7 Kasus Makanan dan Minuman Palsu Merajalela di Indonesia

oleh Happy
11:22 AM on Apr 16, 2015

Sebelumnya kita sempat digegerkan dengan penemuan beberapa makanan yang palsu dari negara Cina. Makanan tersebut dioplos dengan bahan-bahan tidak layak konsumsi yang pastinya akan mengganggu kesehatan setiap yang memakannya.

Dan di Indonesia, hal serupa ternyata terjadi dan telah berjalan selama bertahun-tahun. Mereka membuat komplotan tersembunyi dan mengedarkan makanan dan minuman keseluruh pelosok Indonesia. Konsumen yang buta dan tidak tahu akan hal ini pasti banyak terkecoh dan akhirnya dirugikan secara sepihak. Dan berikut Boombastis rangkum 7 kasus makanan dan minuman palsu yang telah terungkap di Indonesia.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Air Zam-Zam Palsu

Di bulan April ini sebuah pabrik pembuat air zam-zam palsu digerebek oleh pihak kepolisian. Kasus ini menggemparkan masyarakat Indonesia yang benar-benar tidak menyangka hal ini terjadi di negara mereka. Air zam-zam ini dipalsukan dengan air biasa dengan kemasan yang serupa dengan air zam-zam impor dari Arab Saudi.

Air Zam-zam Palsu (c) shoutussalam
Air Zam-zam Palsu (c) shoutussalam

Kecurigaan pembuatan air zam-zam palsu ini terjadi saat masyarakat mencurigai adanya pemalsuan di toko Rizki, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dan polisi pun segera melakukan penyelidikan. Meski tidak ada kandungan zat kimia di dalamnya namun pemalsuan ini pastinya melanggar undang-undang perindustrian, pangan, kesehatan, perlindungan konsumen dan pencantuman label perusahaan.

2. Minyak Zaitun Palsu

Bersamaan dengan kasus pemalsuan air zam-zam, polisi juga menemukan aksi kejahatan pemalsuan pada produk minyak zaitun. Minyak zaitun merk Le Riche telah dipalsukan dengan menggunakan minyak goreng. Pelaku mengaku hanya memakai minyak goreng jenis murni, tanpa campuran zat lain.

Minyak Zaitun Palsu
Minyak Zaitun Palsu (c) detiablog

Minyak zaitun ini kemudian dikemas dalam botol yang serupa dengan botol Le Riche ukuran 300 ml. Hal ini tentu mengecoh konsumen, karena setelah selesai dikemas produk palsu ini benar-benar sangat mirip aslinya.

3. Madu Palsu

Madu Arab Al Shifa memang menjadi produk favorit dan laris dibeli oleh konsumen Indonesia. Dan hal ini ternyata dimanfaatkan oleh oknum nakal dengan membuat produk tiruan madu ini. Menggunakan kemasan yang serupa produk ini sangat mirip dengan aslinya.

Madu Palsu (c) madu-asli
Madu Palsu (c) madu-asli

Secara kasat mata konsumen tidak akan bisa membedakan kecuali dengan tes madu pada umumnya. Madu palsu cap Arab Al Shifa ini dipalsukan dengan memakai bahan madu Sumbawa yang dicampur mentega dan air.

4. Telur Palsu

Kita pasti sedikit kesulitan membedakan telur palsu dengan telur asli. Karena sekilas dari rasa, warna dan bentuk telur palsu ini sangat mirip dengan telur asli. Bahkan orang yang mencicipi mengatakan rasa telur palsu sangat mirip dengan telur asli.

Telur Palsu (c) vivanews
Telur Palsu (c) vivanews

Asal muasal telur palsu ini berasal dari negara Cina, dan kini telah masuk ke Indonesia. Telur palsu ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi karna tidak mengandung nutrisi apapun dan hanya berisi sejumlah zat kimia seperti tawas yang dapat mengakibatkan penyakit serius.

5. Minuman Kemasan Palsu

Air kemasan palsu memang bukan temuan baru lagi, namun hingga kini bentuk kejahatan pemalsuan ini masih marak. Para oknum nakal yang membuat air kemasan palsu ini memanfaatkan wadah bekas yang didapat dari pemulung yang kemudian mereka isi ulang dengan air yang tidak steril.

Minuman Kemasan Palsu (c) liputan6
Minuman Kemasan Palsu (c) liputan6

Air kemasan palsu ini diisi dengan air dari sungai, sumur bahkan menggunakan air got yang dijernihkan dengan menggunakan tawas dan borak. Tentunya air-air ini tidak melalui proses sterilisasi dan kandungan kimia di dalamnya tentu sangat membahayakan konsumen. Apalagi dengan bahaya botol yang jika digunakan berulang kali akan mengakibatkan lapisan polimernya meleleh dan terserap tubuh manusia. Polimer ini bisa mengakibatkan kanker karena bersifat Karsinogenik.

6. Duku Palsu

Buah manis yang satu ini memang jadi kegemaran masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis sangat cocok dimakan sebagai pencuci mulut. Buah yang berasal dari suku Meliaceae ini memang cukup mirip dengan buah Langsat. Berbeda dengan saudaranya, buah langsat memiliki rasa yang asam-asam manis.

Buah Duku (c) wikipedia
Buah Duku (c) wikipedia

Dan saat musim duku tiba, mungkin kalian harus lebih cermat dalam membeli buah ini. Karena ternyata beberapa pedagang nakal, mengoplos buah duku ini dengan saudaranya yaitu buah langsat. Buah langsat memang berharga lebih murah ketimbang buah duku, oleh sebab itu praktik oplosan buah duku ini kerap terjadi saat musim buah manis yang satu ini.

7. Saus Sambal Palsu

Di awal 2015 kita dikejutkan pabrik saus palsu yang terbongkar di daerah Bandung. Pabrik ini ternyata telah beroperasi selama 14 tahun. Saus palsu ini tentunya membahayakan konsumen karna memakai standar pembuatan yang tidak sesuai.

Saos Sambal Palsu (c) liputan6
Saos Sambal Palsu (c) liputan6

Apalagi dengan bahan-bahan yang dipakai ternyata memakai zat kimia. Saus ini 100% tidak memakai cabai atau tomat sama sekali. Mereka menggunakan essens rasa tomat dan cairan kimia ekstrak cabai. Terlebih kemasan yang digunakan tidak mencantumkan komposisi yang dipakai, jelas ini adalah penipuan terhadap konsumen.

Nah itu tadi 7 produk makanan dan minuman palsu yang terjadi di Indonesia. Sebagai konsumen kita perlu lebih berhati-hati karena kejahatan semacam ini semakin marak. Dan kitalah yang pastinya akan dirugikan baik materi dan juga kesehatan kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA