5 Film Mengerikan Ini Ternyata Punya Makna Tersembunyi yang Hebat!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 9, 2015

Seperti halnya buku, tak semua film memiliki makna yang jelas. Atau kalau pun ada maknanya bukanlah sesuatu yang penting. Penonton hanya disuguhkan sebuah adegan yang sampai akhir film mereka tak akan mendapatkan apa-apa selain kagum dengan animasi atau kecewa karena alur ceritanya buruk.

Sebenarnya setiap film memiliki makna yang dalam. Bahkan bisa membuat kita kaget. Tapi hanya orang tertentu yang mampu mengetahuinya. Seperti lima film yang dikenal sangat mengerikan ini. Ternyata dibalik hal-hal itu ada secercah makna yang bisa dibilang sangat dalam!

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Pengorbanan Hebat Para Paskibraka Demi Mengibarkan Merah Putih
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri

1. Alien 3 – Epidemik AIDS

Alien 3 mendapatkan banyak sekali kritik tajam oleh para pengamat film dunia. Kematian tokoh bernama Newt dan Hicks dianggap membuat film tak lagi bermakna. Padahal kematian keduanya akan memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi kita semuanya. Terutama masalah terkait AIDS.

Film ini mengajarkan semua orang jika AIDS bisa menyerang siapa saja. Tak peduli sesehat atau sepolos anda. Mereka bisa datang secara random dan membunuh dengan cepat. AIDS yang diceritakan secara tersirat di Alien 3 berseting di tahun 80-90-an. Saat itu mereka datang sebagai pandemik dan sangat susah ditanggulangi.

2. Distric 9 – Politik Apartheid

Distric 9 adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 2009 silam. Film ini mengisahkan tentang sebuah daerah yang invasi oleh alien berbahaya. Mereka melakukan banyak hal untuk membuat penduduk lokal tak berdaya. Bahkan membunuhnya.

Ternyata film ini bercerita tentang sebuah politik Apartheid. Atau politik yang menganggap orang kulit hitam memiliki kedudukan yang rendah. Orang kulit putih adalah superior. Kita mungkin tak akan melihat apa-apa selain aksi laga yang cukup bagus. Tapi jika kita menelisik lebih dalam, baru makna ini akan muncul dengan nyata.

3. Battle Royale – Sistem Pendidikan Era Modern

Battle Royale adalah sebuah film buatan Jepang yang banyak membuat kontroversi. Bahkan di beberapa negara film ini mengalami baned karena menjadikan grafis yang sangat mengerikan. Banyak adegan sadis yang dilakukan banyak siswa untuk bertahan hidup.

Film ini sebenarnya menyindir pendidikan modern yang membuat banyak siswa jadi berbuat hal buruk. Misal terlalu banyak bully hingga menyebabkan banyak sekali kematian. Bisa karena dianiaya atau karena bunuh diri. Pendidikan harusnya sesuatu yang disukai oleh anak-anak, bukan sesuatu yang menekannya.

4. Aliens – Perang Vietnam

Jika di atas tadi kita telah membahas jika film Alien 3 ternyata membahas tentang epidemic AIDS yang terjadi di bumi. Di seri pertama film ini makna yang terkandung adalah tentang perang Vietnam. Perang yang terjadi setelah perang dunia ke-II ini memakan banyak korban nyawa.

Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara yang dikirim berperang tanpa persiapan matang. Akhirnya banyak tokoh mati sia-sia. Film ini juga menceritakan tentang tokoh tak kompeten yang hanya bisa menyuruh saja tanpa mempertimbangkan situasi.

5. Pacific Rim – Kekuatan Nuklir

Pasific Rim adalah sebuah film yang mengisahkan tentang sekawanan robot yang bertarung melawan alien raksasa. Secara grafis dan laga film ini cukup menarik untuk dilihat. Namun untuk beberapa hal film ini jadi kurang  make sense. Bahkan banyak orang tak menyukainya.

Padahal film ini memiliki makna tersembunyi yang berkaitan dengan nuklir. Tentang betapa mengerikannya tenaga ini bagi manusia. Jika salah menggunakan saja bisa membuat banyak orang jadi celaka. Seperti isu yang sedang hangat di dunia sekarang. Nuklir adalah pisau bermata dua. Di satu sisi berguna di sisi lain sangat berbahaya, bahkan bisa melukai.

Inilah 5 film mengerikan yang ternyata punya makna tersembunyi. Terkadang kita harus memandang film dengan cara lain agar tahu makna tersembunyinya. Tidak menelannya mentah-mentah apa yang disajikan di layar. Anyway dari lima film di atas mana saja yang pernah anda lihat?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA