10 Makanan ‘Rasa Surga’ yang Hanya Bisa Kamu Nikmati di Indonesia

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Sep 20, 2016

Sudah tidak bisa diragukan lagi kalau Indonesia adalah gudangnya kuliner yang nikmat. Banyaknya sumber daya alam serta suku-suku yang tersebar membuat kuliner unik tercipta dan susah ditemui di belahan bumi mana pun. Bahkan rasa dari makanan ini bak surga yang tidak bisa ditinggalkan dan selalu membuat semua orang jadi ketagihan.

Oh ya, penikmat kuliner ‘rasa surga’ ini tidak hanya orang lokal Indonesia saja loh. Bule yang notabene memiliki perbedaan kebudayaan dan kebiasaan makan pun sampai kesengsem sehingga rela kembali lagi untuk menyantapnya. Ini loh, makanan ‘rasa surga’ hanya hanya bisa dinikmati di Indonesia saja. Kamu sudah makan mana saja?

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Rendang

Rendang [image source]
Rendang [image source]
Rendang adalah salah satu makanan ternikmat di dunia versi CNN pada tahun 2011. Makanan ini mampu bersaing dengan puluhan makanan nikmat lain dari berbagai belahan dunia. Rasanya yang pedang, gurih, dan memiliki tekstur daging yang khas membuat kuliner ini jadi idaman banyak orang di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya rendang yang dijual di rumah makan padang di seluruh Indonesia. Oh ya, rendang dibuat dengan memasak daging sapi dalam santan dan bumbu pedas selama 3-4 jam. Cara masak ini membuat bumbu dari rendang semakin meresap dengan sempurna dan awet. Rendang dengan cara masak seperti yang telah disebutkan bisa tahan hingga 1-2 minggu.

2. Pecel

Pecel [image source]
Pecel [image source]

Pecel adalah salah satu kuliner paling nikmat yang ada di kawasan Jawa Timur. Satu porsi dari pecel terdiri dari aneka sayuran yang akan disiram dengan kuah bumbu kacang. Sebagai pelengkap, pecel akan dimakan dengan rempeyek kacang atau udang, tempe tahu goreng, dan kerupuk puli yang gurih. Di beberapa daerah pecel juga diberi side dish berupa sambal goreng, telur goreng, dan masih banyak lagi. Oh ya, pecel di Jawa Timur memiliki keragaman rasa mulai dari yang ada di Madiun, Blitar, Nganjuk, hingga Malang.

3. Martabak

Martabak [image source]
Martabak [image source]
Martabak baik manis atau telor adalah kuliner peranakan yang telah menjadi ciri khas Indonesia. Kuliner yang hampir ada di setiap sudut kota ini menyajikan cita rasa yang khas dan bikin banyak orang ketagihan. Bule dari luar negeri yang datang ke Indonesia biasanya menyantap martabak manis dan selalu terkesan. Menurut mereka, makanan ini penuh kalori tapi sebanding dengan kenikmatannya. Terlebih kalau topingnya Nutella, keju, Silverqueen, dan toping premium lainnya. Gagal diet enggak masalah asalkan bisa menikmati kedahsyatan dari martabak.

4. Betutu

betutu [image source]
betutu [image source]
Betutu adalah kuliner khas Bali yang sudah melegenda dan digandrungi oleh banyak wisatawan mancanegara. Rasa dari makanan ini beraneka ragam, ada yang gurih dan juga pedas. Rasa itu meresap di dalam daging bebek atau ayam yang dibungkus dalam daun pisang. Oh ya, untuk memasaknya, bungkusan di dalam daun itu dimasukkan ke dalam arang yang menyala selama beberapa jam. Setelah dirasa matang, bungkusan akan diangkat dan siap disajikan begitu saja atau digoreng terlebih dahulu. Dalam penyajiannya betutu biasanya dimakan dengan nasi dan ditambah side dish tumis kangkung, sambal, dan kacang tanah goreng.

5. Rujak Petis/Rujak Cingur

Rujak [image source]
Rujak [image source]
Bagi mereka yang tinggal di Jawa Timur, kuliner rujak adalah salah satu andalan yang bisa disantap saat malas makan nasi. Rasa bumbu petir yang khas dan bisa disesuaikan pedasnya sangat nikmat dimakan dengan sayur. Sebagai pelengkap, tahu, tempe, dan cingur juga ditambahkan untuk membuatnya jadi sempurna. Bagi bule atau orang asing, makanan ini akan terlihat aneh. Namun, setelah mencobanya sekali mereka akan ketagihan meski harus menahan pedas dari cabe rawit khas Indonesia.

6. Pete/Jengkol

pete dan jengkol [image source]
pete dan jengkol [image source]
All hail jengkol dan pete! Meski ada beberapa orang yang tidak menyukainya karena memiliki bau yang menyengat, dua bahan ini masih menjadi favorit. Pete biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada sambal atau makanan berkuah seperti lodeh. Sementara itu, jengkol yang memiliki rasa lebih legit kerap dibuat menjadi semur. Awalnya jengkol hanya dikonsumsi oleh orang rumahan saja terutama mereka yang ada di Jakarta. Namun sekarang jengkol yang sudah olahan sudah bisa dibeli secara online. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang lupa diri.

7. Ikan Asin

ikan asin [image source]
ikan asin [image source]
Ikan asin adalah side dish yang biasanya disajikan sebagai teman makan nasi yang hangat dan sayur pedas. Rasanya yang asin namun gurih bisa digunakan untuk menetralisir rasa pedas yang berlebihan. Di Indonesia sendiri ikan asin jenisnya sangat banyak. Ada yang sangat tipis sehingga saat digoreng menjadi seperti keripik dan yang memiliki daging cukup tebal sehingga sering dimasak sebagai pengganti ikan segar.

8. Kerupuk

kerupuk [image source]
kerupuk [image source]
Jangan sekali-kali meremehkan kerupuk yang harganya tidak seberapa itu. Makanan pendamping ini adalah ahlinya mengurangi pedas dan juga sebagai penyemarah kalau lagi makan nasi. Bagi orang Indonesia, kerupuk adalah hal wajib yang ada saat makan. Makan tanpa lauk daging tidak masalah asal kerupuk yang di luar negeri susah didapatkan ini masih ada di meja dalam jumlah yang cukup banyak. Kerupuk adalah hidangan wajib yang pasti ada di setiap warung makan dan kamu pasti pernah menyantapnya meski hanya sekali saja.

9. Gorengan

gorengan [image source]
gorengan [image source]
Persetan dengan diet yang menyiksa dan larangan makan sesuatu yang berminyak berlebihan. Gorengan adalah secuil surga yang tidak bisa dilewatkan begitu saja dalam kehidupan ini. Camilan yang memiliki banyak jenis dan rasa dominan asin ini begitu menggoda dimakan saat panas bersama cabai hijau dan sambal petis. Menyantap gorengan akan membuat kita semua lupa diri meski harganya ramah di kantong.

10. Sambal Uleg

Sambal Uleg [image source]
Sambal Uleg [image source]
Sambal adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan begitu saja dari orang Indonesia terutama yang menyukai pedas. Sambal adalah hal wajib yang harus ada di atas meja sebagai teman makan nasi, sayur, dan lauk. Sambal memberikan tambahan rasa pedas yang khas dan mampu berbaur dengan makanan secara menyeluruh. Oh ya, jumlah sambal uleg di Indonesia cukup banyak. Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri menyesuaikan dengan jenis masakan yang kerap dibuat.

Inilah makanan ‘rasa surga’ yang hanya bisa dinikmati di Indonesia saja. Dari sepuluh poin di atas, kira-kira mana saja yang pernah kamu coba? Kalau kamu sudah mencoba semua, artinya kamu adalah penggila kuliner Indonesia garis keras.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA