7 Makanan Penghilang Stress yang Bisa Bikin Harimu Indah Lagi

oleh Norman Duarte
11:45 AM on Jul 11, 2015

Stress bisa datang kepada siapa saja. Pekerja kantor, mahasiswa, anak sekolah, bahkan anak kecil pun bisa stress. Para ahli menemukan bahwa saat stress, ada beberapa macam makanan yang saat dikonsumsi, akan menghasilkan beberapa zat kimia yang membantu kita menekan stress, dan membuat hati serta tubuh jadi lebih rileks.

Umumnya, salah satu cara yang digunakan orang untuk menghilangkan kepenatan adalah dengan hangout, ngobrol dan makan. Jadi, jika kamu stress, makanlah beberapa hal berikut ini:

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Salmon

Ada banyak cara untuk menikmati daging ikan yang penuh Omega 3 ini, baik di panggang, bakar, dll. Sebuah penelitian mengatakan bahwa salmon memiliki khasiat sebagai zat anti-inflammasi, dan juga kandungannya mampu menekan hormon stress bernama Kartisol.

Salmon, penghilang stress
Salmon, penghilang stress [ImageSource]
Bahkan sebuah study di Ohia State University yang mengadakan penelitian terhadap tingkat stress para murid, menemukan bahwa murid-murid yang mengkonsumsi salmon memiliki tingkat stress 20% lebih rendah dari mereka yang tidak mengkonsumsi salmon

2. Oyster (Tiram)

Orang biasanya mengkonsumsi kerang tiram karena fungsi makanan ini sebagai aphrosidiac (membangkitkan gairah sexual). Tetapi sebuah penelitian pada tahun 2010 yang dilakukan oleh Florida State University College of Medicine bahwa memakan kerang tiram sangatlah membantu menekan stres secara signifikan.

Oyster (Tiram)
Oyster (Tiram) [ImageSource]
Tiram tidak hanya menurunkan Kortisol, tetapi juga menekan proses pembuatan hormon itu. Tiram juga memiliki kandungan Zinc (Zat Besi) 7 kali lebih besar daripada makanan manapun. Zat ini sangat berguna untuk mencegah depresi dan menguatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah jatuh sakit saat mengalami stress.

3. Oatmeal

Berbicara tentang makanan yang “menenangkan”, mungkin gak ada yang bisa ngalahin semangkuk oatmeal hangat. Selain rasanya enak, oatmeal bisa disajikan dengan apa saja kayak cookies, daging, buah, muffin, roti, dll.

Oatmeal
Oatmeal [ImageSource]
Menurut Web MD, kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki oatmeal dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi dengan cara meningkatkan produksi Serotonin di dalam tubuh. Serotonin sendiri sering disebut sebagai “feel-good hormone” atau hormon yang menciptakan perasaan tenang dan bahagia di dalam otak. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan kecemasan saat stress.

4. Dark Chocolate

Kadang ada orang yang menyebut Dark Chocolate sebagai coklat hitam. Hal ini untuk membedakan dark chocolate dengan dairy chocolate, yaitu coklat yang mengandung susu. Menurut hasil penelitian National Institue of Health, dark chocolate mengandung flavanols dan Polyphenols, yang membuat perasaan menjadi tenang, serta menurunkan tekanan darah.

Dark Chocolate
Dark Chocolate [ImageSource]
Penelitian ini dilakukan dengan cara memonitor tingkat stress dari 30 orang pastisipan selama 2 minggu penuh. Mereka menemukan bahwa mereka yang mengkonsumi 1,5 ons dark chocolate setiap hari memiliki tingkat kartisol yang rendah dari mereka yang tidak mengkonsumsi dark chocolate. Oh iya, 1,5 ons itu sedikit banget loh.

5. Orange Juice

Tingkat kartisol (hormon stress) yang tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Karena kartisol dapat menyebabkan pertumbuhan lemak, bertambahnya berat badan, depresi, dan menurunkan kekebalan tubuh.

Orange Juice
Orange Juice [ImageSource]
Tetapi jangan khawatir, menurut penelitian ahli, dengan meminum segelas Orange juice, Anda dapat menurunkan produksi kartisol di dalam tubuh Anda. Hal ini terjadi karena orange juice memiliki 1000 miligram vitamin C.

6. Asparagus

Buat orang Indonesia, kesempatan kita makan asparagus mungkin cuma saat acara resepsi kawinan. Padahal jika makanan ini dikonsumsi secara berkala, khasiatnya bagus loh. Selain sebagai aphrosidiac (penambah gairah sexual), juga sangat bagus untuk menurunkan tingkat stress.

Asparagus
Asparagus [ImageSource]
Penemuan yang dilakukan British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa asparagus memiliki kandungan Folate yang sangat tinggi. Zat ini berfungsi sebagai zat anti stress alami, yang juga berguna untuk menstabilkan tingkat gula darah pada penderita diabetes level 2.

7. Pistachio

Pistachio adalah sejenis kacang-kacangan. Meskipun bukan asli tanaman Indonesia, pistachio sudah banyak dijual di supermarket besar. Tidak banyak orang yang mengira bahwa pistachio yang biasanya dimakan sebagai jajanan ringan ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bagus untuk menurunkan kadar stress.

Heap of pistachio
Heap of pistachio [ImageSource]
Kandungan magnesium yang ada di dalam pistachio akan membantu melonggarkan syaraf dan arteri. Sehingga kerja jantung menjadi lebih ringan.

Ada sebagian orang yang banyak makan ketika sedang mengalami stress. Nah, lebih baik segera mengkonsumsi makanan-makanan yang tadi disebutkan. Tapi awas ya, jangan sampai berlebihan, ntar malah jadi tambah gendut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA