji dan mungkar. Atau gampangnya mencegah perbuatan yang tak sesuai dengan tuntunan agama, salah satunya adalah sifat sombong yang sudah dihindarkan semua orang. Sifat ini selalu muncul bahkan saat kita tak menyadarinya. Misal saat mendapatkan sesuatu yang hebat kita jadi ingin menunjukkannya agar dipuji orang lain. Atau memang sengaja pamer agar orang lain melihat kita jadi orang yang hebat.

Tidak Memiliki Sifat Sombong [image source]
Tidak Memiliki Sifat Sombong [image source]
Salat harusnya bisa diaplikasikan dengan menahan hal buruk ini. Salat tak hanya gerakan yang dimulai dengan takbiratul ihram lalu diakhiri salam saja. Tapi lebih ke aplikasi pada diri dan membuat kita jadi individu yang jauh lebih baik.

4. Baik Kepada Semua Makhluk

Percuma saja baik kepada semua manusia, salat selalu dilakukan dengan baik, tapi terhadap makhluk lain justru jahat. Misal tidak menyayangi binatang, atau bahkan menyiksanya secara tidak sengaja. Selain itu kita juga tak boleh merusak tumbuhan yang ada di alam karena mereka juga merupakan ciptaan Allah.

Baik Kepada Semua Makhluk  [image source]
Baik Kepada Semua Makhluk [image source]
Aplikasikan salat yang kita lakukan setiap hari untuk melakukan kebaikan kepada sesama. Anggap mereka sama dengan semua orang yang anda kenal. Jika hal ini bisa anda lakukan dengan baik, maka kasus pembakaran hutan dan penyelundupan hewan tidak akan pernah terjadi. Karena manusia menganggap mereka sama-sama makhluk yang harus dihargai dan dilindungi.

5. Berserah Diri Kepada-Nya

Kita jangan menyalahartikan berserah diri artinya tidak melakukan apa-apa dan hanya pasrah. Berserah diri yang menjadi inti dari salat adalah menyerahkan diri ini kepada-Nya setelah melakukan banyak usaha. Jika kita telah melakukan banyak hal, namun akhirnya tak menghasilkan apa-apa. Maka jalan satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan berserah diri.

Berserah Diri Kepada-Nya  [image source]
Berserah Diri Kepada-Nya [image source]
Salat dengan segala gerakan dan bacaannya sebenarnya mengajarkan kita untuk selalu berserah diri. Untuk selalu menganggap Allah sebagai zat tertinggi yang selalu bisa membantu kita dalam keadaan apa saja. By the way, dari lima makna salat di atas. Mana saja yang sering anda lakukan atau bahkan tak pernah anda lakukan? Semoga setela membaca ini kita semua bisa berbenah diri dan mengaplikasikan salat selaras dengan kehidupan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA