Wow! Ini Lho 5 Makhluk Mitologi yang Ada di Indonesia

oleh Tetalogi
14:09 PM on Dec 15, 2015

Istilah mitologi memang berasal dari Yunani, tapi bukan berarti kisah-kisahnya hanya ada di Yunani. Mitologi berasal dari kata mitos yang berarti legenda dan logos yang berarti penuturan. Maka mitologi bisa diartikan sebagai kisah-kisah legenda.

Kebanyakan orang mungkin sudah sering mendengar makhluk mitologi Yunani seperti centaurus, cerberus, pegasus, dan sejenisnya. Nah, di Indonesia ternyata juga memiliki beberapa makhluk mitologi sendiri, lho. Berikut ini beberapa contohnya.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Lembuswana

Lembuswana adalah binatang mitologi yang dikenal oleh rakyat Kutai dan konon hidup di zaman Kerajaan Kutai. Hewan ini dianggap suci karena merupakan tunggangan Batara Guru.

Patung Lembuswana [Image Source]
Patung Lembuswana [Image Source]
Zaman dulu, lembuswana dijadikan sebagai lambang Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara. Binatang ini memiliki kepala singa yang memakai mahkota, memiliki belalai gajah, bersayap garuda, dan memiliki sisik ikan.

2. Naga Besukih

Naga Besukih adalah sebuah makhluk mitos yang dipercaya berasal dari Bali. Konon kabarnya naga besukih tinggal di bawah kawah gunung Agung. Kisah tentang naga besukih ini juga muncul dalam legenda terciptanya selat Bali.

Ilustrasi Naga Besukih[Image Source]
Ilustrasi Naga Besukih[Image Source]
Naga besukih diceritakan sangat sakti. Sisiknya bisa rontok dan berubah menjadi emas berlian. Konon Begawan Sidhimantra yang sakti memanggil naga besukih dengan genta sakti untuk meminta harta demi melunasi hutang anaknya yang suka berjudi.

3. Garuda

Garuda adalah salah satu dewa dalam kepercayaan Hindu dan Buddha dan merupakan wahana Dewa Wisnu. Garuda digambarkan memiliki tubuh emas, berwajah putih dan memiliki sayap berwarna merah. Ia memiliki paruh dan sayap mirip elang, namun tubuhnya seperti manusia dengan ukuran yang sangat besar.

Patung Wisnu menaiki Garuda [Image Source]
Patung Wisnu menaiki Garuda [Image Source]
Ternyata, bukan hanya Indonesia saja lho yang menggunakan Garuda sebagai lambang negara. Kerajaan Thailand juga menggunakan Garuda sebagai lambang negara yang dikenal sebagai Krut atau Pha Krut.

4. Ahool

Ahool adalah binatang mitologi yang dikabarkan tinggal di pulau Jawa. Makhluk ini kabarnya adalah sejenis kelelawar raksasa, tapi juga ada yang mengatakan sebagai primata yang terbang.

Ilustrasi Ahool [Image Source]
Ilustrasi Ahool [Image Source]
Kabarnya ahool memiliki mata hitam yang besar, dan cakar-cakar yang juga begitu besar seukuran bayi, serta tubuh yang dipenuhi bulu berwarna abu-abu. Tidak hanya itu saja, makhluk ini juga kabarnya memiliki sayap yang lebarnya mencapai 3 meter.

5. Ebu gogo

Ebu gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul di mitologi daerah Flores. Masyarakat Flores menyebutkan bahwa Ebu Gogo berjalan dengan dua kaki dan bisa berlari sangat cepat.

Ilustrasi Ebu Gogo [Image Source]
Ilustrasi Ebu Gogo [Image Source]
Bentuknya menyerupai manusia dengan tinggi sekitar 1,5 meter saja. Diceritakan bahwa mereka memiliki hidung yang lebar dan pendek, wajah yang lebar dengan mulut besar dan tubuh berbulu. Mereka juga diceritakan memiliki bahasa sendiri.

Makhluk mitologi selalu ada di setiap kisah dan kebudayaan masyarakat. Ada yang benar-benar mempercayai bahwa makhluk-makhluk ini pernah ada, tapi ada juga yang hanya menganggapnya sebagai legenda belaka. Lalu, bagaimana menurutmu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA