10 Makhluk Prasejarah Ini Akan Membuatmu Bersyukur Hidup di Era Modern

oleh Tetalogi
15:30 PM on Dec 5, 2015

Jutaan tahun yang lalu, manusia modern belum menghuni bumi. Sebaliknya, bumi ditempati oleh makhluk-makhluk raksasa yang luar biasa.

Melihat fosil-fosilnya mungkin akan membuat kita takjub dan kagum dengan binatang tersebut. Tapi dengan banyaknya makhluk-makhluk raksasa mengerikan berkeliaran, kamu akan bersyukur hidup di era modern dan bukan di zaman prasejarah.

Baca Juga
Seperti Langit Dan Bumi, 10 Potret Kehidupan Korea Utara dan Korea Selatan Ini Berbeda Banget
5 Hewan Laut Paling Menyeramkan yang Justru Dikagumi karena Memiliki Keunikan Luar Biasa

1. Basilosaurus

Basilosaurus adalah paus primitif yang hidup di era Eocene atau sekitar 56 juta tahun yang lalu. Basilosaur terbesar memiliki panjang antara 20 hingga 30 meter.

Basilosaurus [Image Source]
Basilosaurus [Image Source]
Mereka memakan apapun yang bisa mereka tangkap tanpa memilih. Bahkan termasuk hiu dan paus yang lebih kecil.

2. Argentavis

Argentavis adalah burung terbesar yang pernah hidup di bumi. Lebar sayapnya saja mencapai 8,5 meter. Ukuran tersebut bahkan lebih besar dari pterodactyl.

Fossil Argentavis [Image Source]
Fossil Argentavis [Image Source]
Beberapa orang percaya bahwa keturunan Argentavis yang lebih kecil adalah inspirasi dari legenda Thunderbird yang beredar di suku asli Amerika.

3. Terror Bird

Terror bird tidak bisa terbang, tapi ia bisa lari dengan sangat cepat, secepat cheetah. Burung ini sangat besar dengan spesies terbesarnya bisa tumbuh setinggi 3 meter dengan berat mencapai setengah ton.

Terror Bird [Image Source]
Terror Bird [Image Source]
Terror bird bisa membunuh dan memakan mangsa yang sangat besar termasuk kuda, unta, dan sejenisnya. Bentuk paruhnya yang runcing dan melengkung menunjukkan bahwa ia akan mengoyak tubuh mangsanya untuk makan.

4. Titanoboa

Titanoboa cerrejonensis adalah ular terbesar, terpanjang, dan terberat yang pernah ditemukan. Panjangnya mencapai 12,8 meter dan beratnya mencapai 1,1 ton.

Titanoboa [Image Source]
Titanoboa [Image Source]
Binatang ini berhasil selamat dari kepunahan yang menyapu bersih dinosaurus dan binatang lainnya. Namun akhirnya ular raksasa ini punah pada 45 juta tahun yang lalu.

5. Entelodon

Entelodon masih nenek moyang babi dari zaman pra sejarah. Tapi bedanya, binatang ini termasuk pemakan daging dan mungkin juga mamalia dengan bentuk fisik paling mengerikan yang pernah ada. Ada kemungkinan bahwa Entelodon bahkan adalah binatang kanibal.

Entelodon [Image Source]
Entelodon [Image Source]
Hebatnya lagi, mereka hidup selama 9 juta tahun. Binatang ini setinggi manusia dan punya kepala yang sangat kuat. Tidak hanya itu saja, ia juga memiliki rahang yang kuat dan gigi yang tajam.

6. Purussaurus

Purussaurus adalah binatang raksasa yang masih merupakan nenek moyang aligator. Binatang ini hidup sekitar 8 juta tahun yang lalu di hutan hujan Amazon.

Purussaurus [Image Source]
Purussaurus [Image Source]
Panjang binatang ini mencapai 12 hingga 15 meter dan termasuk jenis buaya terbesar yang pernah hidup di bumi. Sisa-sisa bagian tubuh binatang lainnya atau binatang yang tinggal setengah adalah bukti mengerikan binatang ini.

7. Gigantopithecus

Kera besar ini merupakan keturunan orangutan yang tinggal di hutan bambu, hutan belantara, serta di pegunungan China dan India. Gigantopithecus bisa tumbuh hingga setinggi 3 meter dan seberat 550 kg.

Gigantopithecus [Image Source]
Gigantopithecus [Image Source]
Binatang ini sebenarnya juga adalah pemakan tumbuhan, tapi tetap saja mengerikan. Binatang ini punah sekitar 300 juta tahun yang lalu.

8. Spinosaurus

Pada tahun 1915, sisa tulang belulang Spinosaurus ditemukan di Mesir. Para ahli paleonotologi yakin bahwa binatang ini bahkan lebih besar dari T-Rex.

Spinosaurus [Image Source]
Spinosaurus [Image Source]
Binatang ini bisa tumbuh hingga sepanjang 17-18 meter dan berat mencapai 10 ton. Tapi sayang hal ini belum bisa dibuktikan karena fosil tersebut hancur dalam pengeboman pada Perang Dunia ke-2.

9. Quetzalocatlus

Binatang raksasa ini adalah burung terbesar yang pernah ada dengan lebar sayap mencapai 15 meter. Para ilmuwan percaya mereka tidak berburu dengan terbang.

Quetzalocatlus [Image Source]
Quetzalocatlus [Image Source]
Sebaliknya, mereka berjalan di tanah untuk berburu binatang yang bisa mereka tangkap dan menelannya bulat-bulat. Termasuk binatang seukuran anjing, atau bahkan yang seukuran manusia.

10. Megalodon

Megalodon adalah hiu raksasa yang masih erat kaitannya dengan hiu putih modern. Megalodon bisa tumbuh hingga sepanjang 20 meter dan berat 60 ton, hampir 6 kali lebih besar daripada Tyrannosaurus rex.

Megalodon [Image Source]
Megalodon [Image Source]
Megalodon hidup kurang lebih pada 28 hingga 1,5 juta tahun yang lalu. Namun binatang ini masih mengarungi lautan pada masa manusia purba australopithecine hidup.

Itulah beberapa binatang menakjubkan sekaligus mengerikan yang pernah hidup di bumi. Melihat kemampuan binatang yang seram tersebut, tentu kita bersyukur bisa hidup di zaman modern tanpa perlu bertemu atau mempertahankan hidup dari makhluk buas tersebut. Tapi di saat yang sama, adanya binatang purba tersebut juga menunjukkan betapa menakjubkan Tuhan mengatur keberadaan manusia di bumi.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA