Makanan-Makanan Lezat dari Korea Yang Wajib Anda Coba

oleh Halimah Halimah
14:00 PM on Jan 18, 2015

Selain terkenal karena budaya K-Popnya yang mendunia, Korea Utara juga ternyata memiliki kuliner-kuliner enak yang wajib anda coba. Negara ini memang terkenal akan kemahiran para penduduknya dalam mengolah berbagai macam rempah dan bahan makanan.

Selain rasanya yang lezat, makanan-makanan khas Korea Selatan juga biasanya memiliki arti filosofis khusu dibalik setiap hidangannya. Selain itu, mereka juga punya waktu-waktu dan perayaan tertentu sebagai waktu yang tepat untuk menyatapnya. Berikut adalah lima makanan Korea Selatan yang wajib anda coba.

Baca Juga
3 Kuliner Es Krim Mengusung Tema ‘Panas Dingin’ Ini Dijamin Bikin Bingung tapi Nagih
5 Kuliner Bakso dengan Bentuk ‘Ngeri’ tapi Ketika Disantap Malah Bikin Nagih, Penasaran?

1. Soondubu Jiggae

Soondbu Jiggae adalah makanan sedikit lebih kental dari sup, namun terlalu cair untuk disebut bubur. Makanan ini biasanya dimasak dalam tungku tradisional dan dihidangkan utuh-utuh beserta tempat memasaknya. Dan makanan ini dihindangkan tunggal, tanpa hidangan pendamping lainnya.

Soondubu Jiggae
Soondubu Jiggae

Soondubu Jiggae adalah perpaduan dari bahan-bahan makanan seperti kerang, tahu sutra, telur, ikan dan lada hitam. Selain makanan ini dapat menghangatkan tubuh di musim dingin, ternyata masakan ini juga sangat tinggi protein. Hidangan ini cocok untuk makan malam keluarga di musim dingin.

2. Ddukbokkie

Ddukbokkie adalah panganan ringan yang aromanya memenuhi jalan-jalan di kota-kota Korea ketika malam tiba. Di kota besar seperti Seoul, banyak sekali kios-kios kecil yang menjajakan ddukbokkie. Makanan ini bisa dibilang adalah salah satu jajanan paling populer di Korea Selatan.

Ddukbokkie
Ddukbokkie

Ddubukkie dibuat dari beras yang direbus sedemikian rupa sehingga menjadi padat seperti lontong. Kemudian dicampur dengan sayur-sayuran dan diberi potongan ikan, telur dan saus spesial yang sangat lezat. Mungkin ini semacam gado-gado versi Korea.

3. Yang Yeom Tongdak

Makanan ini digadang-gadang sebagai salah satu makanan paling enak di Korea. Yang yeom Tondak pada dasarnya adalah ayam goreng, hanya saja diberi saus khusus yang membuat rasanya menjadi spesial. Ketika anda menggingitnya, yang pertama kali anda rasankan adalah saus merahnya yang pedas-manis.

Yang yeom Tongdak
Yang yeom Tongdak

Bagian dalam dari masakan ini adalah daging ayam yang lembut dan sedikit berair karena direbus sebelum akhirnya digoreng. Saking nikmatnya makanan ini, di Korea ada banyak sekali restoran yang menyediakan layanan pesan-antar khusus yangyeoum tongdak. Jadi, setiap kali anda ingin menikmati ayam ini, anda cukup menelepon restoran-restoran tersebut.

4. Bulgogi

Ini adalah makanan Korea yang populer di seluruh dunia. Hampir di setiap negara memiliki restoran yang menyediakan bulgogi. Makanan yang berbahan utama daging ini memang selalu berhasil menggugah selera makan.

Bulgogi
Bulgogi

Daging bulgogi biasanya akan diiris sangat tip;is, kemudian diberi saus. saus terdiri dari air buah pir, bawang putih, kecap dan banyak lagi rempah khas korea. Bulgogi biasanya disajikan panas-panas dengan nasi. Selain itu, bulgogi biasanya dihidangkan dengan sayur-sayuran sehat yang membuat makan anda menjadi lebih bervariasi.

5. Kimchi

Kimchi merupakan hidangan nasional Korea. Tidak ada satupun restoran Korea yang tidak memasukkan kimchi di dalam daftar hidangannya. Konon, orang Korea memakan apapun dengan kimchi sebagai hidangan utamanya. Bahkan mereka bisa memakan kimchi dengan nasi saja, tanpa ada hidangan lain.

Kimchi
Kimchi

Makanan ini terdiri dari sawi yang difermentasikan dan diberi rempah-rempah seperti bawang putih, air buah pir, lada, dan lainl-lain. Kemudian sayur ini siap difermentasikan selama beberapa hari. Selain enak, ternyata makanan ini telah diakui menjadi salah satu makanan lezat dengan kandungan vitamin yang banyak. Hal ini disebabkan karena proses fermentasi yang membuat vitamin terbentuk dengan baik.

Itu tadi lima makanan lezat dari Korea yang wajib anda coba. Mungkin, ketika pertama kali mencobanya, beberapa masakan akan terasa aneh di lidah. Namun, jika anda sudah terbiasa, maka anda akan ketagihan untuk mencobanya. Sebelum benar-benar ke Korea dan merasakan masakan-masakan di atas secara otentik, tidak ada salahnya berburu restoran korea yang ada di kota anda sebagai pemanasan. Selamat makan! (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA