in

10 Makanan Indonesia dengan Nama Unik dan Sejarahnya

5. Kue Dollar – Surabaya

Kue Dollar adalah kue kering yang berasal dari Surabaya. Makanan ini termasuk oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan saat kita mengunjungi Kota Pahlawan ini. Pada awalnya, camilan ini hanya memilik rasa gurih dan renyah, namun kini begitu banyak varian rasa, mulai dari wijen, jahe sampai keju.

Kue Dollar - (c) ensiklopediaindonesia.com
Kue Dollar – (c) ensiklopediaindonesia.com

Kue yang berbahan dasar terigu, telur dan air ini dibentuk pipih dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari besi ataupun aluminium. Setelah didinginkan dari cetakan, barulah kue ini dapat di nikmati. Bentuk kue ini bundar dan pipih, mirip sekali dengan koin Indonesia pada jaman dahulu.

6. Kue Cubit – Jakarta

Kue yang satu ini bisa kita temukan dimana saja. Di pasar, sekolahan, ataupun pinggir jalan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Jajanan yang terbuat dari campuran susu, tepung terigu dan air ini begitu populer di kota Jakarta. Biasanya berwarna putih dibagian atasnya dan cokelat dibagian bawahnya.

Kue Cubit - (c) infobdg.com
Kue Cubit – (c) infobdg.com

Dinamakan kue cubit karena bentuknya yang sangat kecil, sehingga orang yang ingin mengambilnya hanya cukup menggunakan 2 jari, seperti orang sedang mencubit. Selain itu, saat kue ini matang dalam proses memasaknya, para pedagang mengambilnya dengan menggunakan penjepit.

Selanjutnya: Roti Ketawa dan Nasi Kentut

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Pria Berpakaian Wanita Tertangkap Basah Mengintip di Toilet

Air mancur di Kebun Raya Bogor | copyright Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org

Pesona Indahnya Kebun Raya Bogor Tempo Dulu